Sukses

Peluang Usaha Adalah Kesempatan Dapat Keuntungan, Ini Pengertian dan Caranya

Liputan6.com, Jakarta Peluang usaha adalah kesempatan atau waktu yang tepat untuk diambil atau dimanfaatkan bagi seseorang wirausahawan mendapat keuntungan. Ada banyak peluang usaha yang ada disekitar kita, namun sebagian orang tersebut tidak mampu melihatnya atau bahkan takut untuk mengambilnya.

Secara umum, peluang usaha adalah semua ide bisnis, prospek, perencanan, ataupun kesempatan lain untuk suatu usaha yang sedang dikembangkan atau akan dimulai. Sehingga, peluang usaha adalah suatu proses identifikasi kesempatan untuk memulai bisnis yang baru. 

Nah, peluang usaha ini menjadi hal yang paling krusial sebelum membuka bisnis. Bahkan kita sudah harus memikirkan beberapa langkah ke depan soal peluang usaha yang kita bidik.

Untuk lebih detail menganai peluang usaha, berikut ini ulasan mengenai pengertian peluang usaha, ciri-ciri, cara mendapatkannya, hingga jenis-jenis peluang usaha yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (2/8/2021).

2 dari 6 halaman

Pengertian Peluang Usaha Menurut Para Ahli

Peluang Usaha adalah salah satu kesempatan yang dimiliki seseorang untuk mencapai tujuan (keuntungan, uang, kekayaan) dengan cara melakukan usaha yang memanfaatkan berbagai sumber daya yang dimiliki. Namun berbeda halnya dengan pendapat para ahli mengenai pengertian peluang usaha berikut ini:

Arif F. Hadiparanata

Peluang usaha adalah sebuah resiko yang harus diambil dan dihadapi untuk mengelola dan mengatur segala urusan yang ada hubungannya dengan finansial.

Thomas W. Zimmerer

Peluang usaha adalah sebuah terapan yang terdiri dari kreativitas dan inovasi untuk memecahkan masalah dan melihat kesempatan yang dihadapi setiap hari.

Robbin and Coulter

Peluang usaha adalah sebuah proses yang melibatkan invidu atau kelompok yang menggunakan usaha dan sarana tertentu untuk menciptakan suatu nilai tumbuh guna memenuhi sebuah kebutuhan tanpa memperhatkan sumber daya yang digunakan.

3 dari 6 halaman

Ciri-ciri Peluang Usaha

Berikut ini terdapat beberapa ciri-ciri peluang usaha adalah:

a. Peluang itu orisinil dan tidak meniru.

b. Peluang itu harus dapat mengantisipasi perubahan, persaingan, dan kebutuhan pasar dimasa yang akan datang.

c. Benar-benar sesuai dengan keinginan agar peluang bisa bertahan lama.

d. Tingkat visibilitas (kelayakkan usaha) benar-benar teruji untuk dilakukan riset dan trial.

e. Bersifat ide kreatif dan inovatif bukan tiruan dari orang lain.

f. Ada keyakinan untuk mewujudkannya.

g. Ada rasa senang dalam menjalankannya.

4 dari 6 halaman

Cara Mendapatkan Peluang Usaha

Berikut adalah cara mengidentifikasi peluang bisnis agar bisa membangun atau mengembangkan bisnis dengan baik, yaitu:

1. Menggali Informasi

Mencari informasi adalah kunci utama dalam menemukan peluang usaha. Mencari informasi dapat dilakukan dengan menemukan tren apa yang sedng berkembang dan digandrungi dalam komunitasmu sendiri. Dengan mencari informasi baik dengan membaca maupun berinteraksi, dapat ditemukan peluang usaha dalam komunitas lokal yang sekiranya memiliki prospek bagus.

2. Menggunakan Pengalaman Pribadi

Menggunakan pengalaman pribadi dapat menjadi peluang usaha dengan latar belakang yang kuat. Daripada menunggu orang lain menyelesaikan masalah diri pribadi maka lebih baik menyelesaikan masalah tersebut sebagai ide bisnis atau peluang usaha. Misalnya seseorang yang memiliki kondisi kulit yang membuat berbagai makeup di pasaran mengiritasi kulitnya. Daripada mencari produk makeup yang cocok secara terus-menerus, lebih baik melihatnya sebagai peluang usaha. Orang tersebut bisa membuat produk makeupnya sendiri yang cocok bagi kondisi kulitnya dan menjual ke pasaran terutama pada orang dengan kondisi kulit yang sama.

3. Melihat Pesaing

Saat telah ditemukan peluang usaha pada suatu sektor, melihat pesaing dalam sektor tersebut adalah hal yang penting. Menganalisis pesaing usaha akan membantu identifikasi peluang usaha, memperluas jangkauan pasar, hingga mengembangkan produk.

5 dari 6 halaman

Penyebab Gagal Menangkap dalam Peluang Usaha

Dalam menangkap peluang bisnis terdapat dua kemungkinan, yaitu sukses maupun gagal. Berikut adalah penyebab kegagalan dalam memanfaatkan suatu peluang bisnis:

1. Menganalisis Peluang dengan Asal

Walaupun terlihat merepotkan, menganalisis peluang usaha adalah suatu hal yang penting. Analisis peluang usaha dapat menjabarkan kekuatan, peluang atau kesempatan, kelemahan, serta ancaman atau resiko dalam suatu usaha. Tanpa mengetahui keempat faktor tersebut, usaha akan sangat rentan mengalami kegagalan atau tidak bertahan lama.

2. Manajemen yang Buruk

Suatu usaha harus dibarengi dengan manajemen yang baik. Keuangan, tenaga kerja, metode produksi, sistem pemasaran, bahan baku, serta jam kerja harus diatur secara efisien dengan manjemen yang baik. Manajemen yang buruk dapat mengakibatkan beragam masalah yang mempengaruhi usaha. Misalnya terjadinya korupsi, hutang akibat biaya produksi yang terlalu tinggi, menumpuknya produk karena tidak ada pembeli, maupun keterlambatan produksi produk usaha.

3. Sikap yang Mudah Menyerah

Dalam melihat peluang usaha dilakukan analisis terhadap tren yang berlaku di masyarakat. Tidak jarang seseorang membuat bisnis karena mengikuti tren saja. Imbasnya saat tren yang diikut padam di masyarakat, maka semangat dalam usaha tersebut juga akan padam dan usaha akan berujung pada kebangkrutan. Sehingga usaha harus dibarengi dengan sikap yang semangat, konsisten, teliti, tegas, dan tidak asal-asalan.

6 dari 6 halaman

Jenis-jenis Peluang Usaha yang Potensial

Ada beberapa jenis peluang usaha yang potensial, dan wajib Anda ketahui diantaranya :

1. Bisnis Online

Peluang usaha yang potensial yang pertama adalah bisnis online. Bisnis ini sangat menjamur di Indonesia, apalagi dengan kondisi pandemi seperti ini, lebih memberikan keuntungan dan kemudahan bagi para pembisnis maupun customer. Hanya dengan menggunakan aplikasi online, Anda sudah dapat melakukan apapun termasuk berbelanja kebutuhan sehari-hari maupun transaksi apapun.

2. Catering Makanan

Tak hanya bisnis online, catering makanan juga merupakan peluang usaha yang potensial. Pasalnya, ada banyak orang yang sedang mengadakan acara ataupun kegiatan skala besar yang mereka tidak ingin repot, untuk itu dengan adanya catering makanan dapat lebih mempermudah serta menyingkat waktu dalam mempersiapkan acara maupun kegiatan tersebut.

3. Wedding Organizer

Setiap pasangan calon pengantin pasti menginginkan momen yang indah dan tidak terlupakan di hari pernikahannya. Itulah sebabnya wedding organizer banyak dibutuhkan untuk mewujudkan keinginan para calon pengantin. Dilihat dari sudut pandang bisnis, tentu saja wedding organizer menjadi peluang usaha yang baik. Apabila Anda beranggapan bahwa usaha ini sudah tidak prospek karena semakin hari semakin banyak, Anda salah. Pasalnya, di tahun ini nilai industri dari bisnis di bidang pernikahan dapat mencapai ratusan triliun. 

4. Kursus Online

Jika memiliki keahlian dalam bidang tertentu, Anda dapat menjadikannya peluang bisnis yang sangat bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain. Dengan keahlian tersebut Anda bisa merintis bisnis kursus online. Sebenarnya keahlian tersebut bisa dilakukan secara reguler, namun Anda harus menyiapkan tempat yang layak dan perlengkapan yang memadai. Tentu saja hal tersebut akan membuat Anda harus mengeluarkan modal banyak.

Maka dari itu, untuk mengurangi jumlah pengeluaran modal Anda bisa membuka kursus online saja. Bisnis tersebut tidak membutuhkan tempat khusus ataupun strategis. Anda bisa menggunakan kamar atau ruang tamu untuk memulainya.