Sukses

15 Wisata Probolinggo yang Tak Boleh Dilewatkan, Keindahan Alamnya Memesona dan Eksotis

Liputan6.com, Jakarta Wisata Probolinggo menawarkan sejuta keindahan alam yang tak ada habisnya dan sayang untuk dilewatkan begitu saja. Probolinggo adalah salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Timur. Ibu kota dan pusat pemerintahannya berada di daerah Kraksaan. 

Kabupaten Probolinggo merupakan salah satu kabupaten yang terletak di wilayah Tapal Kuda, Jawa Timur. Kabupaten ini dikelilingi oleh pegunungan Tengger, Gunung Semeru, dan Gunung Argopuro. Makanya tak heran jika kota yang memiliki semboyan "Prasadja Ngesti Wibawa" ini mempunyai wisata alam yang indah dan eksotis.

Sebagai daerah wisata favorit, Probolinggo mempunyai banyak tempat wisata menarik. Mulai dari pantai hingga gunung, semua tampak memesona. Tak hanya itu, Probolinggo juga memiliki wisata andalan yaitu BJBR. Wisata BJBR adalah kawasan wisata hutan bakau dengan luas sekitar 5 hektare. Di kawasan wisata tersebut juga memiliki pantai buatan dan berbagai wahana bermain yang siap menyambut pengunjung.

Berikut ini, beberapa wisata Probolinggo yang sayang untuk dilewatkan yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (19/7/2021).

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata Probolinggo yang Sayang untuk Dilewatkan

1. Gunung Bromo

Wisata probolinggo adalah Gunung Bromo. Gunung Bromo adalah ikon wisata Jawa Timur. Letaknya meliputi empat wilayah, yakni Probolinggo, Malang, Lumajang, dan Pasuruan. Gunung berapi aktif setinggi 2.392 mdpl ini menyuguhkan lanskap yang fantastis. Ngarai dan lembah di sekitar gunung tampak elok, terlebih dengan hamparan pasir seluas 10 km. Anda bisa menikmati kecantikan Gunung Bromo di view point yang sudah tersedia.

2. Air Terjun Madakaripura

Wisata Probolinggo yang lainnya adalah Air Terjun Madakaripura. Berlokasi di daerah Sapih, Branggah, Kecamatan Lumbang, tempat wisata ini merupakan air terjun tertinggi kedua yang ada di Pulau Jawa. Jadi tak heran jika tempat wisata ini menjadi primadona di Probolinggo.

Letaknya berada di kawasan lereng Gunung Bromo, dan memiliki ketinggian mencapai 200 meter. Air terjun ini berada di ujung lembah yang sempit dan berbentuk ceruk serta dikelilingi tebing curam. Beberapa orang menyebutnya air terjun ini sebagai air terjun abadi, karena air yang dialirkan cukup melimpah dan tidak pernah berkurang.

3. Bukit Bentar

Wisata Probolinggo yang lainnya adalah Bukit Bentar. Sering dimanfaatkan sebagai spot foto, tempat wisata ini juga sering disebut dengan bukit selfie. Namun, untuk mendapatkan hasil foto yang keren dari tempat ini, memang dibutuhkan perjuangan, karena ada jalur tracking yang harus Anda hadapi terlebih dulu.

Tapi jangan khawatir, karena pemandangan indah akan siap menyambut Anda. Pemandangan alam beserta hamparan suasana desa akan menjadikan foto Anda tampak lebih cantik. Tempat wisata ini berada di Jalan Panglima Sudirman, Desa Curahsawo. Tepatnya masuk di kecamatan Gending. Anda bisa melihat matahari yang terbenam di belakang bukit dengan pancaran cahaya yang berwarna kuning.

4. Gili Ketapang

Wisata Probolinggo yang lainnya adalah Gili Ketapang. Bagi sebagian orang, nama Gili Ketapang mungkin sudah tidak asing lagi. Objek wisata yang satu ini memiliki pesona alam yang sudah banyak dikenal. Tempat ini memiliki pemandangan bawah laut yang eksotis, sehingga Anda bisa menikmatinya dengan melakukan kegiatan snorkeling. Selain itu, Anda juga bisa camping serta menjelajahi area sekitar dengan menggunakan perahu.

