Sukses

Ekspresi adalah Proses Memperlihatkan Perasaan, Berikut Penjelasannya

Liputan6.com, Jakarta Ekspresi adalah istilah yang merujuk pada sesuatu yang memperlihatkan perasaan seseorang. Mengekspresikan perasaan bisa dilakukan dengan berbagai cara, yang paling sederhana tentunya adalah dengan menunjukkan mimik wajah.

Ekspresi wajah atau mimik adalah hasil dari satu atau lebih gerakan atau posisi otot pada wajah. Ekspresi wajah merupakan salah satu bentuk komunikasi nonverbal, dan dapat menyampaikan keadaan emosi dari seseorang kepada orang yang mengamatinya. 

Ekspresi dalam penggunaannya makin meluas, hingga ke dunia seni. Proses penciptaan karya seni juga dikaitkan dengan proses seseorang mengungkapkan emosi atau perasaannya. Penyampaian perasaan itu nantinya diwujudkan melalui media seni tersebut.

Contohnya, media musik adalah bunyi; media seni rupa adalah garis, bidang dan warna; media tari adalah gerak, media teaer adalah gerak, suara dan lakon. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (24/7/2021) tentang ekspresi adalah.

2 dari 4 halaman

Ekspresi adalah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, ekspresi adalah pengungkapan atau proses menyatakan (memperlihatkan atau menyatakan maksud, gagasan, perasaan, dan sebagainya). Makna lainnya ekspresi adalah pandangan air muka yang memperlihatkan perasaan seseorang.

Sementara itu, mengekspresikan memiliki makna mengungkapkan (gagasan, maksud, perasaan, dan sebagainya) dengan gerak anggota badan, air muka, kata-kata, dan sebagainya. Ada pula istilah ekspresif, yang memiliki makna tepat (mampu) memberikan (mengungkapkan) gambaran, maksud, gagasa, perasaan.

Ekspresi tentunya identik dengan wajah. Ekspresi wajah atau mimik adalah hasil dari satu atau lebih gerakan atau posisi otot pada wajah. Ekspresi wajah merupakan salah satu bentuk komunikasi nonverbal, dan dapat menyampaikan keadaan emosi dari seseorang kepada orang yang mengamatinya.

Ekspresi wajah merupakan salah satu cara penting dalam menyampaikan pesan sosial dalam kehidupan manusia, tetapi juga terjadi pada mamalia lain dan beberapa spesies hewan lainnya. Sebagian ekspresi wajah dapat diketahui maksudnya dengan mudah, bahkan oleh anggota spesies yang berbeda, misalnya kemarahan dan kepuasan.

Namun, beberapa ekspresi lainnya sulit diartikan, misalnya ketakutan dan kejijikan kadang sulit dibedakan. Selain itu, kadang-kadang suatu wajah dapat disalahartikan mengalami emosi tertentu, karena susunan otot-otot wajah orang tersebut secara alami menyerupai wajah seseorang yang mengalami ekspresi tertentu, misalnya wajah seseorang yang tampak selalu tersenyum.

Ekspresi sering dihubungkan dengan gaya atau style. Pengertian ekspresi adalah nantinya terbagi lagi sesuai bidang seperti seni, musik, spontan, tari dan puisi. Hal ini merupakan wujud dari "mempunyai gaya" sebagai hasil dari perwujudan yang telah mengalami penggambaran oleh pelaku perwujudan yang dilakukan dengan  "ekspresif".

3 dari 4 halaman

Memahami Ekspresi dalam Seni

Dalam penciptaan karya, ekspresi adalah proses komunikasi yang dilalui pada suatu media, yang ditujukan untuk membangun adanya kesamaan persepsi akan pesan yang dikomunikasikan. Ekspresi sendiri dapat terjadi ketika seseorang demikian bersinggungan akan keadaan perasaan tertentu dan bereaksi terhadapnya.

Dalam dunia seni, ekspresi adalah proses ungkapan emosi atau perasaan di dalam proses penciptaan karya seni. Proses ekspresi ini bisa diaktualisasikan melalui media. Contohnya, media musik adalah bunyi; media seni rupa adalah garis, bidang, dan warna; media tari adalah gerak; dan media teater adalah gerak, suara, dan lakon.

Ekspresi dalam seni atau ekspresi seni adalah ungkapan perasaan para pelaku seni yang merupakan perasaan khusus yang bisa membangun nilai dan sikap. Munculnya perasaan ini bisanya dipicu oleh interaksi para pelaku seni dengan lingkungan sekitarnya.

4 dari 4 halaman

Memahami Ekspresi dalam Seni

Ekspresi dalam Musik. Ekspresi dalam musik adalah proses pengungkapan perasaan atau emosi di dalam proses penciptaan karya seni musik. Hal ini merupakan ungkapan pikiran dan perasaan yang mencakup nuansa tempo dinamik dan gaya dari unsur-unsur pokok musik tersebut.

Ekspresi dalam Tari. Ekspresi dalam tari adalah salah satu unsur utama terciptanya suatu tarian yang berupa bentuk ungkapan penjiwaan atau penghayatan atas peran atau gerakan tarian yang dilakukan oleh seorang penari.

Ekspresi dalam Drama. Ekspresi adalah mimik wajah yang dikeluarkan dalam suatu adegan lakon sesuai dengan peran yang telah ditentukan dalam naskah. Hal ini tentunya berlaku baik dalam peran antagonis maupun protagonis. Ekspresi dalam drama adalah mimik wajah, ucapan, vocal, penjiwaan, gerak, akting, bloking, dan sebagainya, yang memberikan pesan bahwa drama tersebut bukan hanya sekadar cerita biasa.

Ekspresi dalam Puisi. Ekspresi dalam puisi adalah menggali dan menggauli puisi dalam hal tinggi rendah suara saat membaca puisi, serta raut wajah yang memperlihatkan akan suatu perasaan tertentu. Hal ini tentunya harus sesuai dengan tema puisi yang dibacakan, Jika puisi bertemakan kesedihan, pembacanya tentu harus menunjukkan ekspresi sedih.

Selain itu, ada pula istilah ekspresi dalam gen. Ekspresi gen adalah rangkaian proses penggunaan informasi dari suatu gen untuk sintesis produk gen fungsional. Produk-produk tersebut dapat berupa protein, juga gen penyandi non-protein seperti transfer RNA (tRNA) atau gen RNA inti kecil (snRNA) yang mana keduanya merupakan produk RNA fungsional.