Sukses

18 Macam Email Terbaik dan Populer, Pahami Kelebihan dan Kekurangannya

Liputan6.com, Jakarta Mengetahui apa saja macam email terbaik dan populer ini penting. Email merupakan surat elektronik yang selama ini menjadi pengganti surat formal fisik.

Layanan surat elektronik membuat kegiatan mengirim dan menerima pesan formal terkait pekerjaan, bisnis, hingga pendidikan sekarang lebih mudah dan praktis.

Tak cuma untuk keperluan membuat surat formal. Akan tetapi, macam email terbaik dan populer yang ada sangat membantu untuk melancarkan proses komunikas.

Macam email secara umum dapat menjangkau audiens lebih banyak, mentransfer file, membuat akun media sosial, bekerja, dan lain-lain. Lebih kurang ada delapan belas macam email terbaik dan populer yang menyediakan layanan gratis.

Dari sekian banyak macam email terbaik dan populer tersebut memiliki keunikan dan kemampuan masing-masing yang ditawarkan. Berikut Liputan6.com ulas macam email terbaik dan populer dari berbagai sumber, Rabu (28/7/2021).

2 dari 4 halaman

Macam Email Terbaik dan Populer

1. Gmail

Mungkin tidak mengherankan bahwa macam email terbaik seperti Gmail menjadi yang teratas dalam daftar ini untuk salah satu akun email gratis. Gmail adalah layanan email gratis Google yang memiliki nuansa modern dan menyenangkan, terintegrasi erat dengan layanan Google lainnya, dan cukup baik dalam memblokir spam.

Macam email terbaik seperti Gmail juga memiliki beberapa fitur luar biasa lainnya, seperti opsi untuk menunda email, mengirim dan meminta uang melalui Google Pay, menjadwalkan email untuk dikirim nanti, dan mengirim email yang kedaluwarsa dan hanya dapat dibuka dengan kode khusus.

Gmail menawarkan penyimpanan email gratis sebesar 15 GB. Berbagai tema dapat Anda terapkan pada antarmuka Gmail untuk menyesuaikan tampilannya. Banyak pengaturan lanjutan, dan kemampuan untuk membuat filter dan label, mengimpor email dari akun email lain, dan banyak lagi.

2. Outlook Mail

Outlook Mail adalah layanan macam email terbaik dan gratis seperti Microsoft. Seperti macam email terbaik Gmail, Outlook memiliki antarmuka yang solid yang mudah digunakan. Outlook sangat intuitif - semudah mengklik kanan email untuk menemukan opsi lebih lanjut seperti memindahkan atau menghapus pesan dan mencari setiap email dari satu pengirim, misalnya.

Outlook menawarkan 15 GB penyimpanan gratis untuk setiap pengguna. Anda dapat menghubungkan Skype, Facebook, PowerPoint, PayPal, dan bahkan perangkat lunak manajemen tugas seperti Trello. Outlook juga terintegrasi dengan sejumlah aplikasi komunikasi populer lainnya.

3. Yahoo Mail

Yahoo Mail adalah akun email gratis yang ditawarkan oleh Yahoo. Setiap pengguna baru mendapat penyimpanan gratis 1 TB. Selain tema latar belakang khusus dan kemampuan untuk mencari informasi kunci dari kotak masuk, Yahoo! Mail juga memudahkan untuk menemukan setiap foto, video, dan dokumen yang pernah Anda lampirkan atau terima melalui email.

Macam email terbaik seperti Yahoo Mail mungkin adalah layanan email terbaik dalam hal identitas alternatif, atau alias. Anda juga dapat membuat hingga 500 alamat sekali pakai yang terhubung dengan alamat email utama tetapi tidak mengandung namamu atau data pribadi lainnya.

Ini sangat berguna jika Anda sering mendaftar untuk akun web dan tidak ingin kotak masuk regulermu di-spam atau diisi dengan email yang tidak berguna. Cukup hapus saja alamat sekali pakai jika spam sudah terlalu berlebihan.

4. AOL Mail

AOL Mail adalah opsi macam email terbaik gratis lainnya. America Online (AOL) merupakan alah satu penyedia internet dial-up paling populer di dunia. AOL memiliki sesuatu di atas Gmail yaitu penyimpanan tidak terbatas.

Seperti beberapa penyedia email, Anda dapat dengan cepat memfilter pesan untuk hanya menampilkan email yang belum dibaca atau dibaca, ditandai atau tidak ditandai.

Banyak pengaturan lanjutan dapat disesuaikan seperti mengubah sensitivitas filter spam, mengontrol siapa yang dapat Anda kirimi email, mengaktifkan panel baca, dan memblokir email yang berisi kata-kata tertentu.

5. ProtonMail

Perbedaan utama antara macam email terbaik seperti ProtonMail dan layanan email lainnya di atas adalah bahwa layanan ini berpusat pada enkripsi. Artinya Anda dapat mengirim email tanpa rasa takut bahwa orang-orang di ProtonMail, atau siapa pun selain penerima, dapat membaca pesan tersebut.

Jika Anda memilih untuk mengenkripsi pesan, Anda dapat mengatur waktu kedaluwarsa sehingga pesan tersebut dihancurkan dan tidak dapat dibaca setelah durasi yang Anda tentukan. Macam email terbaik seperti ProtonMail juga berfungsi dari perangkat seluler. Anda dapat menginstal aplikasi di ponsel atau tablet Android atau iOS.

Penerima yang menerima pesan terenkripsi membuka pesan melalui tautan yang meminta kata sandi, tempat pesan itu dienkripsi dan ditampilkan di browser. Mereka dapat membalas melalui saluran terenkripsi melalui pesan yang sama dengan yang mereka dekripsi, dan bahkan tidak perlu memiliki akun macam email terbaik seperti ProtonMail.

6. Mail.com

Perbedaan utama antara macam email terbaik seperti Mail.com dan penyedia lain dalam daftar ini adalah Anda dapat memilih di antara lebih dari 200 domain gratis. Menggunakan email ini Anda bebas memilih domain email yang tersedia. Misalnya Anda bisa memiliki email dengan domain @myself.com atau engineer.com.

Domain email dikategorikan ke dalam beberapa bagian sehingga mudah ditemukan yang berhubungan dengan pekerjaan, hobi, teknologi, dan musik tertentu. Ini menjadikan macam email terbaik seperti Mail.com sebagai penyedia layanan email gratis yang unik.

3 dari 4 halaman

Macam Email Terbaik dan Populer

7. Pepipost

Pepipost adalah salah satu layanan email yang menggunakan Email API dan SMTP Relay, sehingga cocok untuk layanan transaksi email, email delivery service, bulk dan email sending service.

Banyak fitur yang ada di macam email terbaik seperti Pepipost, mulai dari data security, real time reports kala email masuk atau tak masuk, Webhooks, bounce notifications, history log selama 90 hari, dan manajemen sub-akun. Keunggulan utamanya adalah kecepatan Pepipost dalam mengirim email.

Satu-satunya kekurangan adalah ketika kita menggunakan versi gratis, kita dibatasi hanya 100 email per hari.

8. iCloud

iCloud adalah layanan email dan cloud untuk pengguna Mac. Layanan macam email terbaik ini disertai kapasitas storage dan kemampuan sharing yang baik khas Apple.

Kelebihannya pun cukup banyak, mulai dari cloud storage, kemudahan download di perangkat non Apple, kemudahan akses, kemampuan sharing hingga 5GB, serta gratis storage 5GB.

9. GMX Mail

GMX adalah layanan email gratis yang keunggulan utamanya adalah soal sharing. Pasalnya Anda bisa melampirkan file hingga 500MB dengan kemampuan online storage sampai 2GB. Sayangnya, macam email terbaik seperti GMX Mail tidak dilengkapi dengan autentikasi dua faktor. Jadi, file yang Anda bagi masih cukup rentan untuk diakses dari perangkat tidak dikenal.

