Sukses

Cara Daftar Upacara Virtual dan Lomba HUT Ke-76 RI yang Resmi Dibuka, Simak Rangkaian Acaranya

Liputan6.com, Jakarta Hari Kemerdekaan Indonesia jatuh pada tanggal 17 Agustus. Meski pandemi belum mereda di tahun 2021 ini, kemeriahan peringatan HUT ke-76 RI seperti upacara kemerdekaan tetap bisa dirasakan. Pemerintah telah resmi membuka situs resmi cara daftar upacara virtual HUT ke-76 RI pada 30 Juli 2021 lalu.

Sebanyak 40.000 peserta dapat mengikuti perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia secara virtual di Istana Negara, Jakarta. Tak hanya upacara, tetapi pemerintah pun telah mempersiapkan acara lomba 17 Agustus yang diselenggarakan secara virtual dengan 200 hadiah istimewa. Akses Rumah Digital Indonesia bisa dilakukan mulai 1 hingga 31 Agustus 2021 untuk bisa menikmati semarak kemerdekaan RI.

Ketua Bidang Pengembangan Konten Rumah Digital Indonesia, Putri Tanjung mengungkap masyarakat dapat mengikuti perlombaan khas 17 Agustus setelah menyelesaikan cara daftar lomba virtual HUT ke-76 RI seperti makan kerupuk, tarik tambang, hingga balap karung secara virtual.

Berikut Liputan6.com ulas cara daftar upacara virtual dan lomba HUT ke-76 RI di Istana Negara dari berbagai sumber, Minggu (1/8/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Daftar Upacara Virtual HUT Ke-76 RI di Istana Negara

Perayaan sakral memperingati HUT ke-76 RI yang dilaksanakan di Istana Negara, kini dilakukan secara virtual dan bisa diikuti oleh seluruh warga masyarakat Indonesia. Untuk bisa mengikuti, perhatikan cara daftar upacara virtual HUT ke 76 RI yang sudah resmi dibuka pada Jumat, (30/7/2021).

Situs cara daftar upacara virtual telah diluncurkan, alamat aksesnya https://pandang.istanapresiden.go.id/. Meski bisa diikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia, tetap saja pihak Istana membatasi jumlah pesertanya. Hanya 40.000 peserta yang bisa mengikuti perayaan hari kemerdekaan Indonesia dan sudah menyelesaikan cara daftar upacara virtual HUT ke-76 RI melalui situs yang tersedia.

Berikut cara daftar upacara virtual HUT ke-76 RI:

1. Mempersiapkan Syarat Cara Daftar Upacara Virtual HUT Ke-76 RI

- Calon peserta pendaftaran upacara virtual mempersiapkan E-KTP

- Calon peserta pendaftaran upacara virtual menyiapkan ponsel.

- Calon peserta pendaftaran upacara virtual menyiapkan koneksi internet yang stabil.

- Calon peserta pendaftaran upacara virtual menyiapkan foto (boleh swafoto).

2. Alur Cara Daftar Upacara Virtual HUT Ke-76 RI

- Mulai dengan membuka laman browser yang sering digunakan

- Isikan alamat situs website resmi cara daftar upacara virtual HUT ke-76 RI, pandang.istanapresiden.go.id

- Mulai isi formulir yang disediakan dengan membuka menu “daftar”.

- Ikutilah petunjuk pengisian formulir dari cara daftar upacara virtual HUT ke-76 RI di laman menu “daftar” tersebut.

3. Penyelesaian Cara Daftar Upacara Virtual HUT Ke-76 RI

- Proses penyelesaian cara daftar upacara virtual HUT ke-76 RI, dilakukan dengan konfirmasi pendaftaran.

- Konfirmasinya akan dikirimkan melalui email yang sudah didaftarkan calon peserta upacara virtual saat melakukan pengisian formulir cara daftar upacara virtual HUT ke-76 RI.

- Cek email yang sudah dicantumkan secara berkala agar bisa menyelesaikan cara daftar upacara virtual HUT ke-76 RI.

- Apabila cara daftar upacara virtual HUT ke-76 RI sudah diselesaikan sampai penyelesaian, calon peserta akan mendapatkan link upacara melalui email yang sudah didaftarkan.

- Lakukan akses ke link upacara virtual HUT ke-76 RI di Rumah Digital Indonesia sesuai petunjuk, yakni tanggal 17 Agustus 2021.

4. Persiapan Upacara Virtual HUT Ke-76 RI bagi Peserta

- Peserta yang sudah menyelesaikan cara daftar upacara virtual HUT ke-76 RI, diperkenankan memakai pakaian adat saat upacara virtual dilangsungkan.

- Wajib menerapkan protokol kesehatan ketat bila peserta menggelar videoconference secara bersama.

- Persiapkan tempat kondusif untuk melakukan upacara virtual.

- Selalu periksa perangkat yang akan digunakan untuk mengakses link upacara virtual HUT ke-76 RI, pastikan kamera dan mikrofon normal.

- Informasi gladi bersih dan hari pelaksanaan di Rumah Digital Indonesia akan dikirimkan melalui email saat proses pendaftaran, periksa secara berkala.

3 dari 4 halaman

Cara Daftar Lomba Virtual HUT Ke-76 RI di Istana Negara

Masyarakat Indonesia tak hanya bisa mengikuti pelaksanaan upacara virtual HUT RI ke-76 RI yang digelar di Istana Negara, Jakarta. Melainkan bisa sekaligus berpartisipasi dalam acara 17an dengan cara daftar lomba virtual HUT ke-76 RI melalui Rumah Digital Indonesia melalui laman rayakanmerdekamu.kemdikbud.go.id.

Kepala Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, di Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (30/7/2021) menjelaskan akan ada hadiah bagi 200 peserta upacara dengan cara daftar lomba virtual HUT ke-76 RI.

Proses pendaftaran dan pengumpulan karya lomba 17 Agustus di mulai dari 18 Juli hingga 9 Agustus 2021. Untuk tahap penilaian karya berlangsung pada 10-16 Agustus 2021. Karya-karya akan dipromosikan pada 17 hingga 31 Agustus 2021. Pemenang lomba diumumkan pada 25 Agustus bersamaan dengan pementasan puncak acara.

Ditegaskan oleh Staf Khusus Presiden RI Putri Tanjung bahwa upacara dan lomba 17an virtual dapat dilakukan masyarakat di Rumah Digital Indonesia. Rumah Digital Indonesia bisa mulai diakses masyarakat pada tanggal 1 hingga 31 Agustus 2021 di laman rumahdigitalindonesia.id untuk menyelesaikan cara daftar lomba virtual HUT ke-76 RI.

Ketua Bidang Pengembangan Konten Rumah Digital Indonesia, Putri Tanjung mengungkap masyarakat dapat mengikuti perlombaan khas 17 Agustus setelah menyelesaikan cara daftar lomba virtual HUT ke-76 RI seperti makan kerupuk, tarik tambang, hingga balap karung secara virtual.

Jangan sampai ketinggalan, langsung akses laman resmi Rumah Digital Indonesia untuk memahami cara daftar lomba virtual HUT ke-76 RI.

4 dari 4 halaman

Rangkaian Festival HUT Ke-76 RI di Rumah Digital Indonesia

1. Panggung Nasional

Panggung Nasional adalah panggung utama di RDI di mana akan berlangsung puncak perayaan kemerdekaan Republik Indonesia dengan menampilkan rangkaian acara:

Tanggal 1 Agustus 2021: Pembukaan oleh Presiden RI Joko Widodo, Bincang Bangsa bersama Putri Tanjung, dan Konser Kolaborasi Nusantara bersama Nadin Amizah, Teddy Adhitya, Idgitaf, Bilal Indrajaya, Adrian Khalif, SIVIA.

Konser Kolaborasi Nusantara dan Bincang Bangsa, Minggu 1 Agustus 2021, mulai pukul 15.00 WIB.

Tanggal 16 Agustus 2021: Upacara detik-detik proklamasi, Pidato Kenegaraan, Selebrasi Kemerdekaan, dan Komedi Lokal bersama Yura Yunita, Budi Doremi, Jemimah Cita, Putri Ariani, Indra Jegel, Arief Brata, dan masih banyak lagi.

2. Arena Lomba 17-an

Di sini, masyarakat bisa mengikuti perlombaan khas 17-an seperti lomba makan kerupuk, balap karung, tarik tambang, hingga panjat pinang secara virtual.

3. Ruang Seni dan Budaya

Dalam ruangan ini, masyarakat bisa menikmati berbagai konten kesenian yang kental dengan nuansa budaya Indonesia dari masyarakat umum, antara lain berupa: Tarian nuansa Nasional & kedaerahan, pembacaan puisi & syair, pertunjukan teater/drama/monolog, film pendek, hingga penampilan musik nuansa daerah & Nasional.

Rumah Digital Indonesia juga membuka kesempatan kepada teman-teman semua untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia dengan mengirimkan hasil karya kalian ke tautan bit.ly/joinvideokreasiHUTRI76 sebelum 20 Agustus 2021. Karya terpilih akan ditampilkan di Ruang Seni & Budaya RDI dan bisa ditonton seluruh masyarakat Indonesia

4. Ruang Komunitas

Dalam Ruang Komunitas, masyarakat bisa menikmati beragam konten perayaan unik kemerdekaan yang melibatkan masyarakat di segmen “Cerita Kemerdekaan”. Selain itu, masyarakat juga bisa mengakses fitur filter foto perayaan kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 dan filter Rumah Digital Indonesia.

5. Pasar Lokal

Ada bazaar virtual produk UMKM unggulan dari 34 provinsi yang terhubung dengan marketplace karya anak bangsa.

6. Ruang Literasi Digital

Ruang Literasi Digital menghadirkan berbagai konten yang mengajak masyarakat memanfaatkan internet untuk kegiatan positif dan produktif, sehingga bisa menciptakan ruang digital yang menyenangkan, penuh ilham, namun tetap aman dan beretika, di tengah hadirnya konten-konten negatif seperti penipuan digital, penyebaran hoaks, perjudian online, perundungan, kecanduan, dan berbagai tantangan lainnya.

7. Petualangan Nusantara & Wajah Indonesia

Sebuah peta interaktif dengan berbagai informasi per-provinsi, yaitu destinasi wisata, kuliner khas daerah dan Wajah Indonesia sebagai sosok pahlawan lokal yang telah berbuat sesuatu yang luar biasa dan berdampak bagi daerahnya.

Rayakan kemerdekaan Republik Indonesia dengan semangat Pancasila untuk Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh. Yuk, eksplor berbagai aktivitas menarik, mulai dari menyaksikan upacara, melihat pertunjukan seni hingga bermain permainan lomba khas 17-an di Rumah Digital Indonesia. Jangan lupa untuk menyaksikan Acara Pembuka Rumah Digital Indonesia pada tanggal 1 Agustus 2021 mulai pukul 15:00 WIB.

Informasi selengkapnya kunjungi website rumahdigitalindonesia.id dan Instagram @rumahdigitalindonesia.id