Sukses

Donasi Tembus Rp 155 Juta, Ibu Penjual Es Tebu yang Viral Kini Dapat Rumah Baru

Liputan6.com, Jakarta Masih ingat dengan ibu penjual es tebu yang dagangannya ditawar Rp 500 ribu? Beberapa waktu lalu, video yang menampilkan seorang wanita penjual es tebu viral di media sosial lantaran satu gelas dagangannya ditawar dengan harga tinggi oleh pembeli.

Pembeli yang merupakan pria pemilik akun TikTok @matpeciii itu membagikan sebuah video berjudul "Tutorial cara nawar harga ke pedagang kecil saat PPKM ala Mat Peci" yang tuai perhatian waraganet. Bahkan video itu ditonton hingga 20,6 juta kali.

Pedagang itu pun tak kuasa membendung air matanya setelah menerima uang ratusan ribu rupiah tersebut. Usai video itu viral, sang pembuat video, Mat Peci, membuka penggalangan dana untuk sang ibu penjual es tebu. Kini, dana itu telah terkumpul lebih dari Rp 155 juta.

Dana tersebut kemudian dibelikan sebuah rumah baru untuk ibu penjual es tebu itu. "Rumah untuk Ibu Penjual Es Tebu dari Donasi Netizen Indonesia," tulis Mat Peci pada keterangan video, seperti yang dikutip Liputan6.com pada Senin (2/8/2021).

 

2 dari 5 halaman

Sempat Menolak Pemberian Rumah

Video yang mencuri perhatian warganet itu menumbuhkan rasa empati yang membuat publik ikut membantu dengan memberikan donasi. Melalui Mat Peci, donasi tersebut dibelikan sebuah rumah untuk ibu penjual es tebu itu. 

"Alhamdulillah donasi dari teman-teman netizen Indonesia terkumpul Rp155.125.500 dan sudah Mat Peci belikan rumah untuk diberikan kepada ibu penjual es tebu. Ini rumah yang dibeli beralamat di perum Rancamanyar Kotabaru Cikampek," tulis Mat Peci dalam video.

Awalnya, penjual es tebu itu sempat menolak pemberian rumah. Tapi, Mat Peci mengaku harus menyerahkan amanah dari para donatur. Mat Peci pun membujuk ibu tersebut agar mau menerima.

"Proses penyerahan rumah. Ibu ini sempat menolak. Akhirnya Mat Peci bujuk agar mau menerima, karena Mat Peci mendapat amanah dari para donatur," sambungnya.

 

 

3 dari 5 halaman

Sujud Syukur dan Berderai Air Mata

Air mata pun pecah. Sang wanita penjual es tebu itu langsung sujud syukur. Ia bersujud cukup lama sambil terus menangis. Tak hanya sang ibu, Mat Peci pun tak kuasa menahan haru. Ia ikut menangis terjongkok di samping sang ibu pejual es tebu tersebut.

Mat Peci dan pedagang itu lalu masuk ke dalam rumah baru pemberian dari para donatur. Dari dalam ruang paling depan sudah disambut dengan spanduk bertuliskan "Hadiah rumah untuk ibu penjual es tebu dari netizen Indonesia."

Rumah minimalis dengan pagar hitam ini didominasi warna krem di bagian dalamnya. Memiliki dua kamar tidur, satu kamar mandi dan dapur.

4 dari 5 halaman

Terima Kasih untuk Para Donatur

Diketahui, selama ini ibu penjual es tebu tinggal di bangunan berukuran 6x6 meter. Rumah yang bukan miliknya itu, ia huni bersama 11 anggota keluarganya. Akhirnya, kini penjual es tebu itu bisa bernapas lega karena menerima rezeki dari orang-orang baik.

"Terima kasih kepada semua donatur dan orang-orang baik, semoga rezekimu berlimpah, sehat selalu dan bahagia selamanya. Kebaikan akan kembali dalam bentuk kebaikan, jangan pernah lelah untuk berbuat baik," tulisnya dalam video.

5 dari 5 halaman

Saksikan videonya berikut:

@matpeciii

Rumah untuk Ibu Penjual Es Tebu dari Donasi Netizen Indonesia 🙏🙏 #matpeci #fyp @achiehilman @ochihilman

♬ suara asli - MATPECIII - MATPECIII