Sukses

Viral Momen Liang Lahat Keluarkan Api Usai Digali, Alasannya Tak Terduga

Tak terduga, ini alasan munculnya api di kuburan menurut warganet.

Liputan6.com, Jakarta Beredar sebuah video yang menghebohkan media sosial. Video yang memperlihatkan liang lahat di sebuah pemakaman umum mengeluarkan api itu mendadak menjadi viral. Video yang berdurasi singkat itu dibagikan oleh akun Instagram @polsekmagelangselatan.

"Lagi #viral di medsos dan wa grup liang lahat #kuburan mengeluarkan api, waktu dan tempat dipersilahkan mungkin ada yang paham kejadian kapan dan dimana," tulisnya pada caption unggahan tersebut, seperti dikutip Liputan6.com pada Senin (2/8/2021).

Video viral itu juga dibagikan oleh akun @lambe_gosipupdate yang ditonton hingga 10 ribu kali. Tak banyak yang mendebat dan belum diketahui kapan dan di mana lokasi kejadian itu terekam. Namun, ada netizen yang mengungkapkan alasan mengapa liang lahat itu terbakar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Liang lahat keluarkan api setelah digali

Video memperlihatkan liang lahat di sebuah pemakaman itu mengeluarkan api usai digali oleh penggali kubur. Tampak liang lahat mengeluarkan api yang cukup besar setelah digali, kemudian berangsur-angsur mengecil.

Terlihat pula beberapa penggali kubur dan warga yang berada di lokasi tampak terdiam sambil melihat liang lahat yang terbakar tersebut. Terdengar beberapa warga yang tertawa sambil menunjuk ke arah pria yang disebut sebagai tukang gali kubur.

Pria bertopi itu lalu melambaikan tangannya ke kamera seraya tersenyum. Terdengar pula beberapa orang yang berbicara menggunakan bahasa daerah sambil menunggu api yang perlahan mengecil.

 

3 dari 4 halaman

Alasan Api Ada di Liang Lahat Menurut Warganet

Menurut salah satu netizen yang menulis di kolom komentar menjelaskan bahwa liang lahat tersebut sengaja dibakar oleh penggali kubur diduga karena banyak semut dan dapat mengganggu proses pemakaman.

"Jadi gini pak pol itu hoax kalo dibilang "MENGELUARKAN API" nah menurut info dari salah satu sumber "LIANG KUBUR TSB MEMANG SENGAJA DIBAKAR KARENA TERDAPAT BANYAK SEMUT DAN AKAN MENGGANGGU PROSES PEMAKAMAN" nah begitu yang bener pak pol," jelas akun @narpati_inst.

"Biasa rayapp. Bersarang d tanah klu ngg ada sarang semut gitu biasa nya sihh," tulis akun @valena_soediman.

"Pernah ditempat q kayak gtu,,,tpi emang sengaja dibakar karna banyak semut nya,,dimasukan daun2 bambu yg udah kering lalau dibakar supaya semut nya pada mati,,lalu dibersihin lg," cerita akun @nurul_huda_zaman.

4 dari 4 halaman

Saksikan Videonya Berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini