Sukses

Deep Web Adalah Situs Internet Tersembunyi, Kenali Isi Konten dan Bahaya Mengaksesnya

Liputan6.com, Jakarta Secara umum, Deep Web adalah menggambarkan semua halaman web, forum, dan toko online yang tersembunyi dan tidak dapat diakses oleh mesin pencari populer seperti Google dan Bing. Dapat dikatakan pula Deep Web adalah situs internet tersembunyi yang berbahaya karena risiko mengakses jauh lebih besar daripada manfaatnya.

Sistem Deep Web adalah menggunakan protokol standar seperti HTTP/HTTPS. Sementara konten Deep Web adalah berisikan tentang sejumlah peristiwa yang "tak pernah tersentuh" oleh media-media besar, seperti perdagangan ilegal, tips dan trik hacking, hingga video-video aneh dan menyeramkan. 

Intinya, dunia Deep Web adalah memang sangat luas dan memuat banyak konten berbahaya. Hati-hati, ada banyak hacker atau pihak-pihak yang bisa mendeteksi keberadaan penggunanya dengan mudah ketika memasuki Deep Web. Deep Web adalah memiliki informasi yang lebih besar 400 hingga 500 kali dari web biasa, dengan kapasitas informasi mencapai 7.500 TB.

Berikut Liputan6.com ulas lebih jauh tentang Deep Web dari berbagai sumber, Rabu (21/7/2021).

2 dari 6 halaman

Mengenal Deep Web

Istilah Deep Web adalah pertama kali dipopulerkan oleh Mike Bergman, pendiri BrightPlanet. Sejak tahun 2001, Deep Web adalah dikenal memiliki konten dan informasi yang jumlahnya jauh lebih banyak dari surface web.

Istilah surface web dan Deep Web adalah digunakan untuk menganalogikan dunia internet secara keseluruhan. Deep Web adalah menggambarkan semua halaman web, forum, dan toko online yang tersembunyi dan tidak dapat diakses oleh mesin pencari, seperti Google dan Bing.

Sistem Deep Web adalah menggunakan protokol standar seperti HTTP/HTTPS. Hal ini membuat pengguna hanya dapat menemukan Deep Web adalah menggunakan browser umum, seperti Chrome, Safari, Edge, dan Firefox.

Diperkirakan jumlah konten yang terdapat di Deep Web adalah memiliki persentasi sebanyak 96% dari total keseluruhan konten internet. Jumlah ini tentu sangat besar jika dibandingkan dengan konten surface web yang biasanya kita akses.

3 dari 6 halaman

Konten dalam Deep Web

Konten Deep Web adalah berisikan tentang sejumlah peristiwa yang "tak pernah tersentuh" oleh media-media besar, seperti perdagangan ilegal, tips dan trik hacking, hingga video-video aneh dan menyeramkan yang cukup bikin geleng-geleng kepala penontonnya.

Lebih jauh, konten yang ada di Deep Web adalah sebagian besar berupa database hasil penelitian yang dilakukan oleh lembaga peneliti, pemerintahan, maupun penelitian yang bersifat pribadi.

Sebagian konten lain dalam Deep Web adalah terdiri dari konten porno, ilegal, konten yang dibuat oleh para hacker, dokumen rahasia pemerintahan, serta aneka konten ekstrem lainnya yang tidak dapat dideteksi atau disensor oleh mesin pencarian biasa.

Tak cuma itu, dalam deep weeb adalah ada pula situs penjualan manusia dan situs penelitian yang melibatkan manusia sebagai objek. Menemukan konten-konten ekstrem seperti eksploitasi anak sebagai objek seks, jual beli obat-obatan terlarang, jasa pembunuh bayaran dan black market bukanlah hal yang sulit ditemukan di Deep Web.

4 dari 6 halaman

Bahaya Deep Web

Bagi yang melakukan kecerobohan saat membuka Deep Web, bukan mustahil para hacker akan mengungkap identitas kita bahkan mencuri informasi yang kita miliki. Deep Web adalah memiliki informasi yang lebih besar 400 hingga 500 kali dari web biasa, dengan kapasitas informasi mencapai 7.500 TB.

Hampir 95% konten di Deep Web adalah bisa diakses tanpa registrasi. Melakukan registrasi atau login di Deep Web adalah hanya akan mempermudah cyber crime yang sedang mengintai kita.

Pada dasarnya, Deep Web adalah bukanlah suatu wadah informasi yang patut diakses. Akan tetapi, bila terlanjur mengakses Deep Web adalah hal yang perlu dilakukan, berhati-hati dengan segala sesuatu yang ada di Deep Web. Usahakan untuk tidak mengunduh apapun atau memasukkan informasi apapun pada Deep Web.

Sekadar melihat konten-konten liar di Deep Web adalah mungkin tidak terlalu masalah, tetapi jangan sampai kita terlibat terlalu jauh dalam dunia Deep Web. Jangan lupa untuk menghapus setiap history dan cache setelah mengakses Deep Web sehingga informasi pribadi kita tidak mudah ditelusuri oleh para hacker atau pelaku cybercrime lainnya.

5 dari 6 halaman

Situs Deep Web Paling Berbahaya

1. Situs Deep Web Obat-obatan

Jika di Indonesia, pengedar narkoba menerima hukuman sangat berat, maka pada Deep Web, obat terlarang bisa dijual bebas. Pengunjung tidak hanya membeli begitu saja, tetapi mereka juga menyediakan resep untuk setiap jenis obat-obatan yang tersedia. 

Situs obat-obat terlarang pada Deep Web, Silk Road, melakukan transaksi obat-obat ini hingga mencapai Rp 2,5 triliun dalam kurun waktu kurang dari 3 tahun.

2. Situs Deep Web Uang Palsu

Uang palsu yang disediakan pada Depp Web sangat bervariasi, mulai dari mata uang dollar, euro, pound, yen, dan masih banyak lagi. Pembeli dapat memilih kualitas dan biaya yang ditawarkan. Situs tersebut menjanjikan bahwa uang palsu mereka tidak akan bisa dikenali sebagai uang palsu. Bahkan jika dilakukan tes cahaya ultraviolet.

3. Situs Deep Web Identitas

Pembuatan kartu identitas palsu, bisa didapatkan dengan mudah pada Deep Web. Pembeli bisa meminta kartu identitas dari negara apa saja, kota, ataupun daerah manapun di seluruh dunia. Mulai dari paspor, SIM, kartu penduduk, ID palsu, ijazah perguruan tinggi, bisa didapatkan dengan mudah. 

Penjualan SIM palsu untuk Amerika di bandrol dengan harga yang sangat tinggi. Harga ini disesuaikan dengan ketat dan rumitnya pembuatan identitas diri di suatu negara

4. Situs Deep Web Eksperimen Manusia

Deep Web juga menyediakan situs manusia yang menjadi bahan eksperimen. Mereka melakukan percobaan kepada mayat manusia yang tidak mempunyai rumah dan tidak terdaftar sebagai warga negara.

Percobaan itu tergolong sangat mengerikan, mereka memberikan infeksi cairan-cairan tertentu, atau memasukkan obat-obatan ke dalam tubuh orang tersebut. Bahkan, mereka tega menyinari sinar x dan bahkan memanaskan mayat itu.

5. Situs Deep Web Data Blank

Username, password, atau bahkan pin kartu kredit bisa dengan mudah di dapatkan. Pembeli bisa mengakses akun siapapun di sebuah bank di seluruh dunia. Pembeli dapat dengan mudah menggunakan kartu kredit tersebut tanpa peduli tagihan yang harus dibayarkan.

6. Situs Deep Web Pembunuh Bayaran

Dalam situs Deep Web, Anda bisa menemukan situs pembunuh bayaran yang rela untuk melakukan perintah paling keji sekalipun. Bahkan dalam situsnya, mereka menerangkan bahwa pembunuh bayaran ini terdiri dari mantan tentara, tentara bayaran, yang mempunyai kemampuan yang tinggi, dan berpengalaman lebih dari 5 tahun.

Pembeli dapat memuaskan dendam pribadi dengan menyewa orang dari Deep Web ini. Setelah pembunuh melancarkan aksinya, pembeli diberikan bukti foto dan kronologinya.

