Sukses

11 Penyebab Ketombe di Kepala dan Cara Mengatasinya Secara Alami

Liputan6.com, Jakarta Penyebab ketombe di kepala dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Mulai dari gaya hidup sehari-hari, hingga perawatan kulit kepala dan rambut yang tidak tepat bisa menjadi penyebab ketombe muncul. Masalah pada rambut dan kulit kepala satu ini memang sangat menyebalkan.

Ketombe atau Pityriasis simplex capillitti merupakan kulit kepala yang mati dan mengering hingga terkelupas. Ketombe biasanya menyebabkan kulit kepala gatal-gatal dan rambut rontok. Apalagi, serpihan kulit kepala berwarna putih atau keabu-abuan ini juga sering kali berjatuhan ke bahu, membuat kamu tidak percaya diri.

Oleh karena itu, penyebab ketombe di kepala perlu kamu perhatikan supaya bisa melakukan perawatan yang tepat. Selain menggunakan sampo anti ketombe, penggunaan bahan-bahan alami untuk perawatan kulit kepala dan rambut juga bisa dilakukan.

Bahan alami tersebut membantu mencegah dan juga mengatasi ketombe dengan cepat dan aman. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (22/7/2021) tentang penyebab ketombe.

2 dari 5 halaman

Penyebab Ketombe di Kepala

- Kebiasaan keramas. Setidaknya cuci rambut tiga hari sekali saja. Sebab, waktu keramas juga memiliki dampak terhadap munculnya ketombe. Umumnya dermatolog tak akan menyarankan kamu untuk keramas setiap hari, karena hal ini akan menghilangkan minyak alami rambut dan membuat kulit kepala iritasi.

- Stres. Tidak hanya menyebabkan rambut rontok parah, stres yang kamu alami dapat menjadi penyebab ketombe parah. Sebagai cara menghilangkan ketombe dengan cepat, penuhi kebutuhan tidur sebanyak 8 jam dan lakukan rileksasi atau pemijatan, untuk membuat badan dan pikiran terasa segar.

- Malas menyisir rambut. Sisir rambut setiap hari dengan benar. Rajin menyisir rambut tidak hanya membuat rambut tetap lembut, tetapi membersihkan rambut dari kotoran dan serpihan kulit kepala yang mengering.

- Cuaca. Faktor luar yang memengaruhi datangnya ketombe adalah cuaca. Jika memang cuaca sedang begitu terik, coba dinginkan bagian tubuh dan kepala agar ketombe tak mudah datang. Panas di kepala karena penggunaan hair dryer atau kerudung, hingga kepala yang kepanasan juga bisa bikin sel kulit cepat mati dan berubah menjadi ketombe. Jadi kurangi penggunaan hair dryer atau gunakan bahan kerudung yang lebih nyaman untuk mencegah ketombe.

- Pemilihan sampo yang kurang tepat. Penyebab ketombe yang paling umum adalah pemilihan sampo yang kurang tepat. Jika tidak ditangani dengan tepat, akan terjadi penumpukan sel-sel kulit yang mati dan kering. Akibatnya, kamu mengalami ketombe parah dalam waktu yang lama. Pemilihan sampo yang kurang tepat menjadikan kulit kepala menjadi kering dan terkelupas akibat minyak berlebih. Ketombe adalah pertumbuhan jamur yang berlebih dan jamur memakan kelebihan minyak dan sel kulit mati. Sel kulit mati kemudian menggumpal dan menjadi serpihan ketombe.

3 dari 5 halaman

Penyebab Ketombe di Kepala

Pola dan kebiasaan makan. Pola makan yang baik merupakan kunci untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Sebagai cara alami menghilangkan ketombe, coba masukkan sayuran dan buah-buahan segar. Tidak hanya mengatasi ketombe, cara ini juga menjadi cara merawat rambut rontok.

Rambut dan kulit kepala kotor. Tidak hanya itu, kulit kepala yang kotor juga merupakan salah satu penyebab ketombe parah. Sel-sel kulit mati yang menumpuk di kulit kepala, akan mengering dan berjatuhan dalam bentuk serpihan putih. Selain itu, kondisi rambut yang kotor merupakan lingkungan yang baik bagi bakteri dan jamur penyebab ketombe. Hindari dengan rutin keramas untuk menjaga kulit kepala tetap bersih.

Yeast sensitivity. Alergi pada yeast atau mengalami ketombe parah saat cuaca dingin memang sulit dihindari. Bagi yang memiliki alergi ini, tentu harus lebih mewaspadai dan pandai membaca cuaca dan produk perawatan rambutnya. Pada cuaca yang dingin, biasanya pertumbuhan jamur di kulit kepala akan lebih subur.

Seborrheic dermatitis. Seborrheic dermatitis ditandai dengan gatal-gatal dan iritasi pada kulit kepala. Kondisi ini dipengaruhi oleh produksi minyak di kulit kepala yang berlebihan. Kotoran dan sel kulit mati akan menyatu, hingga ketombe berkerak muncul di kulit kepala. Keramas secara rutin dan menghindari polusi bisa dijadikan solusinya.

Malassezia. Setiap orang memiliki Malassezia, jenis jamur yang hidup di permukaan kulit yang memakan sel-sel kulit mati dan minyak di kulit kepala. Walaupun sebenarnya membantu, kelebihan minyak, kotoran, dan tumpukan kulit mati di kulit kepala dapat memicu perkembangannya dan menjadi penyebab ketombe. Sebagai cara ampuh menghilangkan ketombe, cuci rambut dengan shampo anti ketombe secara teratur, untuk mengendalikan populasi jamur ini.

