Sukses

8 Cara Menganalisis Jurnal yang Baik dan Benar, Ketahui Langkahnya

Liputan6.com, Jakarta Cara menganalisis jurnal bisa membantu memahami sebuah topik yang dibahas dalam sebuah jurnal. Artikel jurnal memberikan informasi profesional berbasis fakta tentang berbagai topik. Dengan cara menganalisis jurnal, peluang untuk menemukan informasi yang dapat diverifikasi dan dapat dipercaya bisa membantu proyek penelitian.

Artikel jurnal ilmiah ditulis oleh para profesional yang ahli di bidangnya. Setelah melakukan penelitian dan melakukan eksperimen, hasilnya sering dipublikasikan dalam bentuk artikel jurnal. Artikel jurnal biasanya dijadikan refrensi untuk penelitian lain yang serupa. Ini sebabnya, cara menganalisis jurnal banyak diterapkan ketika sedang menyusun karya ilmiah seperti skripsi atau tugas akhir.

Untuk menggunakan artikel jurnal dalam penelitian, penting mengetahui cara menganalisis jurnal yang baik dan benar. Ada beberapa poin yang bisa dilakukan dalam cara menganalisis jurnal. Jika kamu sedang melakukan penelitian tentang topik tertentu dan membutuhkan atau ingin menggunakan artikel jurnal ilmiah, cara menganalisis jurnal bisa sangat berguna.

Berikut cara menganalisis jurnal yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (27/7/2021).

2 dari 5 halaman

Cara menganalisis jurnal yang baik

Verifikasi validitasnya

Cara menganalisis jurnal yang pertama adalah verifikasi validitas publikasi sumber. Sebuah artikel jurnal umumnya merupakan pilihan yang aman untuk penelitian karena sebagian besar jurnal bersifat akademis dan mengharuskan penulis artikel mereka untuk memeriksa fakta sebelum diterbitkan.

Namun, tidak semua jurnal dibuat sama. Kamu bisa mencoba mencari jurnal yang ditinjau oleh rekan sejawat untuk sumber informasi terbaik, karena ini akan lebih dapat diandalkan daripada jurnal lain. Jurnal yang terkait dengan organisasi profesional juga merupakan taruhan yang aman karena cenderung berkualitas tinggi.

Identifikasi bias penulis

Sebuah artikel jurnal tidak harus bebas dari bias atau prasangka. Beberapa jurnal mungkin memiliki kecenderungan tertentu dalam artikel mereka, atau mendukung pendirian atau pendapat tertentu. Saat membaca artikel jurnal, tentukan apakah penulis telah memasukkan fakta dari semua sisi masalah, atau apakah dia hanya menyajikan satu sisi. Artikel yang bias masih dapat berguna dalam penelitian, tetapi kamu perlu mengidentifikasi bias itu sebelum mengutip dari artikel tersebut.

3 dari 5 halaman

Cara menganalisis jurnal yang baik

Tinjau informasi tambahan

Sering kali artikel jurnal akan menyertakan tambahan, seperti bagan atau grafik, tabel, dan tambahan. Sangat mudah untuk mengabaikan tambahan ini saat membaca artikel, tetapi kamu tidak boleh mengabaikannya sepenuhnya. Informasi tambahan sering memberikan verifikasi fakta yang disajikan dalam artikel, dan dapat memberimu rincian dan data yang dibutuhkan untuk penelitian.

Identifikasi informasi penting

Saat membaca artikel, akan sangat membantu jika kamu membuat catatan. Dengan cara ini, ketika kamu telah membaca beberapa artikel, kamu akan memiliki kumpulan informasi yang ringkas dari masing-masing artikel dan kamu tidak perlu membaca ulang semuanya sebelum mengerjakan tugasmu sendiri. Identifikasi gagasan utama artikel beserta referensi atau detail pendukungnya. Sorot bagian artikel yang mungkin ingin kamu kutip dan pastikan untuk mengidentifikasi data atau statistik yang relevan.

4 dari 5 halaman

Cara menganalisis jurnal yang baik

Periksa artikel secara keseluruhan

Cobalah untuk menentukan sesuatu tentang tujuan, audiens, dan isi makalah sebelum mulai membaca. Beberapa pertanyaan untuk memandu dalam mempertimbangkan artikel secara keseluruhan di antaranya adalah Siapa yang menulis artikel? Apa kualifikasi penulis? Audiens apa yang penulis tuju? Artikel tentang apa? dan Sumber apa yang penulis gunakan?

Temukan tujuan, struktur dan arah artikel

Sekarang setelah melihat artikel secara keseluruhan, mulailah membaca. Kamu harus dapat menemukan pernyataan tujuan penulis, atau pernyataan tesis, sebelum akhir pengantar. Kamu juga harus dapat memberi tahu bukti apa yang akan digunakan penulis untuk mendukung posisi yang diambilnya. Penulis juga dapat menjelaskan batasan apa yang telah ditempatkan pada artikel: misalnya, lamanya waktu atau periode, lokasi geografis, luasnya informasi yang akan digunakan, dan teori-teori yang akan diterapkan.

Beberapa pertanyaan yang dapat memandumu dalam cara menganalisis jurnal ini adalah Apa poin utama atau thesis penulis? Bukti apa yang penulis gunakan? Batasan apa yang penulis tempatkan pada penelitian ini? Apa sudut pandang penulis?

5 dari 5 halaman

Cara menganalisis jurnal yang baik

Baca artikel, perhatikan penulisan dan penyajiannya

Saat membaca, perhatikan tidak hanya apa yang penulis katakan, tetapi juga bagaimana hal itu dikatakan. Langkah ini mengharuskanmu membaca artikel untuk mendapatkan pemahaman tentang bagaimana penulis menyajikan bukti dan membuatnya sesuai dengan argumen. Lihat juga bagaimana penulis beralih dari menjelaskan bagaimana bukti mendukung argumennya ke ringkasan artikel.

Kritik dan evaluasi artikel

Sekarang setelah selesai membaca, pertimbangkan reaksi pribadimu terhadap jurnal tersebut. Beberapa pertanyaan untuk memandumu dalam mengkritik dan mengevaluasi artikel adalah Apakah ada sesuatu yang tersisa yang belum selesai? Apakah penulis mengajukan pertanyaan atau membuat poin yang tertinggal? Apakah semua itu dikerjakan dengan seksama? Apakah itu berhasil? Apa maksud dari poin yang dibuat oleh argumen tersebut dalam konteks yang lebih luas dari disiplin dan masyarakat kontemporer? Apakah organisasi artikel jelas? Apakah itu mencerminkan organisasi pernyataan tesis? Apa yang kamu pelajari? Apa yang akan kamu lakukan dengan informasi ini?