Sukses

Tips Perawatan Setelah Sembuh COVID-19 di Rumah, Perhatikan Kriteria Kesembuhan

Liputan6.com, Jakarta Perawatan setelah sembuh COVID-19 perlu diperhatikan setiap orang yang mengalaminya. Hal ini dilakukan agar pemulihan kondisi tubuh bisa berjalan dengan maksimal. Namun, sebelum itu kamu tentunya harus mengenal kriteria seseorang telah sembuh dari COVID-19 terlebih dahulu. 

Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi agar seseorang bisa dinyatakan sembuh dari COVID-19. Hal ini tentunya harus melihat kondisi tubuh, apakah masih ada gejala yang dirasakan atau sudah tidak. Selain itu, untuk lebih amannya juga dilakukan tes PCR.

Perawatan setelah sembuh COVID-19 agar pemulihan maksimal bisa dilakukan di rumah. Hal ini tentunya meliputi penerapan protokol kesehatan. Selain itu, menjalani pola hidup sehat dengan berolahraga dan menjaga kebersihan juga sangat penting dilakukan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (24/7/2021) tentang perawatan setelah sembuh COVID-19.

2 dari 3 halaman

Kriteria Seseorang Sembuh dari COVID-19

Untuk bisa dinyatakan sembuh dari COVID-19, seseorang harus memenuhi beberapa kriteria terlebih dahulu. Pada awalnya, seseorang baru bisa dinyatakan sembuh dari COVID-19 dan boleh keluar dari isolasi ketika tes PCR (polymerase chain reaction) sudah menunjukkan hasil negatif sebanyak 2 kali.

Pada Mei 2020, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan rekomendasi bahwa swab test PCR ulang tidak diperlukan, baik pada orang bergejala ringan maupun tidak bergejala.

WHO menyebutkan bahwa pasien positif COVID-19 sudah bisa dinyatakan sembuh ketika ia tidak lagi menunjukkan gejala COVID-19, tanpa memerlukan konfirmasi tes PCR. Namun, untuk lebih amannya, tes PCR masih digunakan pada beberapa kasus, terutama pada pasien dengan gejala berat.

Seperti Liputan6.com kutip dari Alodokter, berikut kriteria seseorang sembuh dari COVID-19 yang berlaku di Indonesia:

- Bagi pasien tanpa gejala, dinyatakan sembuh setelah melewati masa isolasi selama 10 hari.

- Bagi pasien dengan gejala ringan hingga sedang dinyatakan sembuh setelah melewati masa isolasi selama minimal 10 hari, ditambah 3 hari tanpa gejala.

- Sementara itu, bagi pasien dengan gejala berat, baru dinyatakan sembuh setelah melewati masa isolasi selama minimal 10 hari, ditambah 3 hari tanpa gejala, dan 1 kali hasil negatif pada tes PCR.

Selain itu, kesembuhan seseorang dari COVID-19 tetap harus ditentukan berdasarkan penilaian dokter yang menangani.

3 dari 3 halaman

Perawatan Setelah Sembuh COVID-19 di Rumah

Seperti Liputan6.com kutip dari KlikDokter, berikut beberapa perawatan setelah sembuh COVID-19 di rumah, agar pemulihan maksimal:

- Tetap taati protokol kesehatan

Salah satu perawatan setelah sembuh COVID-19 adalah dengan tetap menaati protokol kesehatan. Sembuh dari virus corona bukan berarti kamu kebal dari virus corona. Jadi jangan remehkan keberadaan virus ini.

Kamu harus tetap menaati protokol kesehatan, seperti mencuci tangan, memakai masker, menjauhi kerumunan, menjaga jarak dengan orang lain, dan mengurangi mobilitas di luar rumah. Jika kelima peraturan ini ditaati, kemungkinan untuk tertular virus corona lagi akan sangat kecil.

- Olahraga secara rutin

Pandemi bukan jadi penghalang untuk tidak berolahraga. Kamu tetap disarankan untuk olahraga secara rutin minimal 3 kali seminggu untuk meningkatkan sistem imun. Hanya saja, olahraga yang dilakukan tentu harus dipastikan keamanannya. Maksudnya kamu diminta untuk tidak berolahraga berat setelah sembuh dari virus corona.

Melakukan latihan pernapasan, rutin berolahraga ringan, rutin berjalan kaki, hingga membiasakan untuk lebih banyak duduk dengan posisi tegak dibandingkan berbaring bisa kamu lakukan agar pemulihan makin maksimal.

Hindari olahraga di tempat ramai, serta atur sistem pernapasan agar tidak mudah lelah dan ngos-ngosan. Berikan waktu pemulihan setelah sembuh dari COVID-19 untuk tubuh. 

- Hidup sehat dan bersih

Perawatan setelah sembuh COVID-19 selanjutnya tentu adalah dengan menerapkan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan. Mengonsumsi makanan bergizi seimbang sangatlah penting dilakukan setelah kamu sembuh.

Selain itu, menjaga kualitas tidur, tidak merokok dan menghindari asap rokok, serta tidak mengonsumsi minuman beralkohol juga patut kamu lakukan. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan.