Sukses

Ini 4 Cara Mudah Mengetahui Madu Asli

Liputan6.com, Jakarta Madu menjadi salah asupan yang sering dikonsumsi oleh banyak orang. Cairan yang dihasilkan oleh lebah ini mampu memberikan manfaat bagi tubuh apalagi di tengah pandemi saat ini.

Rasanya yang enak, madu bisa dikonsumsi oleh semua usia, baik anak - anak hingga lansia. Madu murni memiliki beragam nutrisi yang ada di dalamnya, seperti gula, karbohidrat, vitamin C, vitamin B, asam amino, zat besi, zinc, dan kalium. Selain itu, cairan alami ini juga kaya antioksidan flavanoid dan polifenol.

Mengonsumsi madu setiap hari bagus untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Namun, ada beberapa madu yang tidak asli karena sudah dicampur dengan berbagai bahan. Nah, untuk mengetahui secara mudah madu asli, dilansir liputan6, berikut penjelasannya.

Meneteskan Madu ke Air

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui madu asli adalah mencoba dengan memasukkan tetesan madu ke dalam air. Cukup masukkan satu sendok tetesan madu ke dalam air, kalau tetesan madu tersebut tidak tercampur dengan air dan jatuh ke dasar air, maka madu tersebut asli. Sedangkan tetesan madu yang tercampur atau bahkan terapung dalam air, maka madu tersebut palsu atau sudah ada bahan campurannya.

Menguji Madu dengan Kertas

Selain air, kamu bisa juga mencoba meneteskan madu ke kertas kosong. Setelah itu cobalah untuk merobek kertas yang sudah Anda tuangkan madu tadi. Kalau kertas tidak mudah robek, maka madu itu benar-benar murni atau asli. Namun sebaliknya, apabila kertas tersebut mudah dirobek, maka madu itu palsu atau sudah ada campurannya.

Gunakan sendok

Kamu juga bisa mengetahui madu asli dari merebus madu di atas sendok. Caranya, cukup tuangkan madu ke dalam satu sendok. Kemudian panaskan sendok yang sudah terisi madu di atas lilin atau api.

Kalau madu tersebut mengeluarkan busa yang cukup banyak dan hampir atau tumpah dari sendok, maka dapat disimpulkan kalau madu tersebut asli atau murni. Namun, kalau madu tersebut hanya mengeluarkan sedikit busa, maka madu tersebut bisa dikatakan madu palsu atau telah dicampuri dengan bahan lain di dalamnya.

Membekukan Madu

Untuk membuktikan madu itu asli atau tidak, Anda bisa mencobanya dengan memasukkan madu ke dalam freezer. Kalau madu tersebut tidak membeku setelah beberapa lama, maka madu tersebut asli. Namun kalau madu yang Anda taru di dalam freezer menjadi beku, maka madu tersebut sudah ada campurannya atau palsu.

Ingat, madu asli mengandun karbohidrat untuk memberikan tambahan energi. Selain itu, madu asli memiliki gula alami jadi baik bagi tubuh dan mengandung mineral dan vitamin untuk metabolisme tubuh.

 

(*)