Sukses

Ibu Amanda Manopo Meninggal Dunia Usai Berjuang Lawan COVID-19, Ini 5 Faktanya

Sebelumnya, ibunda Amanda Manopo sempat mengalami kritis di ruang ICU Rumah Sakit Mitra Keluarga Kemayoran, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka datang dari artis muda Amanda Manopo. Sang ibunda, Henny Manopo Lugue dinyatakan meninggal dunia pada Minggu (25/7/2021) setelah menjalani perawatan akibat terinfeksi COVID-19.

Kepergian ibunda Amanda Manopo ini pun disampaikan langsung oleh sang manajer, Ricco Ricardo melalui akun Instagram. Dalam unggahannya, Ricco Ricardo pun menyebutkan jika ibu Amanda Manopo telah meninggal dunia dengan tenang saat menjalani perawatan.

"Rest in love, Mami @hennymanopolugue. Mami sudah tidak sakit. Mami tenang di Surga. Tuhan Yesus jaga mami," tulis Ricco Ricardo dalam akun Instagram pribadinya, Minggu (25/7/2021).

Sebelumnya, Amanda Manopo sempat mengungkapkan kondisi sang ibunda yang tengah menjalani perawatan akibat terinfeksi virus COVID-19 dalam jumpa fans virtualnya. Bahkan, aktris 21 tahun itu selalu berdoa dan percaya jika akan ada mukjizat yang diberikan untuk kesembuhan sang ibunda.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa fakta terkait meninggalnya ibunda Amanda Manopo usai berjuang lawan COVID-19, Senin (26/7/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Sempat isolasi mandiri 14 hari di rumah

Kepergian ibunda Amanda Manopo pada Minggu (25/7/2021) sore ini pun meninggalkan duka mendalam bagi keluarga serta kerabat dekat. Bahkan, Ricco Ricardo selaku manajer Amanda Manopo sempat menceritakan kronologi Henny Manopo usai terinfeksi COVID-19.

Ia menyebutkan, jika ibunda Amanda Manopo sebelumnya telah menjalani isolasi mandiri selama 14 hari di rumah. Namun, ibu Amanda Manopo yang memiliki penyakit bawaan berupa diabetes membuat kesehatannya menurun.

"Sebenarnya sudah isoman 14 hari di rumah, tapi ada penyakit bawaan diabetes yang Covid ini nyerang terus. Kita sudah berusaha semaksimal mungkin buat obat-obatan sampai mendatangkan dokter ke rumah. Tapi Tuhan berkehendak lain," kata Ricco Ricardo dikutip dari kanal YouTube MOP Channel, Senin (26/7/2021).

Tak hanya itu saja, kondisi ibunda Amanda Manopo yang tak kunjung membaik membuat keluarga memilih untuk membawa Henny Manopo ke rumah sakit. Akan tetapi sang ibunda menolak dan mengatakan kondisinya tidak apa-apa.

"Masuk itu kalau enggak salah malam takbir lumayan sesak napas. Sempat ngomong sama saya, 'Enggak apa-apa, aku sehat kok. Enggak mau ke rumah sakit. Doain ya'," tuturnya.

3 dari 6 halaman

2. Sempat panik cari rumah sakit

Meski sempat menolak untuk dibawa ke rumah sakit, namun pada hari berikutnya tangan ibunda Amanda Manopo tidak bisa digerakkan. Hal ini pula yang membuat pihak keluarga langsung mencari rumah sakit agar segera tertangani.

"Panik, telepon RS sana-sini, telepon Manda lagi syuting di Bekasi. Habis itu bawa ke rumah sakit Premiere Bintaro, di situ dapat UGD doang. Puji Tuhan pelayanan bagus. Tapi kita cari juga yang ada ICU nya, kita dapat di sini (RS Mitra Keluarga Kemayoran, Jakarta Pusat)," ujarnya.

4 dari 6 halaman

3. Saturasi oksigen tak stabil dan mengalami kritis

Empat hari menjalani perawatan di ruang ICU Rumah Sakit Mitra Keluarga Kemayoran, Jakarta, saturasi oksigen ibunda Amanda Manopo pun sempat mengalami penurunan.

"Kemarin masuk sini sempat bagus, hari pertama bagus, hari kedua turun lagi. Tadi pagi masih bagus 90, siang tadi kita tektokan sama suster itu saturasi 70. Habis itu kita doa, jam 3 Manda kasih tahu aku, 'Mami kritis lagi'," ujar Ricco.

Sebelumnya, pada Sabtu (24/7/2021) Ricco Ricardo juga sempat mengabarkan jika kondisi ibu dari pemain Ikatan Cinta tersebut mengalami kritis.

5 dari 6 halaman

4. Amanda Manopo meminta doa yang terbaik

Bahkan, ketika mengetahui sang ibunda mengalami masa kritis di ruang ICU, Amanda Manopo mengunggah foto dengan sang ibunda di akun Instagram pribadinya. Dalam foto tersebut, wanita yang akrab disapa Manda ini menuturkan doanya kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk kesembuhan sang ibunda.

"Bapa, Aku bersujud di hadapan-Mu dengan rendah hati memohon agar Engkau menyembuhkan ibuku. Ibuku sudah sakit selama berhari-hari dan dia sangat kesakitan. Tolong kasihanilah ibuku dan penuhi dia dengan kekuatan penyembuhanMu,” tulisnya dalam bahasa Inggris.

6 dari 6 halaman

5. Dinyatakan kritis Ruang ICU hingga meninggal dunia

Kondisi ibunda Amanda Manopo usai dibawa ke rumah sakit pun kian memburuk. Bahkan, Henny Manopo Lugue harus menjalani perawatan di ruang Intensive Care Unit (ICU) Rumah Sakit Mitra Keluarga Kemayoran, Jakarta. Hal ini dikarenakan ibunda Manda terinfeksi COVID-19 dengan komorbid diabetes.

Bahkan, usai dinyatakan kritis, unggahan Amanda Manopo yang meminta doa untuk kesembuhan ibundanya mencuri perhatian netizen. Bukan hanya Amanda Manopo saja, namun sang manajer, Ricco Ricardo juga terlihat sering memohon doa kesembuhan bagi ibunda Amanda Manopo.

Namun, takdir berkata lain. Pada Minggu (25/7/2021) ibunda Amanda Manopo, Henny Manopo Lugue tutup usia setelah berjuang melawan virus COVID-19 dengan komorbid diabetes.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini