Sukses

10 Jenis Ikan Hias Kecil Air Tawar yang Mudah Dipelihara di Akuarium

Liputan6.com, Jakarta Jenis ikan hias kecil bisa menjadi peliharaan yang cantik dan menyenangkan. Bahkan, memelihara ikan hias juga memiliki banyak manfaat kesehatan seperti mengurangi stres dan menurunkan tekanan darah serta detak jantung.

Ikan hias adalah jenis ikan yang berhabitat di air tawar maupun di laut, yang dipelihara bukan untuk konsumsi melainkan untuk dipelihara. Ikan-ikan hias ini dipelihara untuk kesenangan, oleh karena itu bentuk, warna, ukuran, keserasian, dan kebiasaannya benar-benar harus diperhatikan.

Salah satu jenis ikan hias yang sering dipelihara adalah jenis ikan hias air tawar. Hal ini disebabkan karena sebagian besar jenis ikan hias air tawar mudah dirawat serta membawa keindahan dan warna di rumah.

Faktanya, hampir 75% pasokan ikan hias air tawar di dunia berasal dari Indonesia, dan sekurang-kurangnya 363 jenis ikan hias air tawar dari Indonesia telah diekspor ke berbagai negara di dunia.

Ikan hias air tawar yang paling sering dipelihara adalah jenis ikan hias air tawar kecil. Ukurannya yang kecil membuat jenis ikan hias air tawar ini terlihat indah jika ditaruh di dalam ruangan. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (22/7/2021) tentang jenis ikan hias kecil.

2 dari 6 halaman

Jenis Ikan Hias Kecil

Ikan Mas Koki

Ikan mas koki atau Carassius auratus adalah jenis ikan hias kecil yang hidup di perairan dangkal dengan aliran air yang tenang dan berudara sejuk. Ikan mas koki memiliki mata yang besar dan agak menonjol keluar, warna sisik bervariasi dari putih, metalik, merah, kuning, merah kekuningan, hijau, hitam atau gabungan dari warna-warna tersebut. Warna-warna pada tubuh ikan mas koki ditentukan oleh kandungan pigmen dalam tubuhnya.

Mas koki dipercaya sebagai ikan keberuntungan yang memberikan energi positif. Biasanya delapan ikan Mas koki dipelihara dengan satu ikan hitam untuk membuang sial.

Memelihara dua ikan Mas koki akan memberikan keseimbangan dalam hubungan Anda dan pasangan. Selain aspek keberuntungannya, ikan Maskoki juga dianggap sebagai ikan yang paling cantik dan atraktif.

Ikan Platy

Ikan Platy memiliki bentuk tubuh yang mungil dan memiliki banyak sekali jenisnya. Ukurannya yang kecil dan sifatnya yang 'cinta damai', membuat banyak orang memilih jenis ikan hias kecil ini menjadi pilihan untuk dipelihara di akuarium.

Selain itu, jenis ikan hias kecil ini sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya dan juga cukup kebal dari serangan penyakit. Harga ikan platy juga sangat murah, yaitu sekitar Rp1.000 sampai 2.000-an saja.

3 dari 6 halaman

Jenis Ikan Hias Kecil

Cupang

Betta splendens atau di Indonesia lebih dikenal dengan nama ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan hias kecil yang dikenal keindahan siripnya. Spesies ikan ini rupanya telah dibudidayakan sejak tahun 1970. Meski memiliki daya tahan tubuh yang kuat, ikan cupang tidak mempunyai gigi tajam dan sisik yang kuat.

Pada tutup insangnya, terdapat 2 garis vertikal berwarna merah. Ikan cupang memiliki berbagai macam perpaduan warna, di antaranya adalah hitam, merah putih, kuning, ungu, dan biru.

Ikan ini juga biasa dipelihara sebagai ikan aduan. Salah satu jenis ikan hias kecil ini punya gerakan tubuh yang cukup agresif dan lebih suka menyerang ketika bertarung. Ikan ini juga dikenal memiliki umur yang panjang lho. Namun ikan ini merupakan ikan yang individualis dan tak dapat dicampur dengan ikan hias lain di satu akuarium.

Ikan Neon Tetra

Ikan Neon Tetra berasal dari Amerika Latin, tepatnya di Sungai Amazon. Ikan ini memiliki variasi warna biru terang dan putih perak yang menghiasi tubuhnya yang kecil. Ikan Neon Tetra lebih menarik dipelihara dalam jumlah yang banyak karena sifatnya yang berkoloni atau membentuk gerombolan. Ikan neon tetra merupakan ikan yang bersifat omnivora. Selain itu, jenis ikan hias kecil ini memiliki beberapa keluarga termasuk neon tetra albino, black neon, neon blue eyes dan fire neon.

4 dari 6 halaman

Jenis Ikan Hias Kecil

Gupi

Ikan gupi merupakan salah satu jenis ikan hias kecil yang banyak dipelihara. Ukuran dari ikan gupi ini relatif kecil. Seekor gupi yang paling besar hanya berukuran 3 cm. Pada dasarnya jenis gupi merupakan ikan liar yang dapat ditemui di selokan atau sungai. Namun jenis gupi hias berbeda dari guppy yang ada di sungai. Gupi hias memiliki bentuk dan warna fisik menarik.

Keindahan guppy dapat dilihat dari sirip dan ekornya yang merumbai panjang mirip cupang. Warna dari guppy cukup bervariasi. Gupi sangat mudah beradaptasi dan berkembang biak.Gupi adalah ikan asli Amerika Tengah dan Selatan, menyebar di Kep. Barbados, Trinidad dan Tobago, Guyana, Antillen Belanda, Kep. Virgin, Brazilia, dan Venezuela.

Ikan Molly

Ikan Molly sering juga disebut dengan ikan balon karena kebanyakan ikan molly memiliki perut yang buncit dan tubuh yang bundar. Jenis ikan hias kecil ini sangat cocok untuk dijadikan ikan hias akuarium karena sifatnya yang adaptif dan 'cinta damai' membuat ikan molly aman jika dicampur dengan ikan jenis lainnya. Selain itu, harga ikan molly juga sangat ramah di kantong, yaitu tidak sampai Rp5.000 per ekornya.

5 dari 6 halaman

Jenis Ikan Hias Kecil

Komet

Ikan Komet adalah salah satu jenis ikan hias kecil yang dapat dipelihara di rumah. Ikan ini cukup populer karena warna tubuhnya yang beraneka ragam dan gerak tubuhnya yang atraktif. Tak seperti cupang, ikan komet merupakan ikan yang cukup ramah. Ikan ini dapat beradaptasi di segala lingkungan dan hidup berdampingan bersama jenis ikan lain di akuarium.

Ikan Lemon

Ikan Lemon diberi nama demikian karena memiliki warna kuning terang seperti buah lemon. Ikan ini terlihat sangat cantik dengan warna kuning yang mencolok tersebut dipadu dengan warna hitam pada ujung sirip atas.

Jenis ikan hias kecil ini banyak sekali diburu para pencinta ikan hias untuk dijadikan koleksi peliharaan di akuarium. Namun, perlu hati-hati jika mencampur ikan ini dengan jenis ikan lain, karena ikan lemon bersifat agresif.

6 dari 6 halaman

Jenis Ikan Hias Kecil

Ikan Zebra Danio

Danios Zebra atau yang biasa dikenal dengan nama ikan zebra ini merupakan jenis ikan hias kecil yang unik. Memiliki warna yang menyerupai kulit zebra dan memiliki panjang maksimal 7 sentimeter. Ikan ini hidup dengan habitat kawanan yang banyak.

Apabila berkeinginan memelihara ikan ini disarankan membelinya paling sedikit 5 ekor. Hal ini untuk mengantisipasi stres pada ikan yang mengakibatkan ikan ini mati. Ikan ini juga cukup mahir melompat. Jadi pastikan memasang penutup untuk menghalau ikan zebra keluar dari akuariumnya.

Ikan Manfish

Ikan Manfish adalah jenis ikan hias kecil yang termasuk dalam keluarga Chiclidae. Ikan ini memiliki warna yang cantik namun elegan. Ikan ini biasanya makan makanan seperti larva nyamuk, cacing tubifeks atau chironomous.