Sukses

Arti Posesif dalam Pertemanan yang Tak Disadari, Kenali Ciri dan Cara Mengatasi

Arti posesif adalah suatu keadaan mental di mana seseorang merasa memiliki secara total dan ingin mengendalikan atau mendominasi sesuatu atau seseorang.

Liputan6.com, Jakarta Teman yang posesif biasanya merasa kepentingannya adalah hal yang utama. Tak jarang dirinya selalu merasa ingin diprioritaskan, ketimbang memikirkan kepentingan Anda. Jika Anda merasa hal ini sering terjadi, mungkin sahabat Anda memang tergolong sahabat yang posesif.

Arti posesif berkaitan erat dengan sifat cemburu yang akan berujung merusak hubungan, bisa berarti itu hubungan pertemanan. Sikap posesif ini terkadang hanya ada dalam sebuah hubungan pasangan, namun dalam sebuah pertemanan juga tanda Anda sadari muncul sikap posesif yang dapat mengganggu kehidupan kita.

Arti posesif merupakan rasa cinta dan cara memiliki yang berlebihan. Rasa memiliki yang berlebihan inilah yang akan membawa individu untuk dapat mengendalikan temannya yang ia rasa paling berharga. Tentu hal itu tidak sehat dalam sebuah hubungan pertemanan.

Berikut ini penjelasan mengenai arti posesif dalam pertemanan beserta ciri-ciri dan cara mengatasinya, yang telah dirangkum oleh Lipuatn6.com dari berbagai sumber, Selasa (13/7/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arti Posesif dalam Pertemanan

Secara umum, arti posesif adalah suatu keadaan mental di mana seseorang merasa memiliki secara total dan ingin mengendalikan atau mendominasi sesuatu atau seseorang.

Dalam hubungan antar manusia, arti posesif adalah sikap seseorang dengan perasaan memiliki yang tinggi serta menuntut perhatian dan cinta total dari pasangan atau anggota keluarganya. Berbeda dengan perasaan cemburu, posesif umumnya mengarah kepada hal yang negatif.

Selain itu, arti posesif adalah suatu keadaan di mana seseorang merasa tidak aman dengan dirinya sendiri dan hubungan yang sedang dijalani. Individu dengan keadaan mental yang posesif cenderung tidak percaya diri dan takut bila keluarga, pasangan, teman atau miliknya direbut oleh orang lain.

3 dari 4 halaman

Ciri-ciri Posesif dalam Pertemanan

Setelah mengetahui arti posesif dalam pertemanan, berikut ini beberapa ciri-ciri posesif dalam pertemanan yang perlu Anda ketahui, diantaranya:

1. Dia selalu bercerita tentang Anda

Ciri-ciri posesif dalam pertemanan yang pertama adalah dia yang selalu bercerita tentang Anda kepada orang lain. Dari orang-orang, Anda tahu bahwa dia selalu bercerita tentang Anda dan berusaha agar semua orang tahu kalau kalian adalah teman dekat. Apa pun topik percakapannya, dia selalu berusaha untuk membawa nama Anda. Tentu hal itu nggak masalah jika dilakukan sesuai porsinya, tapi jika sudah berlebihan tentu akan membuat orang lain merasa terganggu.

2. Dia selalu menghakimi orang yang Anda suka

Ciri-ciri posesif dalam pertemanan yang lainnya adalah menghakimi orang yang Anda suka. Jika Anda menyukai seseorang atau baru menjalin hubungan dengan seseorang, dia kerap menghakimi orang tersebut. Dia selalu mencari-cari keburukan dan kesalahannya. Kebiasaan ini bisa mengganggu, tidak hanya mengganggu hubungan pertemanan tapi juga asmara Anda.

3. Dia cemburu jika Anda pergi dengan orang lain

Ciri-ciri posesif dalam pertemanan yang lainnya adalah cemburu ketika Anda pergi dengan orang lain. Dia berharap jika Anda pergi hangout harus bersamanya. Makanya dia akan sebal, bahkan merasa cemburu, jika Anda pergi hangout dengan orang lain atau bahkan tampak bersenang-senang dengan teman baru.

4. Dia membenci orang yang menyakiti Anda

Ciri-ciri posesif dalam pertemanan yang lainnya adalah ada rasa benci jika Nada tersakiti oleh orang lain. Anda mungkin sempat menjalani hubungan yang tidak mengenakkan dan akhirnya putus. Namun, teman Anda justru menjadi orang yang terang-terangan tak mau memaafkan mantan Anda dan terang-terangan membencinya. Walaupun Anda sudah move on, tampaknya teman Anda malah tidak.

5. Marah jika Anda tak minta bantuannya

Ciri-ciri posesif dalam pertemanan yang lainnya adalah rasa marah saat Anda tak minta bantuannya. Dia ingin selalu ada untuk Anda, di saat suka maupun duka. Dia ingin menjadi orang pertama yang Anda hubungi saat Anda mendapatkan masalah. Tapi jika dia marah-marah hanya karena Anda tak minta bantuannya, dia sudah bersikap terlalu posesif.

6. Dia terlalu protektif

Ciri-ciri posesif dalam pertemanan yang lainnya adalah dia terlalu protektif. Anda memperhatikan bahwa dia sangat protektif pada Anda. Dia beranggapan bahwa Anda adalah sosok yang lemah yang harus dilindungi. Dengan mudahnya, dia akan memberikan usaha lebih untuk selalu menjaga Anda.

7. Orang terdekat Anda merasa risih

Keluarga atau pacar Anda pasti akan merasa ada yang salah dengan sifat posesif teman Anda. Jika orang terdekat Anda merasa risih dengan perilaku posesif temannya, maka hal itu telah mengganggu hubungan Anda dengan orang lain.

8. Dia benci jika ada orang lain memanggil Anda sahabat

Bagi dia, Anda adalah teman dan sahabatnya. Untuk itu, dia akan benci jika sampai ada orang lain yang memanggil Anda sahabat. Ini sudah ciri pasti teman Anda itu posesif.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Sikap Posesif Dalam Pertemanan

Setelah mengetahui arti posesif dan ciri-cirinya dalam pertemanan, ada baiknya jika mengetahui juga cara mencegahnya agar sebuah hubungan pertemanan tetap berjalan tanpa ada yang dirugikan satu sama lain. Berikut ini ada beberapa cara mengatasi sikap posesif dalam pertemanan, adalah:

1. Berikan Teman Anda Kepercayaan

Orang posesif bisa dibilang tak punya kepercayaa dalam sebuah hubungan. Jadi jika Anda mempercayai teman Anda, tidak perlu takut berlebihan soal kemungkinan mereka bakal meninggalkan Anda begitu saja. Jangan terus memenuhi kepala Anda dengan pikiran negatif. Jika ada yang terasa mengganjal, lebih baik bicarakan baik-baik dengan teman Anda.

2. Berkenalan Dengan Teman Mereka

Jika Anda tipe orang yang cemburu saat sahabat akrab dengan orang lain, cobalah hilangkan kebiasaan tersebut. Tak ada salahnya kamu berkenalan dengan teman-temannya. Siapa tahu kamu bakal merasa cocok dan bisa berteman dengan mereka juga.

3. Jangan Mengubah Teman Anda

Jika teman-teman mulai menjauh, cobalah introspeksi diri. Apakah Anda telah menjadi teman yang toxic atau justru teman Anda memang tipe orang yang suka berganti circle. Kalau ternyata karena sifat Anda yang posesif, ada baiknya memperbaiki diri. Selain itu, jangan pernah paksa mereka berubah agar bisa menjadi teman yang ideal versi Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.