Sukses

Cara Membuat Cibay, Jajanan Khas Sunda yang Kenyal dan Gurih

Ada beberapa cara praktis membuat aci ngambay atau cibay yang merupakan jajanan khas Sunda.

Liputan6.com, Jakarta Jajanan khas Sunda identik dengan makanan yang terbuat dari aci. Tidak hanya cilok dan cilor, namun juga cibay alias cireng ngambay. Dalam bahasa Sunda, ngambay berarti aci basah. Cara membuat cibay juga terbilang sangat mudah dan sederhana.

Cibay adalah lumpia goreng yang berisi aci dan lainnya, seperti sosis, bakso, keju, ayam suir, atau daging kornet, dan masih banyak lagi topping yang bisa dijadikan isian. Cita rasa cibay ini adalah enak, gurih, dan pedas dengan tekstur kenyal.

Dengan bahan-bahan yang mudah, jajanan ini bisa jadi ide baru untuk ngemil bersama keluarga. Kamu juga tidak perlu ke Tasikmalaya dulu untuk mencicipi cibay ini, kamu bisa membuat sendiri di rumah.

Berikut ini ada beberapa cara membuat cibay atau aci ngambay yang kenyal, enak, dan gurih yang bisa Anda coba di rumah, yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (15/7/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Cara Membuat Cibay dengan Isian Sosis

Bahan utama:

-  1 bungkus kulit lumpia (gunakan secukupnya)

-  1/4 tepung kanji

-  daun bawang

-  penyedap rasa

-   garam 

-   lada

-   sosis sesuai selera

Bumbu halus:

-  3 buah cabai merah

-  3 buah cabai rawit

-  3 butir bawang putih

Cara membuat cibay dengan isian sosis:

a. Hancurkan tiga buah cabai merah, tiga buah cabai rawit, dan tiga butir bawang putih dengan blender atau ulekan. 

b. Potong kecil-kecil daun bawang, lalu potong sosis dengan bentuk lingkaran. Kamu bisa menggunakan sosis rasa ayam atau sapi sesuai selera. 

c. Tuang 1/4 tepung kanji ke dalam wadah lalu campur dengan air, aduk hingga mengental dan membentuk adonan aci. 

d. Siapkan wajan untuk menumis semua bahan yang sudah disiapkan tadi. Campur semua bahan ke dalam wajan. Kemudian aduk merata sampai tidak ada tepung yang menggumpal. Jangan lupa tambahkan garam dan lada. Setelah adonan aci yang sudah dibumbui matang, tunggu dahulu sampai dingin dan siapkan kulit lumpia. 

e. Pisahkan kulit lumpia satu per satu, lalu isi lembarannya. Jangan berikan isian terlalu banyak, supaya kulit lumpia bisa ditutup rapi. Lipat kulit lumpia dengan bentuk segi empat atau sesuai selera. Untuk merekatkan kulit lumpia, bisa menggunakan adonan tepung kanji yang sudah matang. Lakukan sampai adonan aci habis.  

f.  Setelah semua adonan sudah dibungkus kulit lumpia, nyalakan kompor dan siapkan wajan dengan minyak yang cukup banyak. Tunggu hingga minyak panas. Setelah itu, goreng cibay hingga tenggelam ke dalam minyak supaya teksturnya garing. Gunakan api sedang dan goreng hingga kecokelatan. 

g. Setelah matang, sajikan cibay di atas piring. Nikmati dengan cocolan saus sambal, mayones, atau bisa ditaburi bubuk cabai kering. 

3 dari 4 halaman

2. Cara Membuat Cibay Pedas

Bahan-bahan:

-  3 buah cabai merah

-  3 buah cabai rawit

-  3 siung bawang merah

-  1 siung kecil bawang putih

-  100 ml air

-  6 sdm tepung tapioka

-  ½ sdt garam

-  ½ sdt bubuk kaldu

-  100 ml daun bawang

-  kulit pangsit secukupnya

Cara membuat cibay original:

a. Tambahkan cabai merah, cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih ke dalam blender makanan. Blender bumbu hingga tercampur merata. Tambahkan air ke dalam bumbu blender.

b. Siapkan panci anti lengket untuk memasak aci. Tuangkan tepung, garam, kaldu, dan daun bawang ke dalam panci. Campurkan bumbu halus juga.

c. Jangan nyalakan api, aduk perlahan hingga semua bahan tercampur rata. Saat sudah tercampur, nyalakan api kecil - sedang. Sambil mengaduk, masak hingga adonan berubah warna menjadi bening dan memiliki tekstur kenyal dan lengket.

d. Matikan api. Ambil sedikit aci, taruh di atas kulit pangsit untuk menjadi isian pangsit, dan lipat menjadi bentuk kotak. Ulangi tahap tersebut sampai aci di panci sudah habis.

e. Siapkan minyak panas. Goreng pangsit hingga cokelat keemasan dalam minyak menggenang.

f.  Angkat dan tiriskan.

4 dari 4 halaman

3. Cara Membuat Cibay Original

Bahan-bahan :

-  Gunakan 200 gram aci / tapioka

-  Sediakan 2 gelas air

-  Sediakan 1 bungkus kaldu ayam bubuk

-  Ambil 1 sdt garam

-  Siapkan 1 sdt tepung terigu

-  Sediakan 20 lembar kulit lumpia

-  Gunakan Minyak untuk menggoreng

-  Siapkan Bumbu untuk taburan

-  Sediakan Cabe bubuk

-  Gunakan Keju manis bubuk

-  Ambil Bumbu atoom / kaldu ayam

Cara membuat cibay original:

a. Campurkan aci, kaldu ayam, garam, dan air. Aduk rata, kemudian panaskan di api kecil aduk rata sampai menggumpal dan angkat jika sudah berwarna bening.

b. Campurkan tepung terigu dengan sedikit air.

c. Siapkan kulit lumpia, tambahkan 1 cendok aci matang kemudian lipat dan rapatkan menggunakan cairan tepung terigu tadi.

d. Panaskan minyak, kemudian goreng cibay sampai warna kecoklatan.

e. Sajikan dengan bumbu tabur, dan camilan cibay siap disajikan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini