Sukses

Cara Membuat Keripik Talas Renyah, Pedas, dan Tidak Gatal

Cara membuat keripik talas yang renyah dengan bumbu pedas tidaklah sulit.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat keripik talas bisa kamu praktikkan di rumah. Talas sendiri merupakan makanan yang termasuk ke dalam jenis tanaman umbi-umbian. Biasanya, talas dikonsumsi dengan cara dikukus ataupun dibuat camilan seperti keripik, kue, bahkan brownies.

Namun, keluhan yang sering terjadi saat mengolah talas adalah terkadang timbul rasa gatal pada mulut. Hal ini disebabkan karena talas mengandung kalsium oksalat yang memicu terjadinya rasa gatal tersebut. Oleh karena itu, pengolahannya patut diperhatikan agar kamu terhindar dari gatal.

Cara membuat keripik talas yang renyah dengan bumbu pedas tidaklah sulit. Kamu cukup menyiapkan talas dan berbagai rempah yang diperlukan, kemudian tinggal mengikuti langkah-langkah membuatnya dengan saksama. Kamu bisa menggunakan berbagai jenis bumbu yang disukai untuk keripik talas, seperti bumbu pedas, balado, asin, dan lain-lain.

Selain itu, dalam membuatnya kamu perlu memperhatikan tips membuat keripik talas agar tidak gatal. Pengolahannya harus diperhatikan sebelum kamu menggoreng dan membuatnya menjadi keripik. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (21/7/2021) tentang cara membuat keripik talas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips Mengolah Keripik Talas Agar Tidak Gatal

Sebelum mengenali resep atau cara membuat keripik talas yang renyah, kamu perlu mengetahui tips mengolahnya agar tidak gatal. Pertama-tama kamu tentunya harus memilih talas yang berkualitas dan masih segar, karena biasanya kadar kalsium oksalatnya lebih rendah.

Kamu bisa memilih umbi yang bertektur keras saat ditekan dan memperhatikan bintik hitam pada daging umbi. Semakin banyak bintik hitam di permukaan talas, artinya talas sudah lama disimpan.

Dalam mengolah talas, sebaiknya kamu menggunakan sarung tangan agar tidak terkena getahnya. Berikut beberapa tips mengolah talas agar tidak gatal:

Jemur talas

Cara membuat keripik talas agar tidak gatal yang pertama adalah dengan menjemurnya. Hal ini disebabkan karena sinar matahari akan membuat senyawa penyebab gatal ikut menguap.

Sebelum dijemur, kupas terlebih dahulu talas yang akan diolah kemudian jemur selama kurang lebih 2 jam. Tekstur talas akan kering dan kurang sedap saat disantap jika terlalu lama dijemur.

Cuci beberapa kali

Tips mengolah keripik talas selanjutnya adalah mencucinya beberapa kali di air mengalir. Caranya mudah saja, gosok pelan permukaan talas yang telah dikupas hingga getahnya benar-benar hilang saat dicuci. Cuci beberapa kali sampai air rendaman talas tidak berubah menjadi keruh.

Rendam dengan air garam

Cara membuat keripik talas agar tidak gatal berikutnya adalah merendamnya dengan air garam. Kamu bisa merendam talas dengan air hangat dan garam selama 30 menit sampai 1 jam. Garam yang mengandung natrium dapat mengangkat kalsium oksalat pada talas dan sekaligus menambah rasa gurih pada talas saat diolah nantinya.

Rebus talas

Selain merendamnya dengan air garam, tips mengolah keripik talas agar tidak gatal selanjutynya adalah merebusnya. Kamu cukup merebus talas selama lebih kurang 15 menit saja.

Setelah menerapkan cara membuat keripik talas agar tidak gatal di atas, kamu bisa segera memasaknya. Pada saat dipanaskan, rasa gatal pada talas dipercaya akan ikut menghilang. Jadi, sebaiknya masak talas hingga matang sempurna agar getah pada permukaan daging talas dapat menguap.

3 dari 3 halaman

Cara Membuat Keripik Talas Renyah dan Pedas

Cara membuat keripik talas yang renyah sebenarnya tidak begitu sulit. Asalkan talas sudah diolah dengan baik sebelumnya agar tidak gatal, maka cara membuat keripik talas ini akan membuat kamu puas dengan hasilnya.

Seperti Liputan6.com kutip dari Fimela, berikut cara membuat keripik talas renyah:

Bahan-bahan:

- 3 buah talas (kupas lalu potong korek api)

- 5 siung bawang putih 

- 1/4 sdt kunyit bubuk

- Garam (secukupnya)

- 1/2 sdt kapur sirih

- 500 ml air

- Minyak goreng secukupnya

- 1 sdm bawang putih bubuk, bumbu balado bubuk dan cabai bubuk

Cara membuat keripik talas renyah dan pedas:

1. Kupas talas, cuci hingga bersih dan potong-potong talas dengan bentuk panjang korek api atau bisa juga tipis-tipis.

2. Rendam talas yang telah dipotong ke dalam air yang telah diberi kapur sirih hingga 30 menit agar lendir di talas berkurang. 

3. Haluskan bawang putih dan campurkan bersama bubuk kunyit dan garam ke dalam sedikit air. 

4. Tiriskan talas di dalam air kapur lalu masukkan ke dalam air telah berisi bumbu, diamkan hingga 30 menit sebelum digoreng. 

5. Panaskan minyak lalu goreng talas yang telah dibumbui hingga kering. 

6. Angkat talas dan tiriskan, tunggu hingga talas dingin. 

7. Masukkan bumbu balado bubuk, cabai bubuk dan bawang putih bubuk. Campur bumbu dan talas hingga merata. 

8. Keripik talas siap disajikan atau disimpan dalam toples agar tetap renyah dan gurih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini