Sukses

12 Cara Menyembuhkan Sakit Gigi Secara Alami dan Ampuh

Ini bahan alami yang dapat menyembuhkan sakit gigi, seperti garam, lidah buaya, peppermint, bawang putih, cuka apel, dan masih banyak yang lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Cara menyembuhkan sakit gigi dapat dilakukan dengan bahan alami yang ada di sekitar kita. Sakit gigi dapat menggangu aktivitas sehari-hari. Rasa nyut-nyutan bisa sangat mengganggu dan berdampak buruk pada aktivitas sehari-hari.

Sayangnya saat sakit gigi kadang tak bisa langsung diatasi dengan pergi ke dokter, terlebih di kondisi pandemi Covid-19 ini. Untuk itu perlu mengetahui cara yang mudah dan ampuh untuk menyembuhkan sakit gigi di rumah.

Jika sakit kepala tidak segera diobati, maka ngilu yang dirasakan biasanya tidak cuman membuat susah makan dan minum tapi juga sampai merambat ke kepala. Untuk itu, ada cara tradisional untuk menyembuhkan sakit gigi dengan bahan alami. Beberapa diantaranya adalah garam, kantong teh, lidah buaya, bawang putih, cuka, thyme, hingga daun jambu biji.

Berikut ini ada beberapa cara menyembuhkan sakit gigi secara alami yang perlu Anda ketahui, yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (28/7/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Kumur Air Garam dan Kantong Teh Peppermint

1. Kumur Air Garam

Menggunakan air garam untuk kumur adalah salah satu cara menyembuhkan sakit gigi darurat yang sering diterapkan di rumah. Air garam adalah bahan anti bakteri alami yang mampu mengurangi reaksi radang. Air garam juga merupakan disinfektan alami yang membantu membersihkan gigi dari sisa makanan. Untuk mengaplikasi cara ini, cukup larutkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air biasa atau hangat. Larutan tersebut selanjutnya digunakan sebagai obat kumur saat sakit gigi.

2. Kantong Teh Peppermint

Cara menyembuhkan sakit gigi yang selanjutnya adalah dengan menggunakan kantong teh peppermint. Dalam beberapa studi kasus, peppermint mengandung senyawa mentol yang berfungsi sebagai anti bakteri dan anti oksidan. Mentol juga memberi efek dingin yang meringankan rasa nyeri, sehingga cocok sebagai salah satu cara mengobati sakit gigi.

Bagi yang ingin mencoba cara ini bisa menggunakan kantong teh peppermint yang sempat digunakan. Suhu kantong teh jangan terlalu panas sebelum diaplikasikan pada gigi yang terasa sakit. Cara lainnya adalah menggunakan kantong teh peppermint yang telah dimasukkan ke dalam freezer.

3 dari 7 halaman

Minyak Cengkeh dan Bawang Putih

3. Minyak Cengkeh

Senyawa eugenol dalam minyak cengkeh terbukti efektif sebagai salah satu cara menyembuhkan sakit gigi. Sebagai antiseptik alami, eugenol juga menekan risiko peradangan ketika terjadi gangguan dalam rongga mulut.Untuk menggunakan minyak cengkeh sebagai obat sakit gigi, cukup dengan meneteskannya pada kapas yang disentuhkan pada bagian yang sakit. Cara ini bisa dilakukan beberapa kali dalam sehari hingga rasa sakit berkurang. Cara lainnya adalah melarutkan minyak cengkeh dalam segelas air dan digunakan sebagai obat kumur. Penggunaan minyak cengkeh untuk obat sakit gigi tidak disarankan untuk anak karena berisiko menelan terlalu banyak.

4. Bawang Putih

Bawang putih adalah bahan rumah tangga lain yang biasa digunakan sebagai cara menyembuhkan sakit gigi. Senyawa allicin yang terdapat dalam bawang putih memiliki efek anti bakteri yang sangat kuat. Allicin inilah yang membantu mengurangi bakteri dalam mulut hingga mengakibatkan sakit gigi.Anti bakteri juga menekan risiko terjadinya plak pada gigi. Bagi yang ingin mencobanya, bawah putih bisa dihancurkan terlebih dulu menjadi pasta. Campuran bawang putih bisa ditambah garam secukupnya sebelum diaplikasikan pada gigi yang sakit. Cara lainnya bawang putih segar langsung dikunyah untuk meredakan sakit gigi. Bawang putih mungkin tidak cocok untuk semua orang karena aromanya yang sangat kuat.

4 dari 7 halaman

Daun Jambu Biji dan Bawang Merah

5. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji memiliki sifat anti radang dan anti mikroba yang membantu menyembuhkan luka serta meringankan sakit gigi. Untuk cara menyembuhkan sakit gigi, daun jambu biji bisa langsung dikunyah, sebelum mengunyah daun jambu biji sebaiknya pilih yang lunak dan sudah dicuci bersih. Cara lainnya adalah dengan merebus daun jambu dan menggunakannya sebagai obat kumur. Daun jambu biji telah terbukti efektif sebagai obat jangka pendek dengan efeknya yang cepat.

