Sukses

Tujuan Pameran, Fungsi dan Jenis-jenisnya Secara Umum yang Perlu Diketahui

Liputan6.com, Jakarta Tujuan pameran adalah untuk menyajikan suatu produk atau karya seni kepada khalayak ramai serta untuk mendapatkan opini atau apresiasi dari masyarakat luas terhadap produk atau karya seni yang dipamerkan.

Sebuah produk atau karya seni akan semakin bermakna bila hasil karyanya dapat dikomunikasikan kepada masyarakat luas. Dalam seni rupa, pameran sama pentingnya dengan berkarya bagi perupa. Melalui kegiatan pameran, perupa dapat mendekatkan karyanya dengan masyarakat. 

Secara umum, pameran adalah salah satu bentuk penyajian karya seni atau suatu produk agar dapat berkomunikasi dengan pengunjung. Makna komunikasi di sini berarti karya-karya tersebut yang dipajang tersaji dengan baik. Sehingga para pengunjung dapat mengamati karya tersebut dengan nyaman untuk mendapatkan pengalaman estetis dan pemahaman nilai-nilai seni yang dipamerkan.

Untuk tahu lebih detail mengenai tujuan pameran, fungsi, dan jenis-jenisnya. Berikut ini penjelasannya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (13/7/2021).

 

2 dari 6 halaman

Pengertian Pameran Menurut Para Ahli

Secara umum, pameran adalah pertunjukan hasil karya seni, barang hasil produksi, dan sebagainya. Selain itu, juga ada pengertian pameran menurut para ahli. Berikut penjelasannya:

Isabel Briggs Myers

Pengertian pameran adalah suatu aktivitas yang melibatkan ruangan (galeri) dan memamerkan hasil karya seni seperti lukisan, ukiran, gambar foto, dan karya lainnya.

Evelina Lidia

Pameran adalah suatu kegiatan masyarakat yang dapat diselenggarakan oleh suatu organisasi independen dan terbuka untuk umum.

Freed E. Han dan Kenneth G. Mangun

Pameran adalah suatu sarana pemasaran yang efektif untuk tujuan kampanye, baik itu produk tertentu, sosialisasi program perusahaan, serta informasi tentang keunggulan suatu produk kepada masyarakat sekaligus sebagai upaya untuk meningkatkan penetrasi pasar.

Frank William Jefkins

Pengertian pameran adalah satu-satunya media pemasaran yang dapat menyentuh semua pancaindra manusia (mata, telinga, kulit, hidung, lidah).

Adi Irwanto

Pameran adalah satu di antara cara untuk dapat menyajikan sebuah karya seni secara visual, baik itu karya seni dua dimensi maupun tiga dimensi.

3 dari 6 halaman

Tujuan Pameran

Dalam penyelenggaraan pameran terdapat beberapa tujuan yang ingin dicapai. Berikut ini tujuan pameran secara umum yang bisa Anda ketahui, diantaranya:

1. Tujuan Sosial dan Kemanusiaan

Tujuan pameran yang utama adalah tujuan sosial dan kemanusiaan.  Tujuan ini biasanya terjadi di lingkup terbatas (sekolah) maupun lingkup yang lebih luas (masyarakat) diselenggarakan dengan harapan karya yang dipamerkan terjual. Dana hasil penjualan digunakan untuk kegiatan ocial kemanusiaan. Seperti disumbangkan ke panti asuhan, masyarakat tidak mampu atau korban bencana alam.

2. Tujuan Komersial

Tujuan pameran secara umum yang berikutnya adalah tujuan komersial. Kegiatan pameran dengan tujuan komersial maksudnya pameran diselenggarakan dengan harapan karya yang terjual akan mendapatkan keuntungan yang tinggi bagi pemilik karya atau penyelenggara pameran tersebut.

3. Tujuan Pendidikan

Tujuan pameran yang secara umum lainnya adalah tujuan pendidikan. Dalam konteks pembelajaran atau pendidikan seni rupa, pameran diselenggarakan dengan harapan mendapat apresiasi dan tanggapan dari pengunjung untuk meningkatkan kualitas berkarya selanjutnya.

4 dari 6 halaman

Fungsi Pameran

Setelah mengetahui tujuan pameran, Anda juga perlu untuk mengetahui fungsi pameran. Sebab kegiatan pameran memiliki fungsi utama sebagai alat komunikasi antara pencipta seni (seniman) dengan pengamat seni (apresiator). Berikut ini fungsi pameran, yaitu:

1.    Sebagai sarana edukasi, yakni pameran berfungsi mendidik siswa untuk mengetahui pentingnya pengalaman batin yang berguna untuk menyeimbangkan kegiatan akal dan pikiran manusia.

2.    Sebagai sarana apresiasi, yakni Pameran tersebut diadakan berfungsi untuk mengeluarkan ide gagasan pencipta yang kemudian para pengunjung akan memberikan apresiasi atau memberi penilaian terhadap karya seni yang mereka buat, proses apresiasi dapat dibedakankan menjadi 2 yaitu apresiasi aktif dan apresiasi pasif.

3.    Sebagai sarana prestasi, yakni pameran dapat menjadi ajang kompetisi bagi para pencipta seni, karena melalui karya seni kita akan tahu setinggi apa keaktifan dan kreativitas pencipta seni dalam membuat karya.

4.    Sebagai sarana rekreasi, yakni Pameran dapat berfungsi sebagai tempat untuk merilekskan pikiran dan menghilangkan kejenuhan atas kegiatan atau rutinitas sehari-hari baik itu sekolah, kerja atau sebagainya yang banyak menguras energi dan pikiran.

Dalam konteks penyelenggaraan pameran seni rupa di sekolah, fungsi pameran seni rupa sekolah antara lain:

1.    Meningkatkan apresiasi seni

2.    Membangkitkan motivasi berkarya seni

3.    Penyegaran dari kejenuhan belajar di kelas

4.    Berkarya visual lewat karya seni

5.    Berlajar berorganisasi

5 dari 6 halaman

Jenis-jenis Pameran

Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis pameran, antara lain sebagai berikut:

1. Menurut Jumlah Pesertanya

a. Pameran tunggal, merupakan pameran seni rupa yang hanya diselenggarakan secara individual (perorangan).

b. Pameran kelompok, merupakan pameran seni rupa yang diselenggarakan oleh baberapa saniman atau pengrajin.

2. Menurut Sifatnya

a.  Pameran Insidental, yaitu pameran seni rupa yang diselenggarakan secara berkala yang didasarkan atas kebutuhan yang ada, misalnya: pameran kaligrafi guna menyongsong perayaan Isro’ Mi’raj.

b. Pameran rutin, yaitu pameran seni rupa yang diselenggarakan pada periode tertentu secara tetap dan berkelanjutan, misalnya: pentas seni yang dilakukan setiap akhir semester.

c.  Pameran permanen, yaitu pameran seni rupa yang diselenggarakan secara terbuka, tetap dan terus menerus.

3. Menurut Ragam Jenis Karya yang Digelar

a.  Pameran homogen, yaitu pameran seni rupa yang memamerkan berbagai jenis karya seni rupa.

b.  Pameran heterogen, yaitu pameran seni rupa yang memamerkan satu jenis karya seni rupa yang seragam.

4. Menurut Tempat Berlangsungnya

a.  Pamaran terbuka, yaitu pameran seni rupa yang berlangsung di luar ruangan secara tarbuka.

b.  Pameran tertutup, yaitu pameran seni rupa yang berlangsung di dalam ruangan suatu gedung.

c.  Pameran bergerak, yaitu pameran seni rupa yang diselenggarakan menggunakan alat yang bergerak, seperti kendaraan/ mobil.

5. Menurut Jenis Dimensi Karya Seni Rupa

a. Pameran karya seni rupa dua dimensi

Pameran yang hanya menyajikan karya seni rupa pada bidang datar seperti gambar, lukisan, seni grafis. Karya ini hanya dapat dinikmati dari satu arah.

b.  Pameran karya seni rupa tiga dimensi

Pameran yang hanya menyajikan karya seni yang memiliki volume/kesan ruang yang sebenarnya, yaitu memiliki ukuran Panjang x lebar x tinggi. Karya seni ini dapat diamati dari berbagai arah.

6 dari 6 halaman

Manfaat Pameran

Penyelenggaraan pameran secara umum mempunyai manfaat sebagai berikut:

1.    Melatih bekerja sama dengan orang lain.

2.    Mempertebal pengalaman sosial.

3.    Melatih untuk bertanggung jawab dan bersikap mandiri.

4.    Melatih untuk membuat suatu perencanaan kerja dan melaksanakan apa yang telah direncanakan.

5.    Jika karya yang dipamerkan mendapat apresiasi baik, kegiatan pameran juga bermanfaat membangkitkan motivasi perupa dalam berkarya seni.