Sukses

15 Macam Ikan Laut untuk Konsumsi, Kaya Nutrisi

Ikan dianggap sebagai salah satu makanan paling sehat.

Liputan6.com, Jakarta Macam ikan laut dikenal akan manfaat nutrisinya. Indonesia sebagai negara maritim yang besar memiliki kekayaan laut yang luar biasa. Berbagai macam ikan laut dapat ditemukan dengan mudah di perairan Indonesia. Macam ikan laut ini diperjualbelikan dalam keadaan segar, dikeringkan, diasap, maupun diawetkan.

Macam ikan sarat dengan nutrisi penting, seperti protein dan vitamin D. Ikan juga merupakan sumber asam lemak omega-3, yang sangat penting bagi tubuh dan otak. Mengonsumsi beragam macam ikan laut bisa memenuhi kebutuhan nutrisi ini.

Ikan dianggap sebagai salah satu makanan paling sehat untuk jantung. Macam ikan juga sering memiliki lebih sedikit kolesterol dan lemak jenuh daripada daging. Berikut macam ikan laut untuk konsumsi, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(20/07/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Macam ikan laut untuk konsumsi

Cakalang

Cakalang termasuk macam ikan laut yang banyak ditemukan di perairan Indonesia. Habitat ikan ini berada di laut tropis dan subtropis di Samudra Hindia, Samudra Pasifik, dan Samudra Atlantik. Cakalang terbesar, panjang tubuhnya bisa mencapai 1 m dengan berat lebih dari 18 kg. Ikan cakalang kaya akan omega-3 dan vitamin B kompleks.

Tongkol

Tongkol adalah sejenis ikan laut dari suku Scombridae. Tongkol disebut juga sebagai mackerel tuna. Tongkol biasanya menjadi jenis ikan tangkapan nelayan. Tongkol dijual dalam bentuk ikan segar, ikan beku, dan dikalengkan. Tongkol mengandung protein, kalsium, zat besi, magnesium, fosofor, kalium, dan selenium.

Tenggiri

Ikan tenggiri merupakan kerabat dekat tuna, tongkol, madidihang, makerel dan kembung. Budidaya ikan ini juga cukup banyak dilakukan masyarakat Indonesia. Tenggiri banyak disukai orang, diperdagangkan dalam bentuk segar, ikan kering, atau diolah menjadi kerupuk, siomay, dan olahan lainnya. Selain kaya mineral, tenggiri juga kaya akan vitamin seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, vitamin B6, vitamin B12, vitamin A, vitamin K, dan vitamin E.

3 dari 6 halaman

Macam ikan laut untuk konsumsi

Teri

Teri merupakan macam ikan laut yang mudah ditemukan. Ikan teri kaya akan protein yang menyediakan asam lemak omega-3. Menambahkan ikan teri ke dalam makanan juga meningkatkan asupan mineral dan memberi tubuh banyak kalsium dan selenium. Ikan teri juga kaya akan vitamin B-12 dan B-6 yang bermanfaat bagi tubuh.

Sarden

Sarden termasuk jenis ikan air laut yang paling banyak dikomersialkan. Ikan ini kerap dijual dalam bentuk kaleng. Sarden menjadi andalan menu makanan praktis banyak orang. Meskipun ikan ini dapat dinikmati dalam keadaan segar, sarden sangat mudah rusak. Inilah sebabnya sarden paling sering ditemukan kalengan. Ikan kecil ini dikemas dengan banyak mineral dan vitamin. Sarden menyediakan riboflavin, niasin, vitamin B-12 dan vitamin D.

Kakap

Kakap adalah keluarga ikan laut dasaran yang hidup secara berkelompok di dasar-dasar karang atau terumbu karang. Kakap sering ditemukan sebagai hidangan laut segar. Jenis ikan kakap yang banyak ditemui di Indonesia adalah jenis kakap merah. Kakap sangat kaya akan protein, fosofor, dan vitamin B1.

4 dari 6 halaman

Macam ikan laut untuk konsumsi

Kembung

Ikan yang masih berkerabat dengan tenggiri, tongkol, dan tuna ini memiliki nilai ekonomis menengah. Sama seperti macam ikan laut lainnya, ikan kembung kaya akan protein dan omega-3. Ikan ini juga mengandung vitamin C, B-6, B-12, kalsium, magnesium dan zat besi.

Kerapu

Ikan kerapu merupakan salah satu jenis ikan laut, yang biasanya hidup di karang-karang. Di Indonesia ada beberapa jenis ikan kerapu yang bisa ditemukan. Macam ikan kerapu misalnya kerapu balong, kerapu karang, kerapu lumpur, dan kerapu bebek. Kerapu mengandung omega 3, seng, magnesium, fosfor, dan lemak sehat yang tinggi.

Belanak

Belanak adalah macam ikan laut tropis dan subtropis yang bentuknya hampir menyerupai bandeng. Ikan belanak secara umum bentuknya memanjang agak langsing dan gepeng. Ikan belanak kaya akan protein, vitamin B, selenium, yodium dan memiliki kadar lemak yang rendah.

5 dari 6 halaman

Macam ikan laut untuk konsumsi

Layur

Layur adalah ikan perairan laut yang mudah dikenal dari bentuknya yang panjang dan ramping. Ikan ini tersebar di perairan tropika maupun sedang. Layur mudah dijumpai di tempat penjualan ikan di Indonesia. Selain diolah sebagai ikan asin, layur juga menjadi umpan pancing. Ikan ini disukai karena dagingnya yang kenyal, tidak terlalu amis, tidak berminyak, serta mudah dilepas tulangnya. Ikan layur kaya akan fosfor, zat besi, dan protein.

Baronang

Baronang merupakan salah satu ikan yang menjadi favorit bagi para pemancing di laut. Dalam bahasa Inggris ikan ini disebut rabbitfish karena termasuk ikan pemakan rumput laut. Di Indonesia macam ikan baronang dikenal sebagai Baronang susu, baronang lada, dan baronang angin. Ikan baronang termasuk ikan dengan kandungan vitamin A yang tinggi.

Kuwe

Ikan kuwe atau kuwe gerong adalah ikan tangkapan umum di kawasan tropis Indo-Pasifik. Ikan ini mudah sekali dikenali dari dahinya yang tampak besar dengan warna tubuh keperakan semburat kuning. Ikan kuwe kaya akan protein dan asam lemak omega-3. Ikan kuwe juga kaya akan kalsium, vitamin D, serta vitamin C.

6 dari 6 halaman

Macam ikan laut untuk konsumsi

Tuna

Ikan tuna merupakan macam ikan yang banyak dikomersialkan di seluruh dunia. Baik segar atau kalengan, tuna adalah favorit banyak orang. Tidak seperti kebanyakan ikan yang memiliki daging berwarna putih, daging tuna berwarna merah muda sampai merah tua. Hal ini karena otot tuna lebih banyak mengandung myoglobin daripada ikan lainnya. Tuna menganung protein, kalium, dan cobalamin yang tinggi. Tuna juga kaya akan Vitamin B-6, Vitamin C, zat besi, magnesium, dan kalsium.

Salmon

Salmon termasuk macam ikan laut yang dikenal memiliki harga cukup tinggi. Salmon adalah salah satu makanan paling bergizi. Salmon adalah salah satu sumber terbaik asam lemak omega-3 rantai panjang asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA).

Kod

Ikan kod termasuk macam ikan dengan kandungan nutrisi tinggi. Kod merupakan spesies yang penting untuk pemancingan profesional. Ikan putih bersisik ini merupakan sumber fosfor, niasin, dan vitamin B-12 yang bagus. Hati ikan kod diproses untuk memproduksi minyak hati kod.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini