Sukses

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup untuk Melamar Pekerjaan, Simak Contohnya

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan paling umum di mulai dengan mempersiapkan data diri. Data yang dimaksud berupa identitas, pendidikan, keahlian yang dimiliki, dan pengalaman kerja terkait pekerjaan yang akan dilamar. Nama lain dari daftar riwayat hidup adalah curriculum vitae atau CV. 

Bila diterjemahkan dari bahasa Latin, pengertian daftar riwayat hidup atau CV adalah "perjalanan hidup saya." Mengingat daftar riwayat hidup ini ditujukan untuk melamar pekerjaan, maka cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan bagian isi paling penting harus memuat informasi yang mampu menggambarkan pengalaman profesional dan akademis sesuai posisi yang akan dilamar.

Cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan bisa diselesaikan dengan Microsoft Word. Sementara proses penyelesaian cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan lebih praktis bisa dilakukan secara online. Melalui situs resume.com, resume.io, resumonk, connectCV, visualCV, canva, dan resume genius secara gratis.

Berikut Liputan6.com ulas cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan dan contohnya dari berbagai sumber, Jumat (23/7/2021).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup untuk Melamar Pekerjaan yang Umum

1. Identitas Diri

Identitas diri seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon atau nomor handphone dan alamat email harus Anda cantumkan dalam daftar riwayat hidup Anda. Pastikan nomor handphone yang Anda cantumkan adalah nomor aktif yang Anda gunakan saat ini. Tentunya, akan menjadi suatu masalah ketika nomor handphone yang Anda gunakan ternyata tidak bisa terhubung saat perusahaan sedang menghubungimu.

Kesalahan yang sering dilakukan dalam menyelesaikan proses cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan lainnya ialah menuliskan alamat email, meskipun telah mencantumkan alamat email tetapi gunakan alamat email dengan nama aslimu bukan nama yang aneh-aneh. Anda juga bisa mencantumkan pas foto agar daftar riwayat hidupmu lebih menarik.

2. Pendidikan

Cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan yang kedua ialah menuliskan pendidikan. Tuliskan pendidikan terakhir yang telah Anda jalani dan jurusan yang Anda ambil. Anda juga bisa menuliskan IPK yang Anda peroleh jika Anda mau. Kesalahan saat menuliskan pendidikan di daftar riwayat hidup ialah menuliskan seluruh jenjang pendidikan yang dijalani, padahal Anda cukup menuliskan jenjang terakhir saja.

3. Keahlian yang Dimiliki

Semakin ketatnya persaingan dalam dunia kerja, membuat IPK tinggi belum tentu menjamin lolos kualifikasi yang dicari oleh perusahaan. Oleh karena itu, dibutuhkan keahlian yang harus dimiliki bisa berupa soft skill atau hard skill.

Dalam proses cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan, Anda harus mencantumkan keahlian yang Anda miliki, misalnya saat Anda melamar menjadi desain grafis di sebuah perusahaan. Maka tuliskan software apa yang Anda gunakan seperti Adobe Ilustrator, Corel Draw dan lain-lain.

Tidak hanya hard skill saja yang saat ini menjadi bahan pertimbangan sebuah perusahaan, melainkan juga soft skill seperti kepemimpinan atau leadership, kreatif, manajemen waktu yang baik dan lain-lain. Cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan, harus menulis keahlian yang Anda miliki. Ingat Anda harus menuliskannya sejujur mungkin tidak mengada-ngada dan juga tidak melebihkan.

4. Pengalaman Kerja dan Deskripsinya

Cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan selanjutnya ialah tuliskan pengalaman kerja dan kemampuan yang Anda miliki. Hal ini bisa menjadi kunci HRD menilai dirimu apakah sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan atau tidak.

Sebagai fresh graduate yang biasanya belum memiliki pengalaman kerja, Anda bisa menuliskan pengalaman magang jika Anda pernah magang di sebuah perusahaan. Tetapi jika tidak, Anda juga bisa menuliskan organisasi yang pernah yang Anda ikuti.

Misalnya, pengalaman di dunia jurnalistik dalam Pers Mahasiswa (Persma) sangat dibutuhkan saat Anda melamar di posisi penulis konten atau content writer. Dengan berbekal pengalaman kerja, atau organisasi sesuai dengan posisi yang Anda lamar, tentunya menjadi bahan pertimbangan bagi perusahaan.

Perusahaan juga akan memerhatikan berapa lama Anda bekerja di posisi tersebut. Semakin lama Anda berada di posisi tersebut, artinya Anda semakin berpengalaman Jadi tuliskan juga berapa lama Anda magang atau mengikuti organisasi tersebut.

Hal yang sering terlupakan saat menuliskan pengalaman kerja ialah tidak mendiskripsikannya, padahal dengan menjelaskan pekerjaan apa yang Anda lakukan akan membantu HRD untuk mengetahui keahlianmu. Misalnya Anda magang di sebuah stasiun televisi menjadi reporter.

Tuliskan pekerjaan apa saja yang Anda lakukan selama magang, contohnya seperti menulis 3 berita dalam satu hari. Tentunya, hal ini akan menjadi bahan pertimbangan yang kuat untuk HRD merekrutmu.

5. Cek CV

Cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan yang terakhir ialah cek kembali daftar riwayat hidup yang telah Anda buat. Jangan sampai ada kesalahan yang belum sempat Anda perbaiki, seperti kesalahan penulisan atau typo. Perhatikan kembali informasi yang Anda tuliskan di lembar CV. Jangan sampai informasi tersebut tidak relevan dengan pekerjaan yang sedang dilamar.

Sebaiknya, gunakan juga jenis tulisan yang profesional dan tidak aneh-aneh, hal ini termasuk menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. Tujuannya, agar tim rekrutmen lebih mudah mengerti daftar riwayat hidup yang telah Anda tulis.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup untuk Melamar Pekerjaan dengan Microsoft Word

Anda bisa mengikuti cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan di Word dengan mudah jika sudah menggunakan templat. Berikut cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan di Word:

1. Pilih Template yang Telah Tersedia

Cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan cukup mudah, Anda tinggal mengklik menu FILE, lalu pilih NEW. Saat itu, berbagai template yang telah tersedia akan ditampilkan. Pilih template yang Anda inginkan.

2. Unduh Template Secara Online

Anda bisa memilih template dengan mengunduhnya secara online sebagai salah satu cara membuat CV lamaran kerja yang menarik di word. Cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan cukup dengan membuka dokumen baru dan carilah “resumes” pada segmen “Microsoft Office Online”.

Selain itu, Anda juga bisa mengunduh template secara online tanpa membuka Microsof Word terlebih dahulu dengan menggunakan Office Online. Kunjungi situs web resminya di https://templates.office.com/ dan klik segmen resume dan surat pengantar. Segmen ini ditampilkan dalam modul yang berada di sisi kiri layar dengan label “Browse by Category”.

3. Selesaikan CV

Selanjutnya, Anda tinggal menyelesaikan templat yang telah diunduh sebagai cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan. Setelah memilih templat yang tampak profesional dan sesuai dengan jenis pekerjaan yang Anda inginkan, Anda bisa menghapus teks bawaan dan menambahkan informasi pribadi.

Format, tata letak, dan presentasi memang merupakan aspek penting dalam cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan yang baik, tetapi aspek-aspek tersebut tetap tidak dapat menutupi tulisan yang buruk dan kesalahan ejaan dan tata bahasa. Jadi Anda tetap harus teliti dalam cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan yang menarik di Word ini.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup untuk Melamar Pekerjaan secara Online

1. Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup untuk Melamar Pekerjaan dengan Resume.com

Situs ini merupakan salah satu situs yang cocok untuk praktik cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan. Selain gratis, cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan dengan resume.com ada banyak pilihan templat profesional.

Cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan dengan situs ini hanya perlu memasukkan informasi yang dibutuhkan. Menariknya lagi, situs ini punya fitur "Impor LinkedIn". Maka meng-klik fitur tersebut, Anda akan tersambung ke profil LinkedInmu dan memasukkan informasi di LinkedIn ke dalam resume yang dibuat secara otomatis.

Resume.com dapat diakses gratis oleh semua orang. Pengguna juga bisa mengunduh resume dalam format file PDF, Word Document, Rtf, dan Txt secara gratis setelah selesai praktik cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan. Ada berbagai templat yang bisa dipilih sesuai keinginan dan kebutuhanmu.

2. Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup untuk Melamar Pekerjaan dengan Resume.io

Cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan bisa menggunakan situs ini. Serupa dengan Resume.com, Resume.io juga memungkinkan untuk membuat CV kreatif tanpa ribet.

Di sini cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan bisa dilakukan secara gratis dan mengunduhnya dengan cepat.

Ribuan orang dari seluruh dunia sudah menggunakan situs ini untuk pratik cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan. Di situs ini terdapat berbagai macam templat yang telah dikategorikan.

Setiap templat dirancang dengan ahli dan mengikuti “aturan resume” yang dicari oleh tim perekrutan. Di sini terdapat jenis templat seperti templat profesional, simpel, kreatif, dan modern.

3. Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup untuk Melamar Pekerjaan dengan Resumonk

Cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan bisa menggunakan Resumonk. Resumonk adalah salah satu pembuat resume atau CV gratis terbaik yang tersedia saat ini.

Situs ini mudah digunakan dan membutuhkan sedikit waktu untuk menyiapkan setelah cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan diselesaikan. Cukup kunjungi situs web Resumonk resume builder, pilih templat dan masukkan detail informasi yang ingin dicantumkan.

Resumonk adalah salah satu cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan dan mudah banget. Ada beragam templat desain dasar yang bisa membuatmu memiliki CV yang terlihat profesional. Kelebihan dari situs ini adalah tidak perlu membuat akun untuk membuat resume atau CV gratis.

4. Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup untuk Melamar Pekerjaan dengan ConnectCV

ConnectCV merupakan situs cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan dan gratis. Terdapat berbagai fitur yang dapat memudahkan cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan, terlihat punya desain profeisonal.

Salah satu situs cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan ini punya fitur tambahan seperti pemeriksa ejaan bawaan, tip penulisan in-line, dan sampel CV khusus industri tertentu. Pengguna pun bisa menyusun portofolio melalui situs ini lengkap dengan berbagai pilihan templatnya.

Cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan dengan ConnectCV mudah untuk menyimpan hasil CV yang dibuat dalam berbagai format seperti word atau PDF. CVmu juga bisa tersimpan dalam bentuk weblink di mana Anda bisa menyisipkan portofolio berupa video atau suara di dalamnya.

5. Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup untuk Melamar Pekerjaan dengan VisualCV

Visual CV menyediakan templat yang bagus dan profesional untuk praktik cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan. Pembuat hanya perlu mengimpor CV yang sudah ada atau membuat CV baru menggunakan templat yang tersedia.

Templat dari cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan dapat disesuaikan ke tingkat yang sangat baik. Jadi tidak perlu khawatir tentang resume atau CVmu terlihat mirip dengan orang lain.

VisualCV menyediakan versi berbayar dengan beragam fitur menarik sebagai salah satu solusi terbaik cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan. Namun, sebenarnya pengguna masih bisa menggunakan VisualCV dalam versi gratis dengan fitur yang bisa mendukung pembuatan CV secara maksimal.

6. Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup untuk Melamar Pekerjaan dengan Canva

Canva dikenal luas sebagai alat desain grafis yang dapat digunakan semua orang. Situs ini cocok digunakan sebagai cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan. Menyediakan berbagai kebutuhan desain grafis online dengan antarmuka yang mudah digunakan.

Jika sudah memiliki pengalaman desain, cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan bisa di mulai dengan templat kosong. Jika tak punya bakat desain, cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan bisa menggunakan templat yang ada dan tinggal mengganti informasi dummy yang ada.

Semua tools desain grafis Canva tersedia terutama sebagai cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan. Pengguna hanya perlu menambahkan elemen, bentuk, gambar khusus, dan lainnya ke CV yang dibuat.

Paket gratis Canva mungkin adalah semua yang dibutuhkan untuk membuat CV atau resume. Anda akan mendapatkan penyimpanan 1 GB untuk foto dan aset lainnya, serta akses ke ribuan templat menarik.

7. Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup untuk Melamar Pekerjaan dengan Resume Genius

Resume Genius menyediakan templat yang tampak klasik dan anggun yang berhasil membuat ribuan orang mendapatkan pekerjaan baru. Maka tidak heran bila situs ini sangat direkomendasikan sebagai cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan.

Keakuratan, kesederhanaan dalam fungsi dan penggunaan, dan profesionalisme terlihat dalam pilihan resume di situs ini. Resume Genius cukup unik.

Salah satu situs cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar pekerjaan ini akan menanyakan kepada pencari kerja serangkaian pertanyaan pilihan ganda tentang pendidikan dan pengalaman, dan hanya meminta untuk mengisi bagian yang kosong dengan tanggal, peran, dan jawaban sederhana lainnya.

5 dari 5 halaman

Contoh Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup untuk Melamar Pekerjaan

Contoh Daftar Riwayat Hidup atau CV Bahasa Indonesia

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama: Catur Nugroho

Jenis Kelamin: Laki-Laki

Tempat Tanggal Lahir: Pekan Baru, 15 Mei 1994

Status: Belum Kawin

Alamat: Jl. Merdeka No 14 Kel. Pancoran, Kec. Medan Barat, Jakarta Barat 5000

Kewarganegaraan: IndonesiaAgama: Islam

Nomor Handphone: 0811 **** ****

Email: catur@gmail.com

Pendidikan:

SD Alwashliyah 19 Jakarta 2000 – 2006

SMP Negeri 1 Jakarta 2006 – 2010

SMA Pelita Harapan 2010 – 2013

Universitas Indonesia (Ekonomi) 2013 – 2018

Pengalaman Organisiasi:

Anggota badan esekutif mahasiswa (BEM) di Universitas Indonesia dari tahun 2014-2015.

Minat dan keahlian:

1. Mampu berbicara bahasa Inggris dengan baik

2. Menguasai penggunaan sistem aplikasi marketing

3. Suka menulis

4. Mampu bekerja sama dalam tim

Hormat saya

Catur Nugroho

Contoh Daftar Riwayat Hidup atau CV Bahasa Inggris

PERSONAL DETAILS

Name: Antika Devi

Adress: Ahmad Dahlan street, Badung, Denpasar 35371Phone: (0281) 999 999

Cellphone: 087899999999

E-mail: Antikadevi25@gmail.com

Date of birth: January 6th, 1992

Nationality: Indonesian

Gender: Female

Marital status: Single

Religion: Moslem

EDUCATION DETAILS

1998 – 2004 State Elementary School 1 Badung

2004 – 2006 State Junior High School 1 Badung

2006 – 2010 State Senior High School 2 Denpasar

2010 – 2014 English Education Department, The Udayana University

GPA = 3.75 (scale 4)

PREDICATE: Very Satisfactory

JOB EXPERIENCES

July – September 2013: On the job training at SMAN 3 Denpasar

January 2014 – Present: English Course Lecturer at FIRST EDUCATION CENTRE

COMPUTER SKILLS

Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point

Antika Devi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.