10. Zoho

Zoho adalah layanan email yang cocok untuk bisnis skala kecil, karena beberapa fitur yang menarik. Mulai dari expense tracker, kemampuan nge-tag seseorang dan melakukan share file, dan tidak adanya iklan. Namun kekurangan macam email terbaik seperti Zoho adalah tidak bisa mengimport kontak dari media sosial dan terbatas untuk digunakan 5 akun jika menggunakan versi gratis.

11. Welcome Email

Macam email terbaik untuk bisnis adalah welcome email. Dilansir dari mailigen.com, welcome email adalah salah satu email yang paling sering dibuka dan dibaca oleh pelanggan. Ini karena email ini menjadi usaha dari pelaku bisnis untuk berbicara dengan pelanggan baru yang ingin terhubung dengan Anda.

Konten dari welcome email harus membuat pelanggan baru terbiasa dengan merek Anda, menetapkan ekspektasi, dan membuat mereka bersemangat menjadi bagian dari lingkaran dalam Anda.

Selain itu, jangan terlalu dini untuk menawarkan diskon atau mempromosikan penawaran tertentu dalam welcome email. Welcome email dapat menghasilkan pendapatan hingga 320% lebih banyak dibandingkan dengan jenis email promosi lainnya, jadi Anda pasti dapat memanfaatkan tarif terbuka yang tinggi dari email ini untuk melakukan penjualan yang ditargetkan.

Detail welcome email bergantung pada pesan merek, audien target, penawaran produk atau layanan tertentu, serta strategi dan sasaran pemasaran konten Anda.

12. Email Diskon atau Promosi Khusus

Macam email terbaik untuk bisnis yaitu email diskon atau promosi khusus. Ini adalah jenis email yang berisi diskon, kupon, atau penawaran khusus lainnya yang Anda kirimkan kepada pelanggan sebagai tanda "terima kasih" karena telah terdaftar dalam daftar pelanggan.

Tidak semua model bisnis menyertakan penawaran penjualan dan diskon, tetapi praktik yang baik adalah mengirimkan semacam penawaran khusus yang eksklusif untuk pelanggan sesekali agar pelanggan merasa bahwa mereka istimewa dan untuk menunjukkan terima kasih karena tetap setia pada merek Anda.

Idealnya, diskon atau penawaran khusus menghasilkan penjualan dan mendorong dukungan. Untuk memastikan email penawaran khusus Anda berhasil, pastikan untuk menambahkan elemen urgensi atau kelangkaan pada penawaran untuk menginspirasi pelanggan Anda untuk bertindak sekarang.

 

4 dari 4 halaman

Macam Email Terbaik dan Populer

13. Email Tawaran Baru

Macam email terbaik untuk bisnis adalah email penawaran baru. Email penawaran baru dapat mencakup beberapa hal, termasuk peluncuran produk baru, perilisan edisi terbatas, promosi khusus, acara mendatang, atau opsi untuk memesan produk di muka.

Terlepas dari apa produk atau layanan baru Anda, pelanggan harus menjadi yang pertama tahu. Subscriber email adalah beberapa pelanggan Anda yang paling terlibat dengan bisnis Anda, jadi membagikannya dengan mereka adalah cara yang bagus untuk menunjukkan penghargaan kepada mereka.

14. Email Buletin

Macam email terbaik untuk bisnis yakni email buletin. Dari semua jenis email, buletin email adalah cara yang efektif untuk melakukan pemeliharaan prospek dan menjaga hubungan dengan pelanggan Anda. Namun, membuat buletin yang benar-benar dibaca orang bisa menjadi proyek sendiri.

Sebelum mengirimkan email buletin, ada baiknya melakukan beberapa penelitian pasar. Jelajahi industri Anda untuk melihat apakah buletin adalah praktik yang umum dan jika demikian, gali lebih dalam untuk mempelajari lebih lanjut tentang apa yang termasuk dan seberapa sering email jenis ini dikirim.