Kondisi medis. Ada beberapa kondisi medis tertentu yang bisa menjadi penyebab ketombe. Misalnya saja seperti Parkinson dan penyakit neurologis lain. Penderita penyakit ini biasanya lebih rentan terhadap ketombe dan dermatitis seboroik. Menurut sebuah penelitian 30 dan 83 persen orang dengan HIV mengalami dermatitis seboroik. Jumlah ini setara dengan 3 hingga 5 persen pada populasi umumnya. Tak hanya HIV tetapi juga saat pemulihan penyakit jantung dan stroke.

4 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami

Lidah buaya. Gel lidah buaya mengandung beberapa senyawa bioaktif, seperti asam amino dan antioksidan yang dapat mengurangi ketombe. Lidah buaya dapat membantu mendinginkan kulit kepala yang gatal akibat ketombe. Gel lidah buaya dapat meningkatkan retensi kelembaban di kulit dan mempercepat penyembuhan luka. Sifat antibakteri dan antijamur lidah buaya juga dapat membantu melindungi dari ketombe.

Air lemon. Air lemon mengandung asam sitrat yang tinggi. Sampo atau agen berbasis asam sitrat dapat membantu menjaga keseimbangan pH kulit kepala. Ini dapat membantu mengurangi munculnya ketombe di kulit kepala.

Tea tree oil. Tea tree oil mengandung senyawa yang disebut terpinen-4-ol yang memiliki sifat antimikroba yang kuat. Menggunakan tea tree oil dapat membantu mengurangi ketombe dengan menekan pertumbuhan jamur dan bakteri di kulit kepala. Tea tree oil bisa diteteskan ke sampo dan digunakan untuk keramas seperti biasa. Pastikan untuk selalu mengencerkan tea tree oil terlebih dulu sebelum digunakan. Mengoleskan tea tree oil langsung ke kulit kepala dapat menyebabkan peradangan atau ruam.

Minyak kelapa. Efek pelembap dari minyak kelapa dapat membantu mengatasi ketombe dan kulit kering secara bersamaan. Minyak kelapa menembus ke bawah epidermis dan bertindak sebagai penghalang untuk membantu melindungi dari kekeringan dan peradangan lebih lanjut. Cukup mengoleskannya langsung ke kulit kepala dan sisir ke seluruh rambut. Biarkan selama beberapa menit untuk memastikan minyak meresap ke rambut dan kulit, lalu bilas hingga bersih.

Minyak zaitun. Minyak zaitun akan membantu melembapkan kulit kepala yang kering dan mengurangi pengelupasan kulit yang menjadi salah satu penyebab ketombe. Minyak zaitun juga memiliki sifat antioksidan dan antibakteri, menjadikannya pembersih rambut yang baik. Pijat minyak zaitun ke kulit kepala kering dan sisir rambut dari ketombe.

Minyak jarak. Minyak jarak memiliki sifat mengurangi peradangan. Minyak ini bisa efektif untuk ntuk ketombe yang disebabkan oleh dermatitis seboroik. Selain itu, mengoleskan minyak jarak ke kulit kepala akan membantu melembapkan kulit yang kering dan teriritasi dan dapat membantu mengurangi pengelupasan. Minyak jarak bisa diencerkan dengan minyak zaitun atau minyak almond. Aplikasikan minyak ini ke kulit kepala sambil dipijat ringan.

5 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Ketombe Secara Alami

Baby oil. Baby oil dapat membantu mencegah dan menghilangkan ketombe pada anak-anak dan orang dewasa. Baby oil cocok digunakan untuk masalah ketombe yang disebabkan oleh kulit jamur, ragi, atau kulit kepala kering. Baby oil bisa diaplikasikan langsung ke kulit kepala. Menggunakan baby oil sebagai pelembap mampu mengatasi kulit kepala kering penyebab ketombe.

Minyak serai. Minyak serai memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi ketombe. Seperti tea tree oil, minyak serai dapat menyebabkan iritasi atau reaksi alergi jika seseorang mengoleskannya langsung ke kulit. Minyak serai harus diencerkan terlebih dahulu atau dicampur dengan sampo atau kondisioner.

Minyak argan. Minyak argan memiliki sifat anti jamur yang membantu mengatasi ketombe yang disebabkan oleh jamur. Minyak argan memiliki sifat anti inflamasi dan antioksidan yang baik untuk kulit. Ini dapat membantu mencegah atau memperbaiki kondisi kulit kepala seperti psoriasis dan dermatitis seboroik. Minyak argan bisa diaplikasikan langsung ke kulit kepala, dicampur ke dalam masker rambut, sampo, atau kondisioner.

Minyak peppermint. Minyak peppermint efektif untuk membantu mengatasi masalah kulit kepala yang kering dan gatal. Sifat antiseptik dan anti-inflamasi membantu mengatasi ketombe. Efeknya yang mendinginkan kulit bisa menenangkan rasa gatal di kepala. Minyak peppermint bisa diaplikasikan bersama minyak kelapa ke kulit kepala sambil dipijat.

Minyak jojoba. Asam oleat dan vitamin E minyak jojoba membantu mencegah kulit kepala kering dan mengelupas. Ini menjadikannya obat alami yang baik untuk ketombe dan psoriasis pada kulit kepala. Minyak ini juga mampu memperkuat folikel rambut. Minyak jojoba bisa diaplikasikan langsung ke kulit atau dicampurkan pada sampo.

Selain itu, penyebab ketombe juga bisa kamu atasi dengan meminimalisir stres, memenuhi kebutuhan omega-3, dan mengonsumsi probiotik.