7. Situs Deep Web Rahasia Negara

Rahasia sebuah negara, pasti sangat di jaga ketat oleh negara itu sendiri. Tetapi, pada Deep Web ini, data-data dan rahasia penting negara bisa di dapatkan dengan mudah dengan harga yang sangat mahal tentunya. Pembeli biasanya pihak intelijen yang sedang memata-matai negara-negara tertentu.

8. Situs Deep Web Video Penyiksaan

Deep Web adalah menyediakan situs yang menyajikan video-video penyiksaan. Seperti tidak mempunyai pri-kemanusiaan sama sekali, pelanggan situs ini dapat meminta penyiksaan seperti apa yang ingin di lihat. Semua permintaan penyiksaan tersebut dapat dilakukan melalui chat dengan penyiksanya langsung.

6 dari 6 halaman

Video Deep Weeb Paling Mengerikan

1. Manekin Misterius

Video menampilkan sebuah boneka manekin yang dimodifikasi dengan gerakan aneh. Ia bahkan bisa bernyanyi dan berbicara. Tak cuma itu, boneka bergerak dengan iringan musik aneh yang membuat suasana di dalamnya semakin mengerikan.

Konon berdasarkan rumor yang beredar, pembuat video ini diklaim sebagai seorang pembunuh berantai. Pakaian yang dikenakan boneka manekin itu pun disebut-sebut sebagai pakaian korban.

Prediksi warganet semakin meruncing setelah mereka melihat sebuah lokasi kebun di mana korban dikuburkan yang muncul di akhir video.

2. Wanita di Ruang Makan

Video ini sekilas mirip potongan film horor jaman dulu, di mana memperlihatkan seorang wanita yang duduk di sebuah meja makan dengan mangkuk besar. Matanya melotot, mukanya juga begitu pucat.

Di awal video, sang wanita melontarkan sepatah kata "Dining Room" dengan nada suara yang tidak seperti wanita pada umumnya. Di akhir video, si wanita mengucapkan kata "There is nothing (tidak ada apa-apa)" dengan raut wajah mengerikan.

Tidak diungkap pihak mana yang membuat video tersebut, akan tetapi banyak yang beranggapan video ini dibuat sebagai iklan yang mengusung film horor sebagai tema utamanya.

3. Pria Makan Sup

Video ini memperlihatkan seorang pria yang sedang makan. Anehnya, pria tersebut tidak mengenakan baju sama sekali, ia memakan sebuah makanan di dalam mangkuk dengan sendok besar.

Yang bikin aneh lagi, pria tersebut "disemangati" oleh dua orang dengan kostum boneka berwajah putih. Sang pria terus makan dengan raut wajah menyesal dan hampir menangis.

Rumor menyebut, pria tersebut adalah korban penculikan. Sementara, dua orang yang ada di sampingnya merupakan penculik dan akan membunuh pria itu.

4. Obey the Walrus

Obey the Walrus adalah salah satu video Deep Web paling mengerikan yang pernah ada di internet. Bagaimana tidak, video menampilkan seorang wanita disabilitas berbadan kurus, memakai baju balet dan menari-nari sambil membawa payung. Gerakannya pun tampak sangat aneh.

Hingga kini, tidak dapat diungkap siapa sosok wanita disabilitas tersebut. Ada yang menyebut, wanita tersebut memang berkebutuhan khusus dan tak pantas dijadikan bahan olokan. Namun ada pula yang benar-benar menganggapnya tampil mengerikan seperti hantu.

5. Tutorial Make Up

Video tutorial make up biasanya berlangsung apik dan atraktif. Namun hal tersebut tak berlaku pada video yang satu ini. Video ini diawali dengan seorang wanita yang sedang melakukan tutorial make up, beberapa detik kemudian muncul gambar aneh yang membuatnya kehilangan konsentrasi.

Secara mengejutkan, si wanita langsung membentur-benturkan kepalanya ke meja hingga bocor dan luka. Tidak dapat dipastikan apakah aksi yang ia lakukan benar-benar nyata atau rekayasa belaka.