5. Patung Kuda Cipta Wilaha

Wisata Probolinggo yang lainnya adalah Patung Kuda Cipta Wilaha. Tidak jauh dari kawasan wisata BJBR, Anda bisa mengunjungi tempat wisata ini. Tempat ini merupakan tempat yang cocok untuk berfoto, karena terdapat Patung Kuda Cipta Wilaha. Dengan latar patung kuda raksasa ini, akan memberikan hasil foto yang keren dan unik. Selain itu, patung kuda terbesar kedua di dunia ini juga dapat Anda naiki, dan tentu saja, keindahan pemandangan yang didapat juga ikut meningkat. Pesona pantai utara beserta hutan bakau yang eksotis merupakan tawaran terbaik yang akan Anda dapatkan dari tempat wisata ini.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata Probolinggo yang Sayang untuk Dilewatkan

1. Air Terjun Umbulan

Wisata Probolinggo yang lainnya adalah Air Terjun Umbulan. Meski tidak memiliki pemandangan yang berbeda dari Air Terjun Madakaripura, Air Terjun Umbulan tetap memiliki nuansa khasnya sendiri. Berada tidak jauh dari Madakaripura, Anda akan mendapatkan suasana sejuk dari tempat ini. Perasaan tenang dan rileks akan Anda dapatkan dari tempat wisata ini. Namun sebelumnya, Anda juga perlu menyiapkan kondisi tubuh yang fit terlebih dahulu.

2. Pantai Duta

Wisata Probolinggo berikutnya adalah Pantai Duta. Awalnya, pemerintah setempat ingin mempromosikan tempat ini sebagai mangrove center. Untuk keindahan Pantai Duta sendiri, bisa Anda saksikan melalui postingan media sosial tentang pantai ini yang sempat viral. Di pantai ini, Anda bisa menikmati pemandangan sunset yang indah dan eksotis, dan akan terlihat di bagian paling timur Probolinggo.

3. Pantai Bentar

Wisata Probolinggo selanjutnya adalah Pantai Bentar. Bagi masyarakat Jawa Timur yang berada tak jauh dari Probolinggo sepertinya sudah tidak asing lagi ketika mendengar nama Pantai Bentar. Berjarak sekitar 10 km dari pusat kota Probolinggo, Anda bisa mencapai tempat wisata ini dengan memakan waktu sekitar 25 menit saja. Di tempat wisata ini, tersedia spot foto cantik yang bisa menjadi penghias pada postingan media sosial Anda.

4. Puncak B29 Bromo

Wisata Probolinggo yang selanjutnya adalah puncak B29. Puncak B29 merupakan salah satu view point untuk menikmati keindahan Gunung Bromo. Objek wisata ini berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, tepatnya di perbatasan Argosari, Senduro, Lumajang dengan Ngadirejo, Sukapura, Probolinggo. Nama B29 sebenarnya bermakna Bromo 29 karena puncak ini ada di ketinggian 2900 mdpl. Jam kunjung tempat ini adalah 24 jam setiap harinya. Paling ramai saat pagi dan sore karena wisatawan berduyun-duyun mengejar sunrise dan sunset.

5. Padang Rumput Savana

Wisata Probolinggo yang selanjutnya adalah padang rumput savana. Sebuah padang hijau membentang luas dengan bukit-bukit adalah pesona yang ditawarkan Padang Rumput Savana, yang ada di sebelah selatan Gunung Bromo. Keberadaan bukit-bukitnya yang mirip latar di sebuah acara anak-anak membuat tempat ini kerap disebut Bukit Teletubbies. Namun, beberapa orang juga menyebutnya Lembah Jemplang. Anda bisa berjalan kaki atau menyewa mobil jeep untuk bisa sampai ke sini. Mintalah pengemudi untuk mengantar Anda ke Puncak Penanjakan atau Bukit Kingkong sehingga Anda bisa menikmati keindahan dan kesejukan tempat wisata ini. Pun, jangan lupa untuk memotret setiap sudut padang yang menakjubkan.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata Probolinggo yang Sayang untuk Dilewatkan

11. Gunung Argopuro

Wisata Probolinggo yang selanjutnya adalah Gunung Argopuro. Di wilayah Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, dan Situbondo, berdirilah sebuah gunung setinggi 3.088 mdpl yang disebut Gunung Argopuro. Bagian dari Pegunungan Inyang ini memiliki beberapa puncak. Puncak paling tinggi dan terkenal adalah Puncak Rengganis, yang dipercaya dulunya sebagai kediaman Dewi Rengganis, putri Raja Brawijaya.

Gunung Argopura menjadi tantangan tersendiri bagi para pendaki. Jalur trekking gunung ini cukup panjang dan berat. Namun, keindahan alam berupa hutan dan mata air tersembunyi bisa membuat Anda lupa sejenak dengan pendakian. Selain itu, terdapat situs bersejarah di sini berupa puing-puing candi, kolam, dan pura. 

12. Danau Taman Hidup

Wisata Probolinggo yang selanjutnya adalah danau taman hidup. Di lereng Gunung Argopuro, ada sebuah danau yang eksotis. Pemandangannya cantik, masih sangat alami. Danau ini dikelilingi perbukitan yang hijau, dengan rumput-rumputan di area daratnya. Orang-orang percaya bahwa danau yang masih sangat asri ini dulunya dipakai sebagai tempat pemandian Dewi Rengganis dan dayang-dayangnya. Tempat ini sangat cocok untuk berkemah. Biasanya, menjadi tempat favorit para pendaki beristirahat. Jika Anda datang ke sini, Anda berkesempatan untuk melihat berbagai satwa liar.

13. Air Terjun Watu Lawang

Wisata Probolinggo yang selanjutnya adalah air terjun Watu Lawang. Dua tebing besar mengapit sebuah air terjun menakjubkan di Ngepung, Sukapura. Namanya Air Terjun Watu Lawang. Diberi nama begitu karena Anda akan mendapati tebing besar tadi menyerupai sebuah lawang—dalam bahasa Jawa, artinya pintu. Jadi, watu lawang bermakna pintu batu. Kecantikan tempat ini benar-benar memukau. Udaranya sejuk, airnya terasa dingin dan menyegarkan. Tempat yang sempurna untuk melepaskan rasa lelah Anda. Pepohonan nan hijau semakin menyempurnakan mahakarya Tuhan ini.

14. Air Terjun Triban

Wisata Probolinggo yang selanjutnya adalah air terjun Triban. Potensi wisata air terjun di Probolinggo ternyata cukup banyak. Di Ngepung, ternyata ada sebuah air terjun yang masih belum terjamah banyak orang. Air Terjun Triban namanya.  Meski tingginya hanya sekitar 5 meter, air terjun ini sangat menawan. Airnya segar, udara sekitarnya pun sejuk karena alamnya masih asri. Di sini, Anda bisa mandi dan bermain air. Kedalaman kolam penampung air terjun ini sekitar 3-5 meter. Pastikan Anda bisa berenang ya, kalau tertarik menjajal melompat dari tebing.

15. Air Terjun Kedung Amis

Wisata Probolinggo yang selanjutnya adalah air terjun Kedung Amis. Satu lagi surga tersembunyi berupa air terjun untuk membuang jauh-jauh kebosanan kala liburan. Namanya Air Terjun Kedung Amis yang letaknya di Ngepung, Sukapura. Objek wisata ini letaknya tak jauh dari Air Terjun Watu Lawang. Air terjun ini tidak begitu tinggi, tapi tetap terlihat indah. Apalagi, tempat di sekitarnya masih asri. Aliran air terjun ini nantinya akan terbagi menjadi dua, yakni ke Air Terjun Watu Lawang dan Air Terjun Sumber Pakis II.