Sukses

12 Macam Tepung dan Kegunaannya dalam Memasak, Jangan Salah Pilih

Macam tepung dan kegunaannya tentu harus benar-benar dipahami sebelum membuat berbagai jenis masakan.

Liputan6.com, Jakarta Macam tepung dan kegunaannya perlu kamu kenali sebelum memakainya. Tepung biasanya digunakan untuk membuat berbagai macam kue. Namun, beda jenis kue, beda pula tepung yang harus digunakan.

Kegunaannya yang berbeda-beda mengharuskan kamu untuk benar-benar paham berbagai macam tepung ini. Misalnya tepung beras biasanya digunakan untuk membuat kue talam, kue serabi, nagasari, kue mangkok dan juga bihun. 

Macam tepung lainnya tentu memiliki kegunaan yang berbeda dengan tepung beras tersebut. Tepung terigu biasa digunakan untuk membuat donat, pasta, hingga roti. Tepung tapioka biasa digunakan untuk membuat pempek, bakso, cilok, dan lain-lain.

Macam tepung dan kegunaannya tentu harus benar-benar dipahami sebelum membuat berbagai jenis masakan. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (12/7/2021) tentang macam tepung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Macam Tepung dan Kegunaannya

Tepung terigu

Tepung terigu adalah macam tepung yang terbuat dari biji gandum yang dihaluskan. Tepung ini memiliki tekstur yang halus dan warna putih. Tepung terigu ini terbagi menjadi 3 jenis, yaitu tepung terigu protein rendah, tepung terigu protein sedang dan tepung terigu protein tinggi.

Tepung terigu dengan protein rendah biasanya digunakan untuk membuat kue yang renyah, seperti cookies, pie crust, gorengan dan makanan renyah lainnya.

Tepung terigu dengan protein sedang atau yang biasa disebut tepung serbaguna, bisa digunakan untuk membuat banyak masakan, mulai dari gorengan, kue tradisional dan aneka kue yang lainnya.

Sementara itu, tepung terigu dengan protein tinggi, bisa membuat kue terasa menjadi empuk dan teksturnya halus. Tepung terigu protein tinggi umumnya digunakan untuk membuat donat, pasta, mi, roti dan semacamnya.

Tepung tapioka

Tepung tapioka terbuat dari singkong yang telah diekstraksi. Macam tepung ini digunakan sebagai pengental dalam sup, roti, dan makanan kenyal lainnya. Tepung tapioka sebagian besar terdiri dari karbohidrat. Salah satu manfaat kesehatan dari tepung tapioka adalah kandungan pati resisten yang kaya serat.

Pati ini dikaitkan dalam menurunkan kadar gula darah, mengurangi nafsu makan dan manfaat pencernaan lainnya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan pati yang resisten dalam tepung jenis ini dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Biasanya, tepung ini sering digunakan sebagai bahan tambahan dalam pembuatan bakso, atau sering juga dijadikan pengental pada berbagai tumisan. Selain itu, tepung tapioka sering digunakan untuk pembuatan pempek, cimol, cilok, dan batagor.

Tepung beras

Beras bisa diolah menjadi tepung yang kerap dimanfaatkan sebagai bahan kue dan makanan. Tepung beras terbuat dari beras yang ditumbuk, sehingga memiliki tekstur yang halus dan berwarna putih.

Macam tepung beras, terutama tepung beras merah kaya protein dan serat, yang keduanya dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan mengurangi berat badan. Tepung beras digunakan untuk membuat kue tradisional seperti kue talam, kue serabi, nagasari, kue mangkok dan juga bisa digunakan untuk membuat bihun.

3 dari 5 halaman

Macam Tepung dan Kegunaannya

Tepung ketan

Tepung ketan terbuat dari beras ketan yang dikenal dengan teksturnya yang lengket. Beras ketan mengandung jumlah lemak yang rendah. Tanpa lemak atau kolesterol, jenis beras ini adalah pilihan bagus bagi mereka yang memiliki kondisi jantung, tekanan darah tinggi, atau mereka yang berjuang melawan obesitas.

Antioksidan yang ada pada tepung ketan mampu melindungi tubuh dari bahaya penyakit. Vitamin, tembaga, seng, dan B pada beras ketan dikenal dapat meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh. Macam tepung ini biasanya digunakan untuk membuat onde-onde, getas, putri mandi, opak, kue bugis dan kue tradisional yang lainnya.