15. Email Survei

Macam email terbaik untuk bisnis yaitu email survei. Daftar email Anda mencakup beberapa pelanggan prospektif yang paling terlibat, dan Anda dapat menjadikannya tambang emas untuk melakukan riset pasar dan menerima umpan balik melalui survei. Orang-orang ada di dalam daftar email Anda dapat memberikan wawasan tentang apa yang mereka nikmati, apa yang tidak mereka sukai dan apa yang mereka ingin lihat di masa depan. Ini juga dapat mengungkapkan alasan mengapa orang belum melakukan pembelian.

Di badan email survei, pastikan untuk berterima kasih kepada pelanggan karena telah meluangkan waktu untuk mengisinya dan jelaskan bahwa Anda mengirimkannya dengan tujuan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik. Pastikan untuk memberikan perkiraan berapa lama survei akan berlangsung sehingga orang tahu jika mereka punya waktu untuk menyelesaikannya. Karena umpan balik lebih menguntungkan daripada pembaca Anda, ada baiknya juga menawarkan sedikit insentif untuk waktu mereka.

Sebelum Anda mengirim riset pasar atau email umpan balik, diskusikan dengan tim Anda informasi apa yang paling berharga untuk dipelajari. Melakukan ini sekarang dapat membantu membentuk pertanyaan mana yang Anda ajukan dan siapa target yang Anda hubungi.

16. Email Rujukan

Email rujukan adalah cara yang bagus untuk menghasilkan pemasaran dari mulut ke mulut dalam bisnis Anda. Dengan meminta pelanggan yang senang sebelumnya untuk merujuk bisnis Anda ke jaringan sosial mereka, Anda dapat membangun loyalitas pelanggan dan menarik pelanggan baru.

Perlu diperhatikan bahwa pelanggan rujukan tidak sama dengan pelanggan baru biasa. Prospek rujukan cenderung mengonversi 30% lebih baik daripada prospek yang dihasilkan dari saluran pemasaran lain karena mereka sering dirujuk oleh teman, keluarga, atau sumber terpercaya lainnya. Artinya, karena mereka sudah menjadi penggemar bisnis Anda sebelum membeli, mereka cenderung lebih sering membeli dan menunjukkan loyalitas selama perjalanan pembelian.

Email rujukan juga cocok dengan email umpan balik. Anda dapat melakukan segmentasi daftar berdasarkan hasil survei dan meminta mereka yang kemungkinan besar akan merekomendasikan merek Anda kepada teman untuk secara proaktif merujuk bisnis Anda ke jaringan mereka dengan imbalan hadiah atau status yang lebih tinggi.

17. Email Konten Eksklusif

Email konten eksklusif sangat bagus untuk membangun hubungan dan memberi pelanggan Anda tip, trik, dan sumber daya yang mungkin berguna bagi mereka. Ini menunjukkan bahwa Anda telah memikirkan tentang apa yang mereka pedulikan dan bagaimana Anda dapat membantu mereka.

Dengan menawarkan konten eksklusif yang berharga, pelanggan Anda akan tahu bahwa mereka dapat meminta informasi menarik, relevan, dan bermanfaat yang berhubungan dengan kehidupan dan kebutuhan mereka.

18. Email Reorder

Macam email terbaik untuk bisnis yakni email reorder. Email reorder adalah cara efektif untuk melibatkan kembali pelanggan lama dengan penawaran yang Anda tahu akan mereka sukai. Dengan mengirimkan email yang berisi penawaran untuk sesuatu yang telah mereka beli di masa lalu, Anda dapat mengingatkan mereka bahwa sudah waktunya untuk membeli lagi.

Email reorder juga dapat bertujuan untuk meningkatkan penjualan dengan menawarkan peningkatan, aksesori tambahan, atau item berguna lainnya yang dapat meningkatkan pengalaman mereka dengan pembelian sebelumnya.