Sukses

6 Foto Ibadah Haji 2021 di Masa Pandemi COVID-19, Ketat Terapkan Prokes

Mengintip foto-foto ibadah haji 2021 di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi.

Liputan6.com, Jakarta Pandemi COVID-19 masih belum berakhir. Meski begitu, Arab Saudi tahun ini menggelar penyelenggaraan ibadah Haji 1442 Hijriah pada Sabtu (17/7/2021). Arab Saudi menetapkan kuota haji hanya 60 ribu jemaah saja. Adapun 60 ribu jemaah haji tersebut dipilih dari lebih 500 ribu calon jemaah yang mendaftar.

Kementerian Haji Arab Saudi menyatakan bahwa hanya orang-orang berusia antara 18 dan 65 tahun dengan syarat telah mendapat vaksin COVID-19 dan bebas dari penyakit kronis yang bisa melaksanakan ibadah haji. Adapun vaksin yang telah disetujui untuk jemaah haji di antaranya Pfizer, AstraZeneca, Moderna dan Johnson&Johnson. Terbaru vaksin Sinovac sudah diizinkan.

Ibadah haji di masa pandemi COVID-19 memang memerlukan penanganan khusus berbeda dari penyelenggaran tahun-tahun sebelumnya. Protokol kesehatan sangat ketat dilakukan dengan aturan seperti harus melakukan jarak sosial serta wajib memakai masker wajah.

Keadaan ibadah haji dengan protokol kesehatan pun mencuri perhatian. Beberapa foto yang terabadikan seperti saat di Masjidil Haram menjadi salah satu pemandangan berbeda dari penyelenggaran ibadah haji tahun-tahun sebelumnya. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, foto ibadah haji 2021 di masa pandemi COVID-19 dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, Senin (19/7/2021).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Kementerian Haji Arab Saudi memastikan ibadah haji 2021 menerapkan protokol kesehatan. Para pekerja kebersihan pun sangat memerhatikan prokes saat menjalankan tugas bersihkan area Kakbah di Masjidil Haram.

3 dari 7 halaman

2. Ibadah haji tahun ini memiliki kuota sebanyak 60 ribu jemaah dengan syarat berusia antara 18 dan 65 tahun, telah divaksin COVID-19 dan bebas dari penyakit kronis.

4 dari 7 halaman

3. Protokol kesehatan yang ketat memang terlihat jelas saat jemaah menjaga jarak sosial dan wajib memakai masker.

5 dari 7 halaman

4. Menjaga jarak sosial saat menjalankan ibadah haji 2021 menjadi salah satu upaya untuk menghindari adanya klaster baru penyebaran COVID-19.

6 dari 7 halaman

5. Menjelang Iduladha 1442 H, para penjaga area Kakbah selalu siap mengamankan keadaan di Masjidil Haram agar tetap kondusif.

7 dari 7 halaman

6. Keadaan terkini Masjidil Haram memang tidaklah ramai karena ketat menjaga protokol kesehatan. Jalanan pun lebih banyak merpati dibandingkan orang yang lalu lalang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini