Sukses

Viral Pengantin Gelar Pernikahan di Bus yang Melaju, Cara Unik Hindari Kerumuman

Menyiasati larangan adanya kerumunan selama PPKM Darurat Jawa-Bali, pasangan pengantin ini gelar pernikahan di atas bus.

Liputan6.com, Jakarta Ketika kasus positif di tengah pandemi Corona Covid-19 ini terus meningkat, pemerintah pun menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Pulau Jawa dan Bali untuk menurunkan angka jumlah kasus. Selama PPKM ini masyarakat pun dilarang untuk melakukan kegiatan yang memicu kerumunan. 

Untuk mengatasi larangan kerumunan dari aturan PPKM, ada pasangan pengantin yang melakukan pernikahan di atas bus. Sontak hal ini pun lantas menjadi viral di kalangan warganet karena ijab kabul pun benar-benar dilakukan ketika bus sedang dalam perjalanan.

Dilansir dari akun Twitter @Don_Harriz, nampak sepasang pengantin yang berpakaian rapi berhadapan dengan penghulu serta saksi-saksi. Pernikahan ini pun dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan dan hanya dihadiri oleh keluarga saja.

Seperti apakah kisahnya? Berikut ulasan selengkapnya dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Rabu (14/7/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Nikah di atas bus

Pernikahan yang unik ini ternyata digelar pada Minggu (11/7/2021). Setelah ditelusuri, ternyata pasangan pengantin yang menggelar acara pernikahan di atas bus ini adalah Titin Rachma dan Angga Hayu asal Boyolali, Jawa Tengah. Seluruh prosesi pernikahan mulai dari sungkeman hingga ijab kabul dilaksanakan di dalam bus.

Awalnya pernikahan hendak digelar di kediaman Titin di Sambi, Boyolali, Jawa Tengah. Namun, akibat adanya PPKM, pasangan pengantin ini pun sempat kebingungan. Terlebih lagi jika memaksakan mengadakan acara di rumah, nantinya akan mengundang banyak kerumunan dari tetangga desa. 

Akhirnya menyiasati hal tersebut, Titin dan Angga pun menggelar acara pernikahannya di atas bus. Penumpang yang ada di dalam bus ini pun terbatas hanya keluarga inti dari kedua belah pihak yang berjumlah 12 orang. 

Rute yang dilalui dalam acara Wedding On the Bus (WOB) ini yakni pertama menjemput penghulu di KUA Sambi, kemudian menuju ke Simo, Boyolali untuk prosesi ijab kabul. Namun, rute pun berubah karena prosesi pernikahan ternyata memakan waktu cukup panjang, sehingga bus pun akhirnya pindah rute melewati Tol Solo-Semarang. 

Bus ini sempat berhenti di rest area Salatiga untuk mempersilahkan pengantin mengambil foto. Kemudian putar balik di Tol Bawen untuk kembali pulang.

3 dari 3 halaman

Respon warganet

Terobosan pernikahan unik WOB ala Titin dan Angga ini pun dianggap sebagai solusi yang cerdas bagi para pasangan pengantin yang hendak menyelenggarakan pernikahan di tengah pandemi ini. Selain unik, cara ini pun nampaknya lebih praktis ketimbang menggelar pernikahan drive-thru.

"Jadi kepengen nyoba, tapi Enggak Ada calonnya," tulis akun @Rahmawati1256789

"Biar bukan pandemi kayanya asik nihh, bukan buat nikahan doang, pesta ulang tahun juga oke nii, jd sambil muterin kota, kitanya makan2 sambil liatin orang2 diluar," tulis akun @koockieJar

"Semoga ini semua penumpang busnya udah tes swab PCR yaa sebelum naik, jadinya tidak percuma karena mereka kan ada di dalam ruangan tertutup dan ber-AC," tulis akun @nanamiranda

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini