Sukses

10 Cara Mengatasi Cegukan dengan Cepat dan Mudah, Tidak Hanya Minum Air

Liputan6.com, Jakarta Cara mengatasi cegukan yang paling populer dan paling mudah tentunya adalah dengan minum air putih. Namun, tanpa air putih pun kamu bisa menghilangkan kondisi yang cukup menyebalkan ini. Walaupun bisa hilang dengan sendirinya, kamu tentu ingin cegukan teratasi dengan segera.

Cegukan sendiri secara umum disebabkan karena sesuatu menyebabkan diafragma mengalami kejang. Otot diafragma adalah struktur yang berada di bawah ulu hati dan di atas perut. 

Setiap kejang diafragma membuat laring dan pita suara menutup secara tiba-tiba. Namun, udara dipaksa keluar melalui pita suara yang tertutup sehingga menciptakan suara cegukan.

Penyebab cegukan sering kali hanyalah kondisi yang ringan dan dapat hilang dalam beberapa saat. Makan terlalu cepat, perubahan suhu mendadak, makan makanan penyebab gas, minum minuman berkarbonasi, terlalu banyak menelan udara, hingga kegembiraan atau stres emosional bisa mengakibatkan cegukan.

Namun, ada juga kemungkinan cegukan yang berisiko. Hal ini terutama bila cegukan yang kamu alami terjadi terus menerus selama lebih dari 3 jam. Jika mengalami cegukan secara terus menerus dan tidak berhenti dalam waktu lama, segera konsultasikan ke dokter.  

Cara mengatasi cegukan bisa dilakukan dengan berbagai cara sederhana.  Kamu bisa mengatur pernapasan, melakukan gerakan sederhana, hingga memijat beberapa bagian dalam tubuh. Berikut Liputan6.com rangkum dari KlikDokter dan berbagai sumber lainnya, Rabu (28/7/2021) tentang cara mengatasi cegukan.

2 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Cegukan dengan Cepat

Menahan napas 

Cara mengatasi cegukan yang sangat sederhana untuk dilakukan adalah dengan menahan napas. Ini juga merupakan cara yang paling dikenal banyak orang. Tahan napas sekitar 10-20 detik, lalu menelan ketika cegukan terasa akan muncul kembali. Lakukan sebanyak 2-3 kali, kemudian tarik napas dan mulai lagi dari awal.

Bernapas dalam kantong kertas

Masih terkait dengan menahan napas, alternatif lainnya adalah bernapas dalam kantong kertas. Cara mengatasi cegukan ini juga sangat mudah, kamu tinggal menghirup udara lalu buang dalam kantong kertas tersebut berulang kali dalam periode tertentu.

Caranya, tempelkan kantong kertas tersebut ke mulut dan hidung (jangan seluruh wajah). Tiup dan hirup sebanyak 10 kali dengan cepat dan kuat. Bernapas dalam kantong kertas dapat meningkatkan kadar karbondioksida dalam darah.

Hal ini akan membuat otot diafragma yang tadinya tegang menjadi rileks kembali dan cegukan pun berhenti. Perlu diingat untuk tidak menggunakan kantong plastik. Hal ini karena saat kamu mengambil napas, kantong plastik dapat menempel di mulut dan hidung.

3 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Cegukan dengan Cepat dan Mudah

Menutup hidung dan minum air

Menutup hidung dan minum air juga sering dilakukan sebagai cara mengatasi cegukan terus-menerus. Tarik napas dalam lalu tutup hidung, minumlah 10 tegukan air ketika sedang tidak bernapas. Minum air dalam posisi membungkuk juga dapat dilakukan untuk menghilangkan cegukan.

Selain itu, kamu juga dapat melakukan gerakan menelan sambil menekan bagian hidung bila mengalami cegukan saat sedang puasa. Hal ini dapat membantu otot diafragma untuk relaksasi, sebagai cara menghilangkan cegukan saat puasa.

Menutup kedua telinga

Cara mengatasi cegukan berikutnya yaitu menutup telinga menggunakan jari tangan selama 20-30 detik. Cara ini diyakini dapat mengirimkan sinyal relaksasi melalui saraf vagus, yang terhubung ke diafragma, sehingga cegukan akan hilang.

Menelan satu sendok teh gula pasir kering

Menelan satu sendok teh gula pasir kering juga dinilai cukup ampuh meredakan cegukan. Gula dianggap dapat memberi sinyal melalui serabut saraf yang akan memengaruhi lengkung refleks cegukan.

4 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Cegukan dengan Cepat

Duduk memeluk lutut

Cara mengatasi cegukan berikutnya adalah dengan duduk memeluk lutut. Duduk dengan posisi kaki ditekuk, kemudian dekatkan kaki ke arah dada dan peluk menggunakan kedua tangan. Condongkan badan ke depan untuk memberikan penekanan di area diafragma. Lakukan selama beberapa menit hingga cegukan berkurang atau menghilang.

Membalik posisi tubuh

Membalik posisi tubuh dengan berbaring lalu meletakkan kaki pada dinding juga dapat kamu lakukan sebagai cara mengatasi cegukan tanpa minum air. Gerakan ini mengakibatkan posisi tubuh akan terbalik yakni kepala di bawah dan kaki di atas, yang dapat mengatasi masalah cegukanmu.

5 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Cegukan dengan Cepat dan Mudah

Pijat lembut area ulu hati

Kamu juga dapat melakukan pijatan dengan ujung jari secara lembut pada bagian ulu hati sebagai cara mengatasi cegukan. Lakukan selama 20-30 detik dan umumnya cegukan akan berhenti.

Pijat arteri leher

Arteri pada leher yakni karotis yang dapat kamu rasakan denyut nadi di kedua bagian leher dapat kalian pijat dengan lembut. Sehingga bisa menjadi cara mengatasi cegukan saat puasa tanpa minum air. 

Tidak perlu memberi pijatan yang berlebihan, kamu cukup letakkan kedua tangan pada arteri karotis leher lalu putar kepala dengan berlawanan jarum jam. Lakukan cara ini selama kurang lebih 5 hingga 10 detik hingga cegukan reda dan hilang.

Memijat telapak tangan

Tekan telapak tangan bagian bawah ibu jari, yang terletak di antara ibu jari dan jari telunjuk juga bisa menjadi cara mengatasi cegukan. Caranya, tekan telapak tangan menggunakan ibu jari tangan lainnya. Kamu juga bisa menekan telapak tangan bagian bawah ibu jari, yang terletak di antara ibu jari dan jari telunjuk. Lakukan beberapa kali agar cegukan dapat hilang sepenuhnya.