Sukses

10 Arti Kejatuhan Cicak Menurut Berbagai Sumber, dari Islam hingga Primbon Jawa

Liputan6.com, Jakarta Arti kejatuhan cicak sering kali dianggap mendapatkan sial oleh beberapa orang. Namun hal tersebut hanyalah mitos. Pasalnya, hewan melata yang satu ini dikenal dalam berbagai kepercayaan dalam memancatkan energi negatif bagi manusia sendiri.

Masyarakat Jawa pada umumnya memiliki kepercayaan tentang adanya roh atau jiwa pada benda-benda, tumbuh-tumbuhan, hewan, dan juga pada manusia sendiri. Semua yang bergerak dianggap hidup dan mempunyai kekuatan gaib dan memiliki roh yang buruk maupun yang baik. 

Sedangkan dalam kepercayaan agama Islam, cicak disebut sebagai hewan yang disunahkan untuk dibunuh karena hewan ini memang dianggap sebagai hewan fasik yang dapat memberikan dampak buruk bagi manusia. 

Untuk mengetahui secara rinci, berikut ini penjelasan mengenai arti kejatuhan cicak menurut berbagai kepercayaan yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (2/8/2021).

2 dari 3 halaman

Arti Kejatuhan Cicak Menurut Berbagai Kepercayaan

Ada beberapa arti kejatuhan cicak menurut berbagai kepercayaan yang wajib diketahui, diantaranya:

1. Arti Kejatuhan Cicak Pertanda Kehilangan Orang Tersayang

Arti kejatuhan cicak yang pertama seringkali dikaitkan dengan pertanda bahwa akan kehilangan orang yang Anda sayangi. Jika anggota tubuh sampai kejatuhan cicak, hal ini dipercaya sebagai pertanda akan terjadi hal buruk pada orang-orang tersayang. Lebih mengerikan lagi, hal ini juga ada yang meyakini bahwa sebagai pertanda akan datangnya berita kematian. Selain itu, orang yang mengalami kejatuhan cicak juga dapat diprediksi akan bertikai dengan orang terdekat seperti teman ataupun bahkan pacar. Jika tidak waspada, diyakini bisa-bisa hubungan Anda akan kandas begitu saja. Tetapi untungnya, Anda juga bisa menghindari kesialan ini dengan cara mengganti pakaian yang terkena oleh cicak.

2. Arti Kejatuhan Cicak Pertanda Akan Sakit

Arti kejatuhan cicak yang selanjutnya adalah jika Anda kejatuhan kotoran cicak tersebut secara tidak sengaja, maka sebagian orang percaya bahwa cicak tersebut digunakan oleh para dukun santet ataupun paranormal untuk mengirimkan santet dan penyakit. Oleh sebab itu, tidak aneh jika banyak orang akan selalu menghindari cicak yang berada tepat di atas kepala mereka. Diyakini bahwa jika Anda sampai kejatuhan kotorannya, maka Anda sebaiknya segera untuk membersihkan diri dan menghentikan segala aktivitas di luar rumah. Menurut mitos yang telah diyakini, kesehatan orang yang kejatuhan cicak tersebut akan menurun begitu saja.

3. Arti Kejatuhan Cicak di Kaki Pertanda Mengalami Nasib Buruk

Menurut tradisi agama Hindu, apabila seseorang kejatuhan cicak tepatnya di kaki ataupun paha merupakan pertanda bahwa hal buruk akan terjadi. Hal tersebut bisa diartikan dan berhubungan dengan kerugian baik hal finansial, kesehatan yang dapat memburuk, dan rencana dalam hidup yang selalu mengalami kegagalan. Selain itu, mitos lain juga menyebutkan jika kaki Anda dipanjat oleh cicak, maka hal buruk akan terjadi dalam waktu dekat. Hal ini berhubungan dengan orang yang akan merugikan atau bahkan mempersulit hidup Anda.

4. Arti Kejatuhan Cicak di Tangan Pertanda Baik

Arti kejatuhan cicak yang selanjutnya tidak selalu menjadi pertanda yang buruk. Meskipun kebanyakan mitos kejatuhan cicak berbicara tentang keburukan, mitos yang satu ini berbicara tentang hal yang sebaliknya. Konon, kejatuhan cicak di bagian tangan adalah sebuah pertanda baik. Pada umumnya, hal ini bisa berarti jika orang yang kejatuhan akan mendapatkan pekerjaan baru, keuangannya lebih lancar, serta apresiasi dari orang-orang sekitar Anda mengenai pekerjaan yang kamu tekuni. Di Eropa, cicak yang merayap di tangan adalah pertanda bahwa orang tersebut akan menolong banyak orang. Maka dari itu, kejatuhan cicak bukan berarti selalu menjadi sebuah kesialan bagi kamu.

5. Arti Kejatuhan Cicak di Punggung dan Pantat Pertanda Kehancuran

Menurut kepercayaan dalam agama Hindu, cicak yang jatuh di punggung adalah pertanda dari kehancuran. Dalam kepercayaan yang diyakini orang-orang Hindu, orang yang mengalami hal tersebut akan menanggung beban yang berat dalam hidupnya. Hal ini biasanya berkaitan dengan keluarga atau hubungan sosial orang tersebut. Namun, hal ini berbanding terbalik jika cicak tersebut terjatuh tepat di pantat Anda. Menurut kepercayaan yang sama, hal ini disebut sebagai pertanda baik karena Anda akan mendapatkan teman baru, uang yang melimpah, serta performa kerja meningkat.

3 dari 3 halaman

Arti Kejatuhan Cicak Menurut Berbagai Kepercayaan

Ada beberapa arti kejatuhan cicak menurut berbagai kepercayaan yang wajib diketahui, diantaranya:

6. Arti Kejatuhan Cicak di Paha Pertanda Musibah dari Orang Lain

Arti kejatuhan cicak yang berikutnya adalah jika Anda mengalami kejatuhan cicak tepat pada paha. Musibah yang disebabkan oleh orang lain ini bisa diketahui dari posisi cicak jatuh. Jika cicak jatuh di paha sebelah kanan, maka musibah disebabkan oleh orang yang Anda kenali. Lain dengan seseorang kejatuhan cicak di paha sebelah kiri, penyebab musibah ini adalah orang yang tidak pernah Anda kenal sebelumnya.

7. Arti Kejatuhan Cicak di Kepala

Kejatuhan cicak di kepala memiliki beberapa makna. Mitos yang paling banyak dipercaya adalah anggota keluarga akan meninggal dunia. Menurut mitos selanjutnya, Anda yang kejatuhan cicak di kepala akan mengalami musibah atau kecelakaan.

8. Cicak Jatuh Dekat dengan Tubuh

Arti kejatuhan cicak yang satu ini ternyata bermakna positif. Jika ada cicak yang jatuh dan nyaris mengenai tubuh, artinya Anda akan dijauhkan dari masalah dan malapetaka.

9. Kejatuhan di Pundak

Arti kejatuhan cicak di pundak memiliki arti bahwa keluarga atau pihak yang disayang akan mengalami kesialan. Jika kejadian ini benar-benar terjadi pada Anda, segera peringati orang-orang yang dirasa akan terkena risikonya. Apabila seorang istri yang mengalami hal tersebut, berarti kemungkinan besar kesialan akan menimpa suaminya.

10. Arti Kejatuhan Cicak dalam Agama Islam

Dalam agama Islam, mitos-mitos semacam ini masuk dalam kategori yaitu tathayyur (menganggap sesuatu akan membawa sial pada seseorang tanpa adanya dalil maupun bukti ilmiah). Para ulama menegaskan bahwa tathayyur dilarang dalam Islam, bahkan termasuk bentuk kesyirikan yang bisa menghilangkan kesempurnaan tauhid seseorang. Dengan kata lain, anggapan sial tidak dibenarkan jika disematkan pada sesuatu secara mutlak.

Cicak tidak bisa dianggap sebagai hewan pembawa sial, begitupun orang, hewan atau benda lainnya. Kalaupun benar terjadi musibah setelah kejatuhan cicak, maka itu atas kehendak Allah bukan karena si cicak. Cicak hanyalah makhluk biasa yang tidak punya kuasa apapun untuk menurunkan musibah pada sesama makhluk. Bahkan cicak yang jatuh dari dinding pun terjadi atas kehendak Allah.