Sukses

15 Macam Kelompok Sosial dalam Masyarakat, Ketahui Lebih Dalam

Liputan6.com, Jakarta Macam kelompok sosial membentuk sebuah ekosistem dalam masyarakat. Dalam ilmu sosial, kelompok sosial adalah dua atau lebih manusia yang berinteraksi satu sama lain, memiliki kesamaan karakteristik, dan memiliki rasa kesatuan kolektif. Macam kelompok sosial mencakup kelompok dari semua ukuran, dari diad hingga seluruh masyarakat.

Macam kelompok sosial memiliki ragam bentuk dan kepentingan. Suatu masyarakat dapat dipandang sebagai kelompok besar, meskipun sebagian besar kelompok sosial jauh lebih kecil. Macam kelompok sosial ditandai dengan adanya hubungan dan komunikasi antar individu.

Macam kelompok sosial menunjukkan beberapa tingkat kohesi sosial dan lebih dari kumpulan sederhana atau kumpulan individu. Secara garis besar, macam kelompok sosial dibagi menjadi dua, kelompok sosial teratur dan tidak teratur. Berikut macam kelompok sosial, dirangkum Liputan6.com dari e-Modul Sosiologi, Kemendikbud 2019, Jumat (23/07/2021).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 8 halaman

Macam kelompok sosial teratur

Kelompok primer

Kelompok primer merujuk pada macam kelompok sosial kecil yang memiliki ciri bersifat intimitas, asosiasi tatap muka, dan kerja sama. Kelompok primer merupakan kelompok yang anggota-anggotanya sering berhadapan muka dan saling mengenal dari dekat. Karena itu hubungan dalam kelompok primer lebih erat.

Kelompok sekunder

Kelompok sekunder merujuk pada sebuah kelompok formal imersonal yang memiliki sedikit kedekatan sosial. Interaksi dalam kelompok sekunder terdiri atas saling hubungan yang tidak langsung dan kurang bersifat kekeluargaan. Hubungan-hubungan kelompok skunder biasanya lebih bersifat objektif. Peranan atau fungsi kelompok sekunder dalam kehidupan manusia adalah untuk mencapai tujuan tertentu dalam masyarakat dengan bersama, secara objektif dan rasional.

3 dari 8 halaman

Macam kelompok sosial teratur

Kelompok dalam (In-Group)

Kelompok dalam merupakan macam kelompok sosial dengan bentuk kesadaran seseorang tentang identitas dirinya dalam suatu kelompok, misalnya keluargaku, negaraku, dan profesiku. Kata "ku" dalam pernyataan tersebut menunjukan seseorang merasa menjadi bagian dalam kelompok tersebut.

Kelompok luar (Out-Group)

Pada kelompok luar seseorang dapat merasa bahwa dirinya bukan bagian dari suatu kelompok. Out-group dapat berubah in-group karena adanya kontak dan komunikasi yang memungkinkan interaksi sosial antar kelompok atau antar individu terjalin dengan baik sehingga muncul rasa simpati.

4 dari 8 halaman

Macam kelompok sosial teratur

Kelompok formal

Kelompok formal adalah macam kelompok sosial yang mempunyai peraturan yang tegas dan sengaja diciptakan oleh angota-anggotanya untuk mengatur hubungan antara anggota-angotanya. Hubungan antar anggota berlangsung secara terkoordinasi melalui usaha-usaha untuk mencapai tujuan berdasarkan bagian-bagian organisasi yang bersifat spesialisasi. Kegiatannya didasarkan pada aturan-aturan yang sebelumnya sudah ditentukan.

Kelompok informal

Kelompok informal adalah suatu kelompok yang tumbuh dari proses interaksi, daya tarik, dan kebutuhan-kebutuhan seseorang. Keanggotan kelompok biasanya tidak teratur dan keanggotaan ditentukan oleh daya tarik bersama dari individu dan kelompok. Dalam kelompok ini terjadi pembagian tugas yang jelas tapi bersifat informal dan hanya berdasarkan kekeluargaan dan simpati.

5 dari 8 halaman

Macam kelompok sosial teratur

Paguyuban (gemeinschaft)

Macam kelompok sosial selanjutnya adalah paguyuban. Paguyuban adalah bentuk kehidupan bersama, di mana para anggotaanggotanya diikat oleh hubungan batin yang murni dan bersifat alamiah serta kekal, dasar hubungan tersebut adalah rasa cinta dan rasa persatuan batin yang memang telah dikodratkan. Hubungan seperti ini dapat dijumpai dalam keluarga, kelompok kekeluargaan, rukun tetangga, dan lain-lain.

Patembayan (gesellschaft)

Patembayan adalah ikatan lahir yang bersifat pokok untuk jangka waktu yang pendek, bersifat imajiner dan strukturnya bersifat mekanis sebagaimana terdapat dalam mesin. Patembayan bersifat sebagai suatu bentuk dalam pikiran belaka. Contohnya, ikatan antar pedagang, organisasi dalam suatu pabrik, dan lain-lain.

6 dari 8 halaman

Macam kelompok sosial teratur

Membership group

Membership group merupakan macam kelompok sosial di mana setiap orang secara fisik menjadi anggota kelompok tersebut.

Reference group

Reference group ialah kelompok-kelompok sosial yang menjadi acuan bagi seseorang (bukan anggota kelompok tersebut) untuk membentuk pribadi dan perilakunya.

7 dari 8 halaman

Macam kelompok sosial teratur

Kelompok okupasional

Kelompok okupasional adalah macam kelompok sosial yang muncul karena semakin memudarnya fungsi kekerabatan, di mana kelompok ini timbul karena anggotanya memiliki pekerjaan yang sejenis.

Kelompok volonter

Kelompok volonter adalah orang yang mempunyai kepentingan yang sama, namun tidak mendapat perhatian dari masyarakat. Kelompok ini dapat memenuhi kepentingan-kepentingan anggotanya secara individual, tanpa mengganggu kepentingan masyarakat secara umum.

8 dari 8 halaman

Macam kelompok sosial tidak teratur

Kerumunan Sosial (Crowd)

Kerumunan sosial atau social aggregate adalah sekumpulan orang yang berada di suatu tempat, akan tetapi diantara mereka tidak berhubungan secara tetap. Pengelompokan manusia seperti itu disebut juga kolektivitas, yaitu kumpulan manusia pada suatu tempat dan suatu waktu yang sifatnya sementara. Kerumunan sosial dibagi menjadi 7 bentuk, yaitu:

- Kerumunan yang berartikulasi dengan struktur sosial

- Kerumunan yang bersifat sementara (casual crowd)

- Kerumunan yang berlawanan dengan norma hukum (lawless crowds)

- Kerumunan pasif (Passive Crowd)

- Demonstrasi

- Kerumunan berdasarkan tempat tinggal (Residential Aggregate)

- Kerumunan Fungsional (Functional Aggregate)

Publik

Publik merupakan macam kelompok sosial yang bukan merupakan kesatuan. Interaksi berlangsung melalui alat-alat komunikasi dan tidak langgeng. Contohnya, pembicaraan pribadi yang berantai, desasdesus atau gosip, surat kabar, radio, televisi, film, dan sebagainya.

Massa

Massa diartikan sebagai keseluruhan dari kerumunan sosial. Ciri massa yang menonjol adalah suatu kumpulan orang yang heterogen sehingga identitasnya sulit diketahui. Keanekaragaman massa tampak dari diferensiasi status sosial, taraf hidup, pendidikan, keturunan, pekerjaan, dan agama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.