6. Bawang Merah

Bawang merah menjadi alternatif bagi yang tidak suka aroma bawang putih sebagai cara menyembuhkan sakit gigi. Senyawa anti mikroba dan anti septik dalam bawang merah membantu mengendalikan rasa nyeri. Sebagai obat, bawang merah bisa langsung dikunyah untuk meredakan rasa sakit. Cara lainnya adalah menghaluskan bawang merah dan menempelkannya ke bagian yang sakit.

5 dari 7 halaman

Cuka Apel dan Jahe

7. Cuka Apel

Cuka apel adalah disinfektan alami yang membantu menjaga kebersihan gigi dan mulut. Kandungan asam dalam cuka apel juga mampu mengendalikan bakteri dalam rongga mulut. Manfaat inilah yang menyebabkan cuka apel menjadi alternatif cara menyembuhkan sakit gigi. Penggunaan cuka apel sebagai obat sakit gigi cukup dengan melarutkannya dalam segelas air dan dikumur-kumur. Cara lain adalah dengan meneteskannya dalam gulungan kapas kecil dan ditempelkan ke bagian yang sakit. Cara ini bisa dilakukan beberapa kali dalam sehari hingga rasa sakit terasa lebih ringan.

8. Jahe

Rempah jahe mengandung antibiotik alami yang mampu meredakan rasa nyeri. Jahe tak hanya digunakan sebagai cara menyembuhkan sakit gigi, namun juga ketika perut terasa tidak nyaman. Untuk meringankan sakit gigi, jahe bisa digeprek lebih dulu dan ditempelkan ke bagian yang sakit. Cara ini bisa dilakukan beberapa kali hingga kondisi terasa lebih baik.

6 dari 7 halaman

Tyme dan Lidah Buaya

9. Thyme

Thyme adalah tumbuhan aromatik yang berasal dari mint family. Minyak esensial dalam thyme punya efek antiseptic dan anti jamur yang bisa meredakan rasa nyeri saat sakit gigi. Daun thyme juga kerap digunakan untuk membantu menyembuhkan penyakit infeksi yang menyerang paru misal bronkitis.Jika ingin digunakan sebagai cara menyembuhkan obati sakit gigi, minyak thyme dilarutkan dalam segelas air menjadi obat kumur. Cara lainnya adalah meneteskan minyak thyme dalam kapas, yang kemudian diaplikasikan pada bagian yang sakit. Setelah diulang beberapa kali, nyeri akibat sakit gigi akan terasa lebih ringan.

10. Lidah Buaya

Gel lidah buaya ternyata tidak hanya mampu menyembuhkan luka terbakar atau terpotong yang ringan. Manfaat lainnya adalah sebagai cara menyembuhkan sakit gigi yang ampuh dan alami. Dalam beberapa studi kasus, lidah buaya punya efek anti bakteri alami yang mampu membunuh bakteri penyebab kerusakan gigi. Gel lidah buaya langsung diaplikasikan pada gigi yang sakit dan dipijat perlahan hingga rasa sakit berkurang.

7 dari 7 halaman

Lemon dan Kunyit

11. Lemon

Lemon ternyata tidak hanya baik untuk sistem imun saja. Keasaman buah ini dinilai cukup efektif untuk mengatasi sakit gigi. Lemon kaya akan antiseptik dan antibakteri. Cara menggunakan lemon untuk menyembuhkan sakit gigi sangat sederhana. Peraslah lemon dan biarkan tetesannya menyentuh bagian gigi yang terasa sakit. Bisa pula mencampurkan sedikit perasan buah lemon dengan sedikit air dan gunakan kapas, lalu aplikasikan pada gigi yang sakit.

12. Kunyit

Kunyit yang biasa dipakai untuk menyedapkan masakan ternyata juga bermanfaat sebagai menyembuhkan sakit gigi. Senyawa curcumin dalam kunyit diketahui efektif untuk melawan bakteri penyebab infeksi gusi dan meredakan peradangannya. Untuk menjaga kesehatan mulut dan menyembuhkan sakit gigi, Anda bisa mengolah kunyit dengan dua cara.

Pertama, parut setengah ruas kunyit dan letakan pada gigi yang bermasalah selama beberapa menit. Kedua, Anda bisa mengolah kunyit menjadi pasta gigi. Caranya, campurkan parutan kunyit dengan baking soda dan minyak kelapa. Aduk rata semua bahan tersebut sampai membentuk krim kental. Gunakan krim ini setiap kali Anda ingin menyikat gigi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.