Sukses

5 Jenis Pisang untuk Digoreng dan Cara Membuatnya Agar Enak dan Crispy

Liputan6.com, Jakarta Jenis pisang untuk digoreng tentunya harus kamu perhatikan lagi. Pasalnya, tidak semua jenis pisang cocok dijadikan camilan pisang goreng yang enak. Sebenarnya, hanya ada beberapa jenis pisang yang enak dijadikan pisang goreng.

Pisang memang merupakan buah-buahan yang enak, penuh gizi, dan dapat dikonsumsi dengan berbagai cara. Selain itu, harganya juga murah. Di Indonesia, pisang diolah menjadi macam-macam kreasi makanan seperti pisang goreng, pisang rebus, pisang coklat, hingga sale. Namun, olahan pisang yang sangat digemari masyarakat Indonesia tentunya adalah pisang goreng

Pisang goreng merupakan camilan yang sangat cocok disantap di sore hari, apalagi saat musim hujan. Kelezatan pisang goreng bahkan akan meningkat dua sampai tiga kali lipat jika disantap selagi hangat bersama secangkir teh ataupun kopi.

Berikut Liputan6.com rangkum dari Fimela dan berbagai sumber lainnya, Sabtu (24/7/2021) tentang jenis pisang untuk digoreng.

2 dari 4 halaman

Jenis Pisang untuk Digoreng

Pisang Kepok

Salah satu jenis pisang untuk digoreng yang paling enak adalah pisang kepok. Pisang kepok ini merupakan jenis pisang yang sangat populer dijual di pasar. Daging buahnya yang cukup keras dan padat membuat pisang kepok tak mudah hancur atau menyerap minyak selama digoreng.

Jika kamu ingin menggunakan jenis pisang untuk digoreng ini, kamu perlu memperhatikan jenisnya juga. Ada dua jenis pisang kepok, yaitu kepok kuning dan kepok putih. Kepok kuning memiliki tekstur yang lembut, manis, dan tidak lembek. Sementara itu, kepok putih lebih lembek dan rasanya kurang manis. Biasanya, pisang kepok kuning berukuran lebih besar ketimbang pisang kepok putih.

Manisnya pisang kepok bisa dinikmati dengan cara direbus, digoreng atau dijadikan keripik. Pisang kepok juga sangat cocok dijadikan pisang bakar atau pisang panggang. Tapi ingat, ketika memilih pisang kepok untuk pisang goreng, pastikan memilih pisang yang benar-benar matang sempurna.

Pisang Tanduk

Pisang tanduk merupakan jenis pisang untuk digoreng selanjutnya. Pisang ini ukurannya besar dan panjang, dan melengkung layaknya tanduk. Rasa buah pisang ini manis dengan sedikit rasa asam. Pisang tanduk umumnya dikonsumsi dengan cara diolah menjadi pisang goreng atau direbus.

Pisang tanduk cocok dijadikan sebagai jenis pisang untuk digoreng dengan tepung. Kulit pisang ini biasanya berwarna cokelat kemerahan, dan memang sering kali diolah dengan dipotong-potong karena ukurannya yang besar. Daging buah pisang yang empuk dan lembut setelah digoreng menjadikan pisang ini sebagai santapan menggugah selera di kala masih hangat atau panas.

3 dari 4 halaman

Jenis Pisang untuk Digoreng

Pisang Raja

Jenis pisang untuk digoreng satu ini akan menghasilkan rasa pisang goreng yang manis, yaitu pisang raja. Tekstur buah dari pisang raja agak lembek dan kulitnya tebal. Selain memiliki rasa yang manis, pisang raja juga memiliki aroma yang harum, sehingga kamu akan lebih tergiur untuk menyantapnya.

Pisang ini ukurannya standar saja dengan kulit warna hijau kala mentah dan berubah jadi kuning keemasan kala sudah masak. Pisang raja bisa dimakan langsung dan bisa diolah menjadi aneka camilan. Namun, pisang raja ini biasanya dijual dengan harga yang cukup mahal. Maka dari itu, pisang raja biasanya disuguhkan dalam upacara tertentu.

Pisang Uli

Jenis pisang untuk digoreng berikutnya adalah pisang uli. Rasa pisang uli sangat manis. Sementara tekstur daging buahnya empuk, lembut dan terkadang cukup lembek. Ukuran pisang uli tidak terlalu besar dan tidak pula terlalu kecil, karena itu banyak yang menggunakannya sebagai pisang goreng.

Pisang uli juga padat dan berpati, jadi tidak merusak lapisan tepung jika digoreng. Selain sebagai pisang goreng, pisang uli bisa dijadikan keripik pisang dan sale pisang.

Pisang Nangka

Jenis pisang untuk digoreng yang tidak kalah enak adalah pisang nangka. Pisang nangka memiliki keunikan tersendiri yaitu memiliki warna sama, hijau, baik di saat matang ataupun mentah.

Tekstur dari pisang ini tidak selembut pisang kepok dan cenderung lembek setelah digoreng. Daging pisang nangka berwarna kuning tua dengan rasa asam manis. Kamu bisa membuat pisang goreng dengan pisang nangka dengan membentuk kipas atau dipotong-potong. Kemudian baru dicampur dengan tepung atau bahan pencelupnya, lalu baru digoreng.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Pisang Goreng Crispy

Bahan-bahan:

- 10 buah pisang kepok

- 250 gram tepung beras

- 3 sdm gula pasir

- 1/2 sdt kapur sirih

- 1/2 sdt baking powder

- 1/2 sdt vanili

- 1/2 butir telur ayam

- Air secukupnya

- 1 sdt garam

- Minyak untuk menggoreng

Cara membuat pisang goreng crispy:

1. Kupas pisang kepok, belah menjadi dua bagian, kemudian sisihkan.

2. Campur semua bahan kriuk sampai tidak ada tepung yang menggumpal, pastikan tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer.

3. Celupkan pisang kepok ke dalam adonan tepung.

4. Goreng dalam minyak panas.

5. Tuangkan juga sedikit adonan di atas pisang yang sedang digoreng agar kriuknya banyak. Goreng hingga pisang berwarna cokelat keemasan.

6. Angkat, lalu tiriskan dan pisang goreng krispi siap dihidangkan.