Sukses

20 Macam Bunga Anggrek dan Harganya, Pahami Karakteristik

Liputan6.com, Jakarta Macam bunga anggrek dikenal melambangkan kemewahan, cinta, dan keindahan. Di Indonesia, macam bunga anggrek dikatakan oleh para Ilmuwan ada lebih dari lima ribu spesies asli. Nah, dua puluh di antaranya cocok dibudidayakan para kolektornya. 

Memiliki sifat endemik, inilah mengapa macam bunga anggrek begitu istimewa dan selalu banyak peminatnya. Dari lima ribu spesies macam bunga anggrek, sekitar 986 spesies tersebar di hutan pulau Jawa, 971 spesies berada di Sumatera, 113 spesies tumbuh di Maluku, dan sisanya dapat ditemukan di Sutawesi, Papua, Nusa Tenggara, serta Kalimantan.

Jumlah spesies macam bunga anggrek tersebut diperkirakan dua kali lipat dari jumlah spesies burung dan empat kali jumlah spesies mamalia. Itu terdiri antara enam dan sebelas persen tanaman biji. Agar lebih memahami, berikut Liputan6.com ulas macam bunga anggrek dan harganya dari berbagai sumber, Jumat (23/7/2021).

2 dari 5 halaman

Macam Bunga Anggrek dan Harganya

1. Macam Bunga Anggrek Kebutan

Anggrek Kebutan atau Ascocentrum miniatum banyak ditemukan di Laos, Thailand, Vietnam, Jawa, Malaysia, Filipina, dan Sumatra. Macam bunga anggrek kebutan memiliki kelopak bunga berwarna oranye cerah. Bunganya tergolong berukuran kecil dan bergerombol. Di Indonesia macam-macam bunga anggrek masih dilindungi.

Harga macam bunga anggrek ini: Rp 45 ribuan

2. Macam Bunga Anggrek Hartinah

Anggrek ini dinamai sesuai dengan nama ibu negara Tien Soeharto atas jasa di dunia budidaya anggrek di Indonesia. Macam bunga anggrek Hartinah atau Cymbidium hartinahianum tumbuh Sumatera Utara dan pertama kali ditemukan pada 1976 silam. Macam bunga anggrek ini berwarna kuning hingga kecoklatan dan dan kelopaknya berbentuk bintang.

Harga macam bunga anggrek ini: Rp 70 ribuan

3. Macam Bunga Anggrek Jamrud

Anggrek Jamrud atau Dendrobium macrophyllum adalah macam bunga anggrek yang tersebar di pulau Jawa. Anggrek ini masih termasuk macam-macam bunga anggrek yang langka. Macam bunga anggrek ini memiliki diameter 2 sampai 5 sentimeter dan berwarna hijau hingga kekuningan.

Harga macam bunga anggrek ini: Rp 135 ribuan

4. Macam Bunga Anggrek Tebu

Anggrek tebu merupakan macam bunga anggrek terbesar dari macam-macam bunga anggrek lainnya. Ketinggian anggrek ini bisa mencapai 3 meter. Batangnya menyerupai batang tebu. Macam bunga anggrek tebu atau Grammatophyllum speciosum memiliki kelopak berwarna kuning dengan totol-totol ungu gelap menyerupai macan.

Harga macam bunga anggrek ini: Rp 100 hingga 200 ribuan

5. Macam Bunga Anggrek Kantung Kolopaking

Anggrek kantung kolopaking atau Paphiopedilum kolopakingii Fowlie adalah anggrek endemik Kalimantan Tengah. Macam bunga anggrek ini memiliki bentuk bunga yang unik karena berbentuk kantung dan berwarna putih kehijauan dengan semburat coklat kemerahan.

Harga macam bunga anggrek ini: Rp 10 ribuan untuk benih

3 dari 5 halaman

Macam Bunga Anggrek dan Harganya

6. Macam Bunga Anggrek Monyet

Anggrek monyet atau Dracula Simia memiliki kelopak cokelat mirip dengan wajah monyet. Macam bunga anggrek ini memiliki habitat pada ketinggian 2000 meter, dengan suhu 27° celcius.

Harga macam bunga anggrek ini: Rp 50 hingga 150 ribuan

7. Macam Bunga Anggrek Ki Aksara

Anggrek Ki Aksara memiliki bunga berwarna hijau dengan corak seperti kilatan kecil. Macam bunga anggrek ini terbilang mungil namun tetap banyak diburu para pecinta anggrek.

Harga macam bunga anggrek ini: Rp 17 hingga 20 ribuan

8. Macam Bunga Bulan Bintang

Selain anggrek bulan, macam bunga anggrek yang populer di Indonesia lainnya adalah Anggrek Bulan Bintang. Anggrek ini memiliki lima kelopak mirip bintang dan bagian tengahnya terdapat kelopak tambahan berbentuk bulan. Warnanya berwarna putih dengan corak kekuningan hingga kecoklatan. Anggrek Bulan Bintang berasal dari Pulau Kalimantan.

 Harga macam bunga anggrek ini: Rp 30 ribuan untuk benih

9. Macam Bunga Anggrek Cattleya

macam bunga anggrek dengan warna kelopak yang cantik dan mencolok mata, yaitu anggrek cattleya. Anggrek cattleya berasal dari Kosta Rika Amerika Tengah, macam bunga anggrek ini tidak menyukai penyinaran matahari yang berlangsung sepanjang hari. Cattleya memiliki beragam jenis warna dari kuning hingga keunguan.

Harga macam bunga anggrek ini: Rp 50 hingga 150 ribuan

10. Macam Bunga Anggrek Dedrobium Iriana Jokowi 

Anggrek Dedrobium Iriana Jokowi merupakan macam bunga anggrek hasil persilangan Dendrobium Christabella dan Dendrobium Haldis Morterud. Memiliki warna kelopak kemerahan hingga ungu muda, nama Istri Presiden Jokowi ini resmi menjadi nama bunga anggrek tersebut saat kunjungan ke Singapore Botanic Gardens. Macam bunga anggrek ini mulai berbunga di Kebun Raya Bogor pada Agustus 2016.

Harga macam bunga anggrek ini: Rp 40 hingga 80 ribuan

4 dari 5 halaman

Macam Bunga Anggrek dan Harganya

11. Macam Bunga Anggrek Vanda Douglas

Anggrek Vanda Douglas merupakan macam bunga anggrek yang menjadi ikon kota Tanggerang Selatan. Warnanya yang keunguan sangat indah apabila di tanam untuk perkotaan.

Harga macam bunga anggrek ini: Rp 10 hingga 50 ribuan

12. Macam Bunga Anggrek Papua Paphiopedilum

Anggrek Papua Paphiopedilum merupakan salah satu macam bunga anggrek yang sangat dilindungi. Terdapat tiga spesies anggrek yang dilindungi di kawasan Papua. Macam bunga anggrek tersebut antara lain, yaitu Paphiopedilum glanduliferum, Paphiopedilum wilhelminae, dan Paphiopedilum violascens. Anggrek ini dikenal memiliki kelopak berbentuk kantung dengan bunga yang cantik, unik, besar dan usia mekar yang cukup lama.

Harga macam bunga anggrek ini: Rp 20 ribu hingga 1 jutaan

13. Macam Bunga Anggrek Pandan

Anggrek Pandan banyak ditemukan di Sumatera dan Kalimantan. Di Kalimantan macam bunga anggrek ini dikenal dengan nama sakat lidah ulang tedung. Macam bunga anggrek ini memiliki daun yang memanjang menyerupai daun pandan.

Harga macam bunga anggrek ini: Rp 90 ribuan

14. Macam Bunga Anggrek Pensil

Anggrek Pensil atau Papilionanthe hookeriana memiliki bentuk yang unik dan cukup rumit. Habitat macam bunga anggrek pensil berada di rawa-rawa dan biasa menumpang pada bunga bakung. Anggrek Pensil bisa ditemukan di Bengkulu. Anggrek pensil termasuk jenis yang hampir punah di Indonesia. Macam bunga anggrek ini pada tahun 1882 dinobatkan sebagai Ratu Anggrek.

Harga macam bunga anggrek ini: Rp 10 hingga 50 ribuan

15. Macam Bunga Anggrek Jingga

Sesuai namanya, macam bunga anggrek ini memiliki warna jingga yang cerah. Kelopak macam bunga anggrek jingga memiliki motif tutul kecokelatan yang indah. Bunganya biasa berukuran kecil.

Harga macam bunga anggrek ini: Rp 40 hingga 90 ribuan

5 dari 5 halaman

Macam Bunga Anggrek dan Harganya

16. Macam Bunga Anggrek Larat

Anggrek Larat merupakan salah satu macam-macam bunga anggrek yang berasal dari Pulau Larat, Maluku. Pemilik nama latin Dendrobium phalaenopsis memiliki kelopak berwarna ungu yang indah.

Harga macam bunga anggrek ini: Rp 10 hingga 45 ribuan

17. Macam Bunga Anggrek Kasut Kumis

Anggrek Kasut kumis atau Paphiopedilum chamberlainianum merupakan salah satu macam bunga anggrek dengan kelopak berkantong. Sama seperti jenis Paphiopedilum yang ada di Papua, Anggrek Kasut Kumis juga termasuk anggrek yang dilindungi.

Harga macam bunga anggrek ini: Rp 20 hingga 50 ribuan

18. Macam Bunga Anggrek Selop

Anggrek selop atau Paphiopedilum glaucophyllum adalah macam bunga anggrek yang banyak dijumpai di Jawa Timur. Habitat asli jenis anggrek ini yaitu di lereng Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur. Bentuk bunga ini cukup unik karena menyerupai kantung semar dan sepatu selop. Memiliki warna ungu dan totol pada bibir bunganya, menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta macam bunga anggrek.

Harga macam bunga anggrek ini: Rp 20 hingga 30 ribuan

19. Macam Bunga Anggrek Sendok

Anggrek Sendok memiliki kelopak lebar mirip dengan sendok. Macam bunga anggrek ini memiliki warna kuning cerah yang cantik. Di bagian terngah terdapat lidah yang menjulur seperti sendok.

Harga macam bunga anggrek ini: Rp 3 hingga 300 ribuan

20. Macam Bunga Anggrek Serat

Anggrek Serat merupakan anggrek endemik Sulawesi Tenggara dan menjadi ikon provinsi tersebut. Macam bunga anggrek ini memiliki kelopak putih kecil memanjang menyerupai serat. Selain itu, macam bunga anggrek ini memiliki umbi yang mengandung serat. Serat ini biasanya digunakan masyarakat sekitar untuk membuat anyaman.

Harga macam bunga anggrek ini: Rp 20 ribuan