Sukses

Viral Kakek Kelaparan Datangi Rumah Taqy Malik, Permintaannya Bikin Terenyuh

Liputan6.com, Jakarta Sebuah video viral di media sosial karena kisahnya yang mengharukan. Video tersebut menampilkan seorang kakek yang kelaparan mendatangi rumah Taqy Malik. Kakek tersebut mengetuk pagar rumah penghafal Alquran itu dan menjelaskan perihal kedatangannya.

Dikutip dari akun TikTok @suamiciyil, tertulis dalam video bahwa kakek tersebut datang untuk minta tolong. Pria tua itu datang dengan kondisi berkeringat dan tampak letih karena lelah berjalan kaki. 

"Lagi di dalam rumah, tiba-tiba ada yang ketuk pagar rumah terus minta tolong. Ternyata kakek-kakek yang keringatan habis jalan kaki karena kecapean, sedih banget," tulisnya, seperti yang dikutip Liputan6.com pada Sabtu (24/7/2021).

Melihat kondisi menyedihkan dari kakek yang mengenakan celana hitam panjang itu, Taqy Malik pun mengajaknya berbincang. Suami Sherel Thalib itu menceritakan maksud kakek tersebut yang tiba-tiba mengetuk pintu pagar rumahnya malam-malam.

 

2 dari 4 halaman

Bukan Uang, Kakek Ini Rupanya Minta Nasi

Dari obrolan Taqy Malik, kakek tersebut meminta nasi karena belum makan. Ia berasal dari Tegal dan sedang mencari pekerjaan di Jakarta. Namun sayang, ia belum mendapatkannya.

"Barangkali ada nasi lebih mas?" kata kakek tersebut.

"Buat makan ya pak?," tanya Taqy.

"Iya mas," jawab si kakek.

"Bapak sendiri apa berdua," tanya Taqy lagi.

"Sendiri mas, saya lagi nyari kerja, cuman belum dapet dapet," ucap sang kakek.

Mendengar perkataan itu, Taqy Malik pun bertanya di mana kakek tersebut tinggal. Dan kakek itu mengatakan bahwa selama ini tidur di masjid. Kemudian, Taqy pun kembali ke dalam rumah untuk mengambil nasi beserta lauk pauknya.

Diberikannya bekal lauk pauk tersebut kepada si kakek. Tak lupa, ia juga menyelipkan sejumlah uang. Dalam keterangan video, kakek tersebut bernama Pak Santoso yang berusia 60 tahun. Ia sudah satu bulan merantau di Jakarta dan meninggalkan istri dan tiga anaknya di Tegal.

 

3 dari 4 halaman

Saat Akan Memberinya Pekerjaan

Usai ramai diperbincangkan, Taqy Malik pun bermaksud memberi kakek tersebut pekerjaan di kantornya. Karena nomor kontak yang diberikan tidak aktif, akhirnya ia dan istri menghampiri kakek tersebut yang selama sebulan terakhir tidur di Masjid An Ni'mah Pondok Labu.

"Akhirnya gw sama istri mutuskan langsung mau samperin beliau di Masjid An Ni'mah Pondok Labu. Ngebayangin jarak beliau dari Masjid ke rumah gw itu 5-6 Km jalan kaki. Ya Allah, bener-bener ga tega," ungkapnya.

Sayang, saat coba dihampiri kondisi masjid dalam keadaan terkunci. Ia juga tak mendapati sosok kakek yang sempat mengetuk pagar rumahnya itu. Taqy Malik pun sampai kepikiran karena belum bisa bertemu dengan kakek tersebut.

"Sampai di masjidnya gw cek semuanya terkunci ga ada yang terbuka sama sekali," tulisnya.

"Gatau kenapa sampai rumah masih kepikiran sama beliau ngerasa bersalah banget. Beliau tidur di mana malam ini? Ngebayangin beliau masih jalan kaki kaya kemaren. Yaa Rabbi," ungkapnya.

Ia berharap bisa berjumpa lagi dengan si kakek dan memberinya pekerjaan, "Temen-temen minta tolong ya kalo ketemu beliau di jalan kabarin gw. Gw mau bantu beliau dengan ngasih kerjaan yang beliau inginkan kemaren malam," pungkasnya.

 

4 dari 4 halaman

Berikut videonya:

@suamiciyil

kalo rame, in syaa Allah part 2 gw langsung telp beliau dan kasih kerjaan

♬ suara asli - Juragan Saffron - Juragan Saffron