Sukses

8 Penyebab Biduran Malam Hari, Kenali Pemicunya

Biduran malam hari bisa mengganggu tidur.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab biduran malam hari bisa mengganggu tidur. Biduran adalah kondisi ruam kulit merah dengan bentol dan disertai rasa gatal. Dalam kebanyakan kasus, biduran disebabkan oleh reaksi alergi terhadap obat atau makanan atau reaksi terhadap iritasi di lingkungan.

Biduran bisa terjadi atau lebih terasa parah di malam hari. Penyebab biduran malam hari ini tentunya bisa menurunkan kualitas tidur. Banyak penderita biduran lebih terganggu oleh rasa gatalnya di malam hari.

Penyebab biduran malam hari sama seperti penyebab biduran secara umum. Penyebab biduran malam hari juga bisa dipicu oleh reaksi alami tubuh. Beberapa faktor bisa meningkatkan penyebab biduran di malam hari. Jika biduran tak kunjung hilang dan terus terjadi pada malam hari, penting memeriksakannya ke dokter.

Berikut penyebab biduran malam hari, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(21/07/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Reaksi alami tubuh

Bagi kebanyakan orang, mekanisme alami bisa menjadi penyebab gatal dan biduran malam hari. Fungsi kulit seperti pengaturan suhu, keseimbangan cairan, dan perlindungan penghalang berubah di malam hari. Misalnya, suhu tubuh dan aliran darah ke kulit meningkat di malam hari, menghangatkan kulit. Biduran bisa dipicu oleh kenaikan suhu.

Perubahan hormon juga berperan dalam penyebab biduran malam hari. Pada malam hari, tubuh melepaskan lebih banyak sitokin, yang meningkatkan peradangan. Sementara itu, produksi kortikosteroid – hormon yang mengurangi peradangan – melambat.

3 dari 9 halaman

Reaksi alergi

Salah satu penyebab utama biduran adalah reaksi alergi. Penyebab biduran malam hari kadang dipicu oleh alergen. Alergen adalah sesuatu yang menghasilkan reaksi alergi. Ketika reaksi alergi terjadi, tubuh melepaskan protein yang disebut histamin. Ketika histamin dilepaskan, pembuluh darah kecil yang dikenal sebagai kapiler bocor. Cairan menumpuk di kulit dan menyebabkan ruam.

Orang yang memiliki alergi lebih mungkin mengalami biduran. Alergen biasanya berupa makanan, bulu hewan, serbuk sari, tungau, atau obat-obatan. Kasus biduran ringan yang disebabkan oleh alergi biasanya diobati dengan obat alergi jangka panjang atau pendek dan menghindari pemicunya.

4 dari 9 halaman

Makanan

Mengonsumsi makanan tertentu sebelum tidur bisa jadi penyebab biduran malam hari. Orang yang memiliki alergi makanan bisa mengalami biduran di malam hari jika sebelumnya mengonsumsi makanan alergen. Memilih makanan yang tepat, dan tanpa pengawet bisa menjadi solusi mengurangi resiko biduran di malam hari.

Makanan tertentu bisa jadi alergen pada orang yang memiliki reaksi alergi. Makanan paling umum yang menyebabkan biduran adalah kacang-kacangan, cokelat, ikan, tomat, telur, buah beri segar, kedelai, gandum, dan susu. Makanan segar menyebabkan biduran lebih sering daripada makanan yang dimasak. Aditif dan pengawet makanan tertentu juga bisa menjadi penyebab biduran.

5 dari 9 halaman

Obat-obatan

Obat-obatan, termasuk beberapa antibiotik dan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) bisa menjadi penyebab biduran malam hari. Obat-obatan seperti aspirin, ibuprofen, ACE inhibitors, dan obat pereda rasa sakit semacam kodein, harus diperhatikan pemakaiannya karena dapat menyebabkan biduran.

Jika Anda mengonsumsi obat-obatan ini di malam hari, biduran bisa saja terjadi. Biduran sering terjadi dalam waktu satu jam setelah minum obat. Biduran akibat konsumsi bahan kimia dalam makanan dan obat-obatan, dapat digolongkan dalam jenis biduran akut atau acute urticarial.

6 dari 9 halaman

Serangga

Serangga dapat menjadi penyebab biduran malam hari. Kebersihan tempat tidur yang buruk atau kondisi kamar yang kotor bisa mengundang serangga datang. Serangga yang bisa menyebabkan biduran seperti semut, ulat bulu, tungau, kutu, kecoa, dan kotorannya.

Oleh sebab itu, sebelum beranjak tidur penting memeriksa keadaan di sekitar tempat tidur untuk mengurangi resiko adanya serangga pengganggu. Selain itu, menjaga kebersihan diri menjadi solusi mencegah biduran di malam hari.

7 dari 9 halaman

Suhu panas

Suhu panas pada malam hari bisa menjadi penyebab biduran malam hari. Pada beberapa orang, kenaikan suhu dapat menghasilkan histamin kimia, mirip dengan apa yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh melawan alergi. Histamin melebarkan pembuluh darah dan menyebabkan pembengkakan.

Biduran yang disebabkan suhu panas berbeda dengan biang keringat. Biduran ditandai dengan gatal-gatal atau pembengkakan lebih dalam di kulit, sedangkan ruam biang keringat terdiri dari bintik-bintik merah kecil di daerah yang terkena.

8 dari 9 halaman

Suhu dingin

Pada malam hari, suhu dingin bisa sangat terasa. Ini juga bisa menjadi penyebab biduran malam hari. Kondisi ini sering terjadi pada orang yang memiliki alergi dingin.

Biduran yang disebabkan suhu dingin disebut dengan Urtikaria dingin atau cold urticaria. Ini adalah reaksi kulit terhadap dingin yang muncul dalam beberapa menit setelah paparan dingin. Kulit yang terkena mengembangkan kemerahan dan gatal. Urtikaria dingin paling sering terjadi pada orang dewasa muda.

9 dari 9 halaman

Pakaian ketat

Gesekan dan tekanan, yang disebabkan oleh pakaian ketat bisa menjadi penyebab biduran malam hari. Pastikan untuk menghindari pakaian ketat saat tidur. Pilihlah untuk mengenakan pakaian yang longgar. Pilih juga pakaian yang terbuat dari katun agar kulit mudah untuk bernapas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini