Sukses

Cara Membuat Artikel Ilmiah yang Benar, Penting Setelah Penelitian

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat artikel ilmiah penting diketahui. Artikel ilmiah merupakan bentuk artikel ilmiah yang berupa ulasan atau artikel penelitian. Artikel ini biasanya merupakan bentuk laporan hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal.

Cara membuat artikel ilmiah tentunya harus sesuai dengan kaidah yang berlaku. Biasanya cara membuat artikel ilmiah disusun secara sistematis seperti karya ilmiah. Penulisan ilmiah yang baik umumnya mengikuti format tertentu dengan bagian-bagian utama.

Cara membuat artikel ilmiah yang benar akan membantu khalayak memahami hasil penelitian dengan baik dan mudah. Kemampuan untuk mengkomunikasikan temuan penelitian secara efektif sangat penting untuk keberhasilan dalam ilmu pengetahuan. Ini sebabnya, penting mengetahui cara membuat artikel ilmiah yang baik dan benar.

Dengan cara membuat artikel ilmiah yang efektif, hasil penelitian dapat dikomunikasikan dengan baik. Berikut cara membuat artikel ilmiah yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (19/07/2021).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

Susunan artikel ilmiah

Artikel ilmiah berbeda dengan artikel populer. Artikel ilmiah memiliki sistematika yang terstruktur. Salah satu langkah pertama dalam cara membuat artikel ilmiah adalah mengetahui susunannya. Secara umum sistematika penulisan artikel ilmiah hampir mempunyai kesamaan satu sama lain.

Biasanya perbedaan terletak pada susunan bab. Maka dari itu, penting mengetahui petunjuk dan sistematika artikel ilmiah sesuai dengan institusi atau penerbit artikel. Secara umum, berikut susunan artikel ilmiah yang baik:

1. Judul

2. Abstrak atau ringkasan

3. Pendahuluan

4. Metode

5. Hasil penelitian

6. Diskusi

7. Kesimpulan dan saran

8. Ucapan terima kasih (jika ada)

9. Daftar pustaka

3 dari 7 halaman

Cara membuat artikel ilmiah yang benar

Berikut cara membuat artikel ilmiah yang benar, dilansir dari Elsevier:

Siapkan gambar dan tabel

Ilustrasi, termasuk gambar dan tabel, adalah cara paling efisien untuk menyajikan hasil penelitian. Umumnya, tabel memberikan hasil eksperimen yang sebenarnya, sedangkan angka sering digunakan untuk perbandingan hasil eksperimen dengan karya sebelumnya, atau dengan nilai yang dihitung/teoretis. Jika diperlukan, masukkan juga foto, grafik, dan histogram.

Tulis metode

Bagian ini menjawab pertanyaan tentang bagaimana masalah itu dipelajari. Jika karya ilmiah mengusulkan metode baru, kamu perlu menyertakan informasi terperinci sehingga pembaca yang berpengetahuan luas dapat mereproduksi eksperimen tersebut. Namun, jangan mengulangi detail metode yang sudah ada; menggunakan Referensi dan Bahan Pendukung untuk menunjukkan prosedur yang diterbitkan sebelumnya. Ringkasan luas atau referensi kunci sudah cukup.

4 dari 7 halaman

Cara membuat artikel ilmiah yang benar

Tulis Hasilnya

Cara membuat artikel ilmiah selanjutnya adalah menuliskan hasil. Bagian ini menjawab pertanyaan "Apa yang kamu temukan?" Oleh karena itu, hanya hasil yang representatif dari penelitian yang harus disajikan. Hasil harus penting untuk diskusi.

Tulis Diskusi

Di sini kamu harus menanggapi apa arti hasil. Mungkin ini adalah bagian yang paling mudah untuk ditulis, tetapi bagian yang paling sulit untuk diperbaiki. Ini karena bagian ini adalah bagian terpenting dari artikel. Di sini kamu mendapatkan kesempatan untuk mempublikasikan datamu. Biasanya ada pertimbangan bahwa sejumlah besar artikel ditolak karena Pembahasannya lemah.

Kamu perlu membuat Diskusi sesuai dengan Hasil, tetapi jangan mengulangi hasilnya. Di sini kamu perlu membandingkan hasil yang dipublikasikan oleh kolega lain denganmu (menggunakan beberapa referensi yang disertakan dalam Pendahuluan). Hindari pernyataan yang melampaui apa yang dapat didukung oleh hasil.

5 dari 7 halaman

Cara membuat artikel ilmiah yang benar

Tulis Kesimpulan yang jelas

Cara membuat artikel ilmiah ini menunjukkan bagaimana pekerjaan memajukan bidang dari keadaan pengetahuan saat ini. Di beberapa jurnal, ini adalah bagian terpisah; di bagian lain, ini adalah paragraf terakhir dari bagian Diskusi. Apapun masalahnya, tanpa bagian kesimpulan yang jelas, pengulas dan pembaca akan kesulitan menilai karya dan apakah layak dipublikasikan di jurnal.

Tulis Pendahuluan yang menarik

Ini adalah kesempatan untuk meyakinkan pembaca bahwa kamu tahu dengan jelas mengapa penelitian berguna. Pendahuluan yang baik harus menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti apa masalah yang harus dipecahkan? apakah ada solusi yang ada? Mana yang terbaik? Apa batasan utamanya? Apa yang diharapkan untuk dicapai?

6 dari 7 halaman

Cara membuat artikel ilmiah yang benar

Tulis Abstrak

Abstrak memberi tahu calon pembaca apa yang kamu lakukan dan apa temuan penting dalam penelitian. Bersama dengan judul, itu adalah iklan artikel. Buatlah menarik dan mudah dipahami tanpa membaca keseluruhan artikel. Hindari penggunaan jargon, singkatan dan referensi yang tidak umum.

Buat judul yang ringkas dan deskriptif

Judul harus menjelaskan tentang apa artikel itu secara luas. Ini adalah kesempatan pertama (dan mungkin satu-satunya) untuk menarik perhatian pembaca. Dengan cara ini, ingatlah bahwa pembaca pertama adalah Editor dan wasit. Juga, pembaca adalah penulis potensial yang akan mengutip artikel.

Pilih kata kunci untuk pengindeksan

Kata kunci digunakan untuk mengindeks makalah. Mereka adalah label aritkel. Memang benar bahwa sekarang mereka kurang digunakan oleh jurnal karena dapat mencari seluruh teks. Namun, ketika mencari kata kunci, hindari kata-kata dengan arti luas dan kata-kata sudah termasuk dalam judul.

7 dari 7 halaman

Cara membuat artikel ilmiah yang benar

Tulis Ucapan Terima Kasih

Di sini, kamu dapat berterima kasih kepada orang-orang yang telah berkontribusi pada naskah tetapi tidak sampai sejauh mana hal itu akan membenarkan kepengarangan. Misalnya, di sini kamu dapat menyertakan bantuan teknis dan bantuan untuk menulis dan mengoreksi. Mungkin, yang paling penting adalah berterima kasih kepada lembaga pendanaan atau lembaga yang memberi hibah atau persekutuan.

Tulis Referensi

Cara membuat artikel ilmiah terakhir adalah menuliskan daftar pustaka. Biasanya, ada lebih banyak kesalahan dalam referensi daripada di bagian lain dari naskah. Ini adalah salah satu masalah yang paling menjengkelkan, dan menyebabkan sakit kepala hebat di antara editor. Sekarang, lebih mudah karena untuk menghindari masalah ini, karena ada banyak alat yang tersedia.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS