Sukses

12 Macam Kuliner Magelang yang Enak dan Cocok Dijadikan Oleh-Oleh

Liputan6.com, Jakarta Macam kuliner Magelang  bisa menjadi alternatif tujuan liburan yang seru. Selain menikmati pesona alam dan destinasi wisata lainnya, menikmati kuliner khas daerah tentunya tidak boleh dilewatkan. Apalagi Magelang memiliki banyak kuliner yang menggugah selera.

Bagi kamu yang menyukai makanan-makanan dengan rasa yang manis ataupun makanan yang kaya rempah, Magelang merupakanpilihan tepat. Berbagai makanan khas Magelang seperti Kupat Tahu, Mangut Beong, hingga tape ketan mungkin sudah tidak asing terdengar.

Macam kuliner Magelang ini juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Wisata kuliner di Magelang juga sangat seru dengan suasana yang cukup sejuk, karena dikelilingi pegunungan. Hal ini tentunya membuat selera makan kamu bertambah.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (29/7/2021) tentang macam kuliner Magelang.

2 dari 5 halaman

Macam Kuliner Magelang Makanan Berat

Kupat Tahu

Macam kuliner Magelang yang pertama tentunya adalah kupat tahu. Kupat tahu memang menjadi kuliner Magelang yang menjadi incaran banyak wisatawan. Dengan isian potongan tahu halus yang sudah digoreng, lontong, kecambah, kubis, bakwan goreng, daun seledri, hingga bawang goreng yang banyak.

Jika kamu penyuka pedas, bisa juga ditambahkan ulekan cabai agar lebih lezat. Camilan pendampingnya adalah gorengan kerupuk dan keripik yang renyah kriuk-kriuk. Warung kupat tahu yang bisa kamu kunjungi saat ke Magelang adalah Warung Pak slamet di Jalan Tentara Pelajar, Kemirirejo, Magelang. Warung ini buka dari jam 08:00 hingga 22:00 WIB.

Mangut Beong

Selain itu, sajian makanan berat sebagai macam kuliner Magelang selanjutnya adalah Mangut Beong Sehati Borobudur. Sajian ikan beong atau lele besar dimasak mangut pedas dengan bumbu rempah dan kuah santan akan memanjakan lidahmu. Harga mangut lele ini bervariasi tergantung bagian potongan ikan atau utuh.

Berlokasi sekitar 3 Km dari Candi Borobudur di Desa Kembanglimus, kamu bisa menunjunginya sebelum atau setelah berwisata ke Candi Borobudur. Dengan menikmati sajian mangut beong ini, tentunya kamu akan lebih bertenaga dengan rasanya yang juga sangat lezat.

3 dari 5 halaman

Macam Kuliner Magelang Makanan Berat

Sup Senerek

Macam kuliner Magelang selanjutnya adalah Sup Senerek. Sup senerek yang paling terkenal adalah sup senerek Bu Atmo. Wisata kuliner Magelang satu ini cocok dijadikan untuk mengawali pagimu sebagai sarapan agar stamina terisi sebelum jalan-jalan.

Jika kamu belum terlalu familiar dengan kata senerek, kamu mungkin bisa mengenalnya sebagai sup kacang merah. Dalam kuah bening, kacang merah dimasak bersama wortel, bayam dan tetelan sapi. Sup senerek disajikan dengan nasi hangat, ada pelengkapnya seperti sambal dan tahu-tempe bacem.

Sup senerek Bu Atmo merupakan tempat yang legendaris dan wajib dikunjungi. Seporsi sup senerek Bu Atmo bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 15 ribu saja, sudah termasuk teh hangat.

Sego Godog

Selain itu, ada lagi macam kuliner Magelang berupa sajian berat yang tak kalah lezat, yaitu Sego Godhog atau nasi rebus. Sama seperti membuat mie goreng, hanya saja diganti dengan nasi. Kuliner Magelang ini memiliki isian nasi, mie, dan suwiran daging. Di beberapa warung juga ada yang menambahkan irisan jeroan sapi. Harganya cukup murah hanya 13ribu rupiah saja.

Kamu bisa menemukan sego godhog ini di sepanjang jalan dekat alun-alun Kota Magelang, buka dari jam 10 pagi hingga 9 malam.

Wedang Kacang 

Macam kuliner Magelang juga menawarkan minuman khas yang cocok dinikmati pada malam hari, yaitu Wedang Kacang. Dimasak dari kacang tanah, gula Jawa, dan gula pasir. Wedang kacang ini memiliki kuah putih santan yang menghangatkan tubuh. Apalagi ada camilan pelengkap yaitu sate pisang yang manis.

Kamu bisa mencicipi wedang kacang ini di Jalan Pajang, Kemirirejo, Magelang. Buka dari pukul 17:30 hingga 21:00 WIB, wisata kuliner Magelang satu ini sangat disayangkan kalau terlewati begitu saja. Apalagi kalau dinikmati setelah puas memandangi panorama indah Candi Borobudur.

4 dari 5 halaman

Macam Kuliner Magelang yang Cocok Dijadikan Oleh-Oleh

Tape Ketan Muntilan

Tape Ketan khas Magelang bisa kamu jadikan sebagai makanan untuk oleh-oleh. Walaupun makanan tradisional ini sudah banyak ditemukan di kota-kota lain, namun tape ketan khas Magelang ini memiliki perbedaan.

Perbedaan tape ketan sebagai macam kuliner Magelang terletak pada warna hijaunya yang menarik. Warna hijau tersebut dibuat menggunakan bahan pewarna alami, yaitu daun katu, sehingga tetap aman dikonsumsi oleh siapa saja.

Buntil Daun Talas

Kamu juga bisa membawa buntil daun talas sebagai oleh-oleh khas Magelang. Macam kuliner Magelang ini dibuat dari daun talas muda yang di dalamnya berisi parutan kelapa muda dengan ikan teri, ikan asin, udang rebon, dan tambahan petai.

Macam kuliner Magelang ini hampir mirip dengan pepes atau botok. Hanya saja buntil daunt alas bagian pembungkusnya bisa dimakan, karena memang dibungkus langsung dengan daun talas yang sudah dikukus bersamaan dengan isinya.

Gethuk Gondok

Gethuk Gondok merupakan salah satu macam kuliner Magelang yang tidak bisa dilewatkan saat berkunjung ke Magelang. Saat ke Magelang, jangan lupa untuk mampir dulu ke Pasar Rejowinangun yang terletak di Jalan Mataram.

Kamu bisa menemukan salah satu kuliner Magelang yang menjadi jajanan ikonik kota ini. Harganya Rp6 ribu saja untuk sekotak kecil. Selain gethuk juga ada jajanan pasar seperti klepon dan ongol-ongol.

5 dari 5 halaman

Macam Kuliner Magelang yang Cocok Dijadikan Oleh-Oleh

Keripik Slondok

Macam kuliner Magelang berikutnya adalah Keripik Slondok. Keripik Slondok menggunakan bahan baku singkong yang diolah dengan menggunakan bumbu rempah. Singkong yang sudah dibumbui akan lebih dahulu dijemur hingga kering.

Camilan renyah ini tersedia dalam beberapa varian rasa, seperti pedas, pedas manis, dan original. Selain dijual matang, Keripik Slondok juga dijual dalam bentuk mentah. Jadi, kamu bisa menggorengnya sendiri di rumah.

Getuk Trio

Sesuai namanya, Getuk Trio terdiri dari tiga lapisan dengan warna yang berbeda-beda, yaitu putih, cokelat, dan merah muda. Makanan ringan ini terbuat dari olahan singkong dengan kombinasi warna cantik dan dilengkapi topping gula merah dan parutan kelapa. Jadi, cita rasa makanan ringan ini semakin nikmat.

Getuk Bolen

Macam kuliner Magelang berikutnya adalah Gethuk Bolen. Walaupun sama-sama jenis makanan bernama getuk dan terbuat dari singkong, namun getuk bolen berbeda dengan Getuk Trio. Hal ini dikarenakan Getuk Bolen merupakan sebuah inovasi baru, yaitu getuk yang di dalamnya terdapat isian keju dan juga buah pisang.

Uniknya lagi, bagian luar Getuk Boleh dibalut dengan kulit pastry menyerupai mangkuk dan diolesi dengan pasta. Tak heran, penampilan dari Getuk Bolen ini sangat menarik dan tentunya cita rasanya juga lezat.

Grubi

Grubi merupakan salah satu camilan yang sangat terkenal di Magelang. Bahan baku yang digunakan untuk membuat Grubi adalah ubi jalar yang dibentuk menjadi seperti bola-bola.

Cita rasa makanan ringan ini perpaduan khas dari gula Jawa dan ubi, sehingga menghasilkan tekstur renyah ketika dimakan. Makanan ringan ini tidak menggunakan bahan pengawet dalam proses pembuatannya, karena gula Jawa sendiri memiliki kandungan alami yang dapat menjadi pengawet tradisional dari Grubi.