Sukses

Tak Punya Akses Internet, Siswa Ini Terpaksa Datang ke Sekolah Pakai Sepeda Butut

Perjuangan seorang siswa untuk menuntut ilmu ini bikin salut sekaligus haru.

Liputan6.com, Jakarta Tahun ajaran baru telah tiba. Namun, masih sama seperti tahun sebelumnya, pembelajaran dilakukan secara daring karena masih tingginya kasus positif Covid-19. Hal yang dibutuhkan selama sekolah daring tentu saja adalah akses internet.

Tanpa akses internet, siswa tak dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar. Meski pemerintah telah memberikan bantuan berupa kuota gratis namun apa gunanya jika tidak ada sinyal internet yang memadai. Ini biasa terjadi di daerah yang letaknya jauh dari perkotaan. 

Seperti yang dialami oleh salah satu murid SMK Negeri 1 Slawi. Video yang menampilkan dirinya tengah berjuang mendapat akses internet beredar di media sosial dan menjadi viral.

Video tersebut diunggah pertama kali di akun TikTok bernama adfredi. Kemudian diunggah ulang oleh akun gosip di Instagram yang mendadak viral. Video haru seorang pelajar tersebut sukses membuat warganet tersentuh dengan perjuangannya.

Berikut Liputan6.com ulas dari laman TikTok @adfredi02, kisah perjuangan seorang siswa yang rela ke sekolah untuk mendapat akses internet, ditemani sang ayah dengan mengendarai sepeda, Selasa (13/7/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kendarai sepeda bersama sang ayah

Video yang pertama kali dibagikan oleh akun TikTok adfredi ini menjadi viral setelah diunggah ulang oleh akun gosip lambe_turah di Instagram. Video yang berdurasi singkat tersebut menampilkan seorang siswa dengan mengenakan seragam sekolah lengkap terlihat sedang mengayuh sepeda.

Tak sendiri, tampak seorang pria memakai celana hitam dan memakai baju batik panjang berada di kursi belakang sepeda yang dikendarai siswa tersebut. Pria yang memakai topi tersebut merupakan sang ayah dari siswa laki-laki itu.

Diketahui, siswa tersebut pergi ke sekolah bersama sang ayah dengan mengendarai sepeda karena tak punya akses internet. Tampak di sepeda tersebut, ada tas belanja yang tergantung di setang bagian depan.

"Tidak punya akses internet siswa ini rela datang ke sekolahan bersama bapaknya menggunakan sepeda," tulisnya dalam unggahan video.

3 dari 4 halaman

Komentar Warganet

Video yang diunggah ulang oleh akun gosip lambe_turah itu telah ditonton sebanyak 1,6 juta kali dan menuai berbagai komentar dari warganet. Banyak yang mendoakan agar siswa tersebut sukses di masa depan.

"Semoga setelah lulus nanti, anak beliau jd Orang sukses , semangattt," tulis akun ambarfibrii_0130.

"Nangis banget," tulis akun silfa.rahmawati.

"Penuh semangat, ngga manja , kereenn," tulis akun widayatidewi.

Siswa dalam video tersebut diketahui merupakan murid dari SMK Negeri 1 Slawi, tampak pada keterangan di dalam video.

4 dari 4 halaman

Tonton video perjuangannya berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.