Tepung jagung

Tepung jagung atau yang memiliki nama lain tepung maizena ini, merupakan tepung yang sering digunakan untuk memasak. Hal ini karena bisa membuat adonan masakan menjadi lebih kental.

Macam tepung ini biasanya digunakan sebagai pengental untuk cairan dan dapat digunakan untuk membuat tortilla dan roti. Tepung dengan ciri-ciri berwarna putih pucat ini, memiliki kegunaan untuk mengentalkan masakan, membuat saos, sponge cake, cookies dan makanan lainnya.

Tepung jagung tinggi serat dan sumber karoten lutein dan zeaxanthin. Kedua senyawa tanaman ini bertindak sebagai antioksidan dan dapat bermanfaat bagi kesehatan mata. Tepung jagung juga tinggi vitamin B6, tiamin, mangan, magnesium dan selenium.

Tepung kelapa

Tepung kelapa terbuat dari daging kelapa kering yang kemudian dihaluskan. Teksturnya yang ringan menghasilkan hasil yang mirip dengan tepung biasa dan bagus untuk memanggang roti dan makanan lainnya. Macam tepung ini tinggi asam lemak laurat jenuh yang dapat memberikan energi bagi tubuh dan menurunkan kolesterol jahat.

4 dari 5 halaman

Macam Tepung dan Kegunaannya

Tepung sagu

Tepung sagu adalah macam tepung yang masuk ke dalam jenis pati. Tepung ini terbuat dari bagian tengah pohon sagu atau pohon aren. Cara membuatnya adalah dengan menegruk bagian tengah pohon ini lalu dihaluskan, dicampur air, dan didiamkan hingga mengendap. Endapan inilah kemudian dikeringkan sampai berbentuk tepung.

Tekstur tepung sagu agak kesat dan berpasir dengan warna yang agak keruh. Tepung ini biasa digunakan untuk pembuatan bubur, pempek, kue bika ambon, dan kue sagu.

Tepung sorgum

Tepung sorgum terbuat dari biji-bijian sorgum. Tepung ini memiliki warna dan tekstur yang ringan, juga rasa yang ringan dan manis. Biji sorgum kaya serat dan protein yang dapat membantu memperlambat penyerapan gula. Sorgum juga mengandung zat besi serta antioksidan yang mampu mencegah peradangan. Sorgum kaya akan beragam nutrisi, termasuk vitamin B, protein, magnesium, dan fosfor.

Tepung almond

Tepung almond terbuat dari almond yang dikupas dan digiling. Macam tepung ini bisa menjadi alternatif tepung gandum untuk membuat kue. Tepung almond mengandung banyak mineral, termasuk zat besi, magnesium, kalsium, kalium, tembaga dan mangan. Tepung ini juga merupakan sumber vitamin E dan lemak tak jenuh tunggal.

5 dari 5 halaman

Macam Tepung dan Kegunaannya

Tepung roti

Tepung roti atau biasa juga disebut dengan tepung panir adalah tepung yang terbuat dari roti tawar yang dikeringkan lalu ditumbuk. Tepung ini memiliki dua warna, yaitu putih dan oranye, dengan tekstur yang kasar.

Macam tepung ini biasa digunakan sebagai lapisan pada gorengan seperti risoles, bitterballen, kroket, juga katsu. Selain itu, tepung panir bertekstur lebih halus yang berwarna kuning kecokelatan biasanya juga digunakan sebagai campuran galantin atau pelapis kroket.

Tepung kentang

Kentang juga merupakan bahan bebas gluten. Tepung kentang biasanya dibuat dari seluruh kentang yang dihaluskan hingga membnetuk tepung. Tepung ini dapat menambahkan tekstur lembut pada makanan yang dipanggang.

Tepung kentang juga mengandung pati resisten yang sangat baik untuk pencernaan. Sebagai pati resisten, pati kentang bertindak sebagai prebiotik dalam tubuh. Ini berguna untuk memberi makan bakteri baik di usus.

Tepung hunkwe

Tepung hunkwe adalah tepung yang terbuat dari pati kacang hijau. Macam tepung ini berwarna putih dan teksturnya sedikit lebih kasar dari tepung terigu, serta memiliki aroma yang harum.

Kekenyalan yang dihasilkan tepung hunkue lebih rendah jika dibandingkan dengan tepung ketan. Biasanya tepung ini digunakan untuk membuat cendol, puding, kue lapis, kue pisang, atau es gabus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.