Sukses

Penyebab Diabetes Tipe 2 dan Faktor Riskonya, Tak Boleh Diabaikan

Liputan6.com, Jakarta Penyebab diabetes tak boleh diabaikan. Diabetes termasuk penyakit kronik yang cukup banyak ditemui. Penyebab diabetes tipe 2 bisa menyebabkan kebutaan, gagal ginjal, serangan jantung, stroke dan amputasi anggota tubuh bagian bawah.

Pada 2020, Indonesia menempati urutan ke-7 dari 10 negara dengan jumlah pasien diabetes tertinggi. WHO bahkan mengestimasikan angka kejadian diabetes di Indonesia akan melonjak drastis menjadi 21,3 juta jiwa pada 2030. Ini membuat penyebab diabetes penting diketahui.

Jenis diabetes yang paling banyak ditemukan adalah diabetes tipe 2. Menurut Kemenkes, 90% dari total kasus diabetes merupakan diabetes tipe 2. Penyebab diabetes tipe 2 bisa dipicu oleh sejumlah faktor. Selain genetik, penyebab diabetes tipe 2 juga bisa dipicu oleh gaya hidup yang buruk.

Ini membuat penyebab diabetes tipe 2 sebenarnya bisa dihindari. Berikut penyebab diabetes tipe 2 dan faktor risikonya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (23/7/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Penyebab diabetes tipe 2

Penyebab diabetes tipe 2 terjadi ketika tubuh menjadi resisten terhadap insulin, dan gula menumpuk di dalam darah. Ada dua masalah terkait yang menjadi penyebab utama diabetes tipe 2. Pertama, pankreas tidak dapat memproduksi insulin yang cukup untuk mengatur kadar gula darah. Kedua, sel-sel di otot, lemak dan hati menjadi resisten terhadap insulin. Karena sel-sel ini tidak berinteraksi secara normal dengan insulin, mereka tidak menerima cukup gula.

Seiring waktu, ini dapat merusak sel-sel di pankreas. Akhirnya, pankreas mungkin tidak dapat menghasilkan insulin apa pun. Jika tidak menghasilkan insulin yang cukup atau jika tubuh tidak menggunakannya secara efisien, glukosa menumpuk di dalam aliran darah. Ini membuat sel-sel tubuh kekurangan energi.

Diabetes tipe 2 yang tidak terkontrol dapat menyebabkan kadar glukosa darah tinggi secara kronis, menyebabkan beberapa gejala dan berpotensi menyebabkan komplikasi serius.

3 dari 8 halaman

Faktor penyebab diabetes tipe 2

Riwayat keluarga

Risiko diabetes tipe 2 meningkat jika orang tua atau saudara menderita diabetes tipe 2. Jika memiliki saudara laki - laki, saudara perempuan, atau orang tua yang menderita diabetes tipe 2, diabetes rentan menyerang.

Usia

Penyebab diabetes tipe 2 bisa terjadi pada usia berapapun. Tapi, risiko diabetes tipe 2 meningkat seiring bertambahnya usia. Risiko akan sangat tinggi setelah mencapai usia 45 tahun.

4 dari 8 halaman

Faktor penyebab diabetes tipe 2

Etnis

Meskipun tidak jelas mengapa, orang-orang dari ras dan etnis tertentu bisa memiliki risiko penyebab diabetes lebih tinggi. Ini meliputi orang kulit hitam, Hispanik, penduduk asli Amerika dan Asia, dan penduduk Kepulauan Pasifik.

Bera badan

Kelebihan berat badan atau obesitas adalah risiko utama diabetes. Kelebihan berat badan berarti memiliki lebih banyak jaringan lemak. Ini membuat sel-sel lebih resisten terhadap insulin. Lemak ekstra di perut meningkatkan risiko lebih dari lemak ekstra di pinggul dan paha. Kelebihan berat badan meningkatkan risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan stroke. Hal ini juga dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, kolesterol tidak sehat, dan glukosa darah tinggi.

5 dari 8 halaman

Faktor penyebab diabetes tipe 2

Tidak aktif secara fisik

Semakin kurang aktif seseorang, semakin besar risiko penyebab diabetes tipe 2. Aktivitas fisik membantu mengontrol berat badan, menggunakan glukosa sebagai energi dan membuat sel-sel lebih sensitif terhadap insulin.

Kolesterol dan trigliserida tinggi

Kolesterol tinggi juga dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2. Peningkatan risiko dikaitkan dengan rendahnya kadar kolesterol baik dan meningkatnya kadar kolesterol buruk. Kadar trigliserida yang tinggi juga memicu kondisi ini.

6 dari 8 halaman

Faktor penyebab diabetes tipe 2

Makanan

Konsumsi makanan olahan, junk food, dan makanan tinggi gula bisa meningkatkan risiko diabetes. Makanan berlebihan juga bisa menyebabkan kenaikan berat badan yang merupakan faktor utama penyebab diabetes tipe 2.

Pradiabetes

Pradiabetes adalah suatu kondisi di mana kadar gula darah lebih tinggi dari biasanya, tetapi tidak cukup tinggi untuk diklasifikasikan sebagai diabetes. Orang yang memiliki pradiabetes cenderung bisa meningkat risiko penyebab diabetes. Jika tidak diobati, pradiabetes sering berkembang menjadi diabetes tipe 2.

7 dari 8 halaman

Faktor penyebab diabetes tipe 2

Wanita dengan PCOS

Wanita yang memiliki kondisi yang disebut sindrom ovarium polikistik (PCOS) berada pada peningkatan risiko penyebab diabetes. PCOS merupakan kondisi umum yang ditandai dengan periode menstruasi yang tidak teratur, pertumbuhan rambut berlebih, dan obesitas.

Risiko terkait kehamilan

Risiko wanita terkena diabetes tipe 2 meningkat jika menderita diabetes gestasional saat hamil atau jika melahirkan bayi dengan berat lebih dari 4 kilogram.

8 dari 8 halaman

Komplikasi diabetes

Penyakit kardiovaskular

Dari semua komplikasi diabetes, penyakit kardiovaskular adalah salah satu yang paling mungkin berakibat fatal. Kadar glukosa darah yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada semua bagian sistem kardiovaskular. Ini membuat diabetes sangat terkait dengan penyakit kardiovaskular seperti darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke.

Neuropati diabetes

Neuropati diabetes adalah komplikasi serius dan umum dari diabetes tipe 1 dan tipe 2. Neuropati terjadi ketika kadar lemak atau gula yang tinggi dalam darah merusak saraf di tubuh. Ini dapat mempengaruhi hampir semua saraf di tubuh, dengan berbagai gejala. Neuropati diabetes bisa memengaruhi sistem saraf ginjal, penglihatan, pencernaan, hingga reproduksi.

Ketoasidosis diabetik

Ketoasidosis diabetik adalah komplikasi diabetes akut yang mengancam jiwa. Kondisi ini terjadi ketika tubuh tidak dapat menggunakan glukosa untuk energi, sehingga lemak mulai rusak. Saat ini terjadi, tubuh melepaskan bahan kimia yang dikenal sebagai keton. Kadar keton yang tinggi bisa membuat darah menjadi terlalu asam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini