Sukses

Cara Membuat Singkong Keju yang Renyah dan Merekah, Perhatikan Tips Mudahnya

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat singkong keju bisa kamu praktikkan di rumah. Camilan satu ini tentunya sangat baik dikonsumsi karena memiliki berbagai jenis nutrisi yang menyehatkan. Vitamin B kompleks, Vitamin K, mineral, hingga serat bisa kamu dapatkan dari singkong.

Singkong dikenal juga dengan nama ketela pohon ataupun ubi kayu. Umbi singkong ini merupakan makanan pokok penghasil karbohidrat yang baik untuk kesehatan. Selain umbinya, daun singkong juga sering digunakan sebagai sayuran yang mengandung banyak zat besi.

Cara membuat singkong keju yang renyah bisa kamu praktikkan dengan mengikuti tips mudahnya. Meskipun kelihatannya sederhana, kamu perlu memperhatikan langkah-langkahnya dengan baik agar singkong menjadi renyah dan merekah.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (19/7/2021) tentang cara membuat singkong keju.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Singkong Keju

Cara membuat singkong keju tidak begitu sulit dipraktikkan. Kamu tinggal mengumpulkan bahan-bahan yang diperlukan, kemudian mengikuti langkah-langkahnya dengan saksama.

Berikut cara membuat singkong keju di rumah:

Bahan-bahan:

- 3 buah singkong (kupas, cuci bersih)

- Keju parut (secukupnya)

- Minyak goreng (secukupnya)

Bumbu:

- Garam (secukupnya)

- 1/2 sdt ketumbar

- Kaldu ayam bubuk (jika suka)

- 3 siung bawang putih

Cara membuat singkong keju:

1. Rebus singkong hingga empuk dan matang.

2. Kemudian, angkat dan tiriskan.

3. Haluskan bumbu kemudian beri sedikit air.

4. Celupkan singkong yang telah direbus ke dalam bumbu. Diamkan kira-kira selama 10-15 menit.

5. Panaskan minyak, goreng singkong hingga berwarna kuning keemasan.

6. Angkat singkong yang telah matang, taburkan keju parut di atasnya.

7. Singkong keju siap disajikan.

 

3 dari 4 halaman

Tips Membuat Singkong Keju agar Renyah dan Merekah

Cara membuat singkong keju harus mengikuti beberapa tips agar kamu mendapatkan singkong yang renyah dan merekah. Pengolahannya perlu diperhatikan dengan baik sebelum menggoreng.

Seperti dikutip Liputan6.comdari Fimela, berikut beberapa cara membuat singkong keju agar renyah dan merekah:

-  Pilih singkong yang berkualitas

Sebelum membeli, pilih dulu singkong yang berkualitas bagus. Pilih singkong yang tampak baru saja dipanen, padat segar dan tidak berjamur. Tandanya adalah pada kulit arinya yang mengelupas, jika kulit terluar ini mengelupas dan terlihat kulit dalamnya yang merah muda, singkong cenderung empuk jika dimasak. Pilih yang agar besar dan lurus daripada yang terlalu kecil atau bengkok.

- Rendam singkong

Kupas kulitnya dan potong-potong singkong, lalu rendam di dalam air bersih. Hal ini diperlukan bukan hanya untuk membersihkan tanah yang menempel tapi juga berguna menghilangkan racunnya, sekaligus agar singkong empuk jika dikukus.

- Kukus

Setelah dicuci bersih, kukus singkong selama 15-20 menit atau hingga singkong matang. Setelah itu angkat. Mengukus singkong akan membuat teksturnya empuk saat digoreng.

- Rendam di dalam air es

Siapkan wadah besar berisi air es. Segera masukkan singkong yang sudah dikukus ke dalam air es yang sudah dicampur bumbu bawang. Rendam kurang lebih selama satu jam atau lebih. Proses ini sangat penting terutama untuk membuat tekstur singkong yang merekah.

- Goreng hingga tenggelam

Penting menggunakan minyak cukup banyak untuk menggoreng singkong karena inilah kunci agar singkong merekah. Metode deep frying ini akan membuat singkong memiliki permukaan yang garing dan renyah sedangkan bagian dalamnya lembut dan empuk.

4 dari 4 halaman

Manfaat Singkong bagi Kesehatan

Setelah mengikuti cara membuat singkong keju, kamu tentunya akan mendapatkan berbagai manfaat dari mengonsumsi singkong. Berikut beberapa manfaat singkong bagi kesehatan:

- Sumber Vitamin B Kompleks

Singkong merupakan sumber vitamin B kompleks seperti riboflavin, folat, thiamin, piridoksin (vitamin B6), dan asam patotenat. Riboflavin bermanfaat dalam proses pertumbuhan dan proses produksi sel darah merah sehingga bisa mencegah penyakit anemia. Singkong juga mengandung vitamin B17 atau amygdaline yang berfungsi membantu menghancurkan enzim penyebab kanker.

- Sumber Vitamin K

Vitamin K dibutuhkan tubuh untuk membangun massa tulang dengan cara memicu aktivitas osteotrophic dalam tulang. Mengonsumsi singkong dapat menjaga tulang tetap kuat. Vitamin K juga dapat membantu mengurangi kerusakan saraf pada otak sehingga berguna dalam pengobatan penderita penyakit alzheimer.

- Sumber Mineral

Singkong juga memiliki kandungan beberapa mineral yang penting untuk tubuh, seperti seng, magnesium, tembaga, besi, mangan dan kalium. Bahkan, kandungan kalium pada singkong cukup tinggi, yaitu sekitar 271 mg per 100 gram singkong. Kalium merupakan bagian yang sangat penting dari sel dan cairan tubuh, dan memiliki peran dalam membantu mengatur denyut jantung dan tekanan darah. Kekurangan kalium dapat mengakibatkan gangguan pada irama jantung, atau yang disebut aritmia.

- Sumber Energi

Singkong merupakan bahan makanan rendah lemak dan kolesterol, namun tinggi kalori, yaitu 160 kalori per 100 gr singkong. Singkong adalah umbi-umbian tropis yang kaya akan pati dengan kandungan kalori tertinggi, terutama berasal dari sukrosa yang membentuk sebagian besar gula pada umbi-umbian. Kandungan kalorinya dua kali lipat lebih tinggi daripada kentang. Singkong dapat memenuhi kebutuhan kalori tubuh sebagai sumber energi guna melakukan aktivitas sehari-hari.

- Sumber Serat

Serat pangan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh karena memiliki banyak kegunaan, yaitu menurunkan tekanan darah, sehingga bermanfaat untuk mencegah penyakit hipertensi.

Selain itu, serat juga dapat membantu memperlancar sistem pencernaan dan mencegah obesitas, karena singkong juga rendah lemak. Serat juga mampu mengendalikan kadar gula darah agar tetap berada dalam batas normal, sehingga mengurangi risiko diabetes.