Sukses

Begini Cara Buat Channel YouTube yang Mudah dan Cepat, Perhatikan Tahapannya

Liputan6.com, Jakarta Cara buat channel YouTube bagi pemula terbilang cukup mudah untuk dilakukan, dan tak butuh banyak waktu. YouTube merupakan situs berbagi video dengan skala terbesar yang ada di dunia. Di situs ini akan dapat Anda temukan berbagai video apa saja yang diinginkan.

YouTube menjadi jalan untuk menyalurkan kreativitas bagi sebagian orang, sebab aplikasi ini dapat menjadi potensi bisnis yang menggiurkan. Ada banyak ide kreatif yang dapat diunggah di YouTube, mulai dari konten hobi, vloging, review makanan atau barang, hingga informasi penting lainnya. 

Bagi Anda yang ingin memulai kreativitas di YouTube, cara buat channel YouTube adalah langkah pertama yang harus diketahui. Dengan mengetahui cara buat channel YouTube ini, Anda bisa memiliki channel Anda sendiri dan bebas mengunggah video kreatif Anda.

Untuk lebih rinci, berikut ini ulasan mengenai cara buat channel YouTube yang perlu Anda perhatikan yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (2/8/2021).

2 dari 3 halaman

Cara Buat Channel YouTube Bagi Pemula

Ada beberapa cara buat channel YouTube bagi pemula yang mudah dan cepat, berikut ini penjelasannya:

1. Cara Buat Channel YouTube dari Ponsel

a. Buka aplikasi YouTube pada ponsel Anda.

b. Jika menggunakan ponsel Android, biasanya akun Google sudah terintegrasi di aplikasi YouTube. Pilih ikon akun di pojok kanan atas.

c. Pilih opsi Your Channel. Setelah itu akan muncul pop-up untuk mengisi nama channel. Isi nama channel sesuai keingina Anda.

d. Klik Create Channel.

e. Channel YouTube sudah berhasil dibuat. Ubah foto profil, deskripsi channel, dan Anda juga bisa memberi tautan ke situs atau media sosial lainnya.

2. Cara Buat Channel YouTube dari PC

Hal pertama yang harus Anda siapkan dalam cara buat channel YouTube adalah akun Google. Karena YouTube terintegrasi dengan Google, maka Anda harus memiliki akun Google untuk dapat masuk dan mengupload video. Berikut cara buat channel YouTube dari PC menggunakan akun Google, yaitu :

a.  Buka situs https://www.youtube.com/ di browser Anda.

b.  klik Login di pojok sebelah kanan dan masuk dengan akun Google Anda.

c.  Setelah masuk dengan akun Google, pada pojok kanan atas, klik akun Anda.

d.  Pilh opsi Buat Channel atau Create Channel.

e.  Setelah itu akan muncul pop-up untuk memilih nama channel sesuai akun Google atau membuatnya sendiri secara kustom. Pilih nama kustom agar Anda bisa menentukan nama Channel YouTube Anda sendiri.

f.   Setelah itu masukkan nama channel yang ingin Anda buat, centang syarat dan ketentuan, lalu klik buat.

g.  Channel YouTube sudah berhasil dibuat.

h.  Anda bisa mengganti foto profil, deskripsi channel, dan memberi tautan ke situs atau media sosial lainnya.

i.   Setelah semuanya selesai Anda dapat mulai mengunggah video kreatif Anda.

3. Cara Buat Channel YouTube dengan Akun Bisnis atau Nama Lain

Anda bisa menghubungkan channel ke Brand Account jika ingin menggunakan nama yang berbeda di YouTube dari akun Google Anda. Berikut ini cara yang bisa diikuti:

a. Sign in ke YouTube di komputer atau mobile site.

b. Pergi ke Channel List.

c. Pilih untuk buat channel baru atau menggunakan Brand Account yang sudah ada. Buat channel dengan mengklik Create a new channel. Lalu, create YouTube channel for a Brand Account yang sudah Anda kelola dengan memilih Brand Account dari list. Jika Brand Account sudah mempunyai channel, Anda tidak dapat membuat yang baru. Jika memilih Brand Account dari list, Anda akan dialihkan ke channel tersebut.

d. Isi detail nama channel baru Anda. Lalu, klik Create. Ini akan membuat Brand Account baru.

e. Untuk menambahkan channel manager, ikuti instruksi untuk mengubah channel owners and managers.

3 dari 3 halaman

Proses Upload Video ke YouTube

Ada beberapa cara mengupload video ke YouTube yang dapat Anda ketahui sebagai pemula, diantaranya:

1. Proses Upload Video ke YouTube Melalui PC

Setelah kita mengetahui cara buat channel YouTube melalui media PC ataupun ponsel, ada baiknya kita juga mengetahui proses upload video ke Youtube melalui PC. Langkahnya adalah sebagai berikut :

a. Di bagian atas halaman, klik ikon Upload Video. Pilih Upload video.

b. Sebelum mulai mengupload video, Anda dapat memilih setelan privasi video. Pilih video yang ingin diupload dari komputer.

c. Anda juga dapat mengimpor video dari Google Foto.

d. Saat video diupload, Anda dapat mengedit informasi dasar dan setelan lanjutan untuk video tersebut, serta menentukan apakah ingin mengirimkan notifikasi kepada subscriber atau tidak. Jika Anda menghapus centang opsi ini, subscriber tidak akan mendapatkan notifikasi.

e. Anda dapat membuat judul dengan panjang hingga 100 karakter dan deskripsi hingga 5.000 karakter. Anda juga dapat menyesuaikan setelan Monetisasi.

f. Klik Publikasikan untuk menyelesaikan proses upload video publik ke YouTube. Jika Anda mengatur setelan privasi video ke Pribadi atau Tidak Publik, cukup klik Selesai untuk menyelesaikan upload, atau klik Bagikan untuk berbagi video secara pribadi.

g. Jika Anda belum mengklik Publikasikan, video tidak dapat dilihat orang lain. Anda dapat mempublikasikan video kapan saja di Pengelola Video.

2. Cara Upload Video ke YouTube Melalui Ponsel

a. Tap ikon kamera di bagian atas halaman beranda dari halaman navigasi mana saja.

b. Rekam video baru atau pilih video yang ada untuk diupload.

c. Untuk merekam video baru, tap ikon kamera video dan mulailah merekam. Untuk memilih video yang sudah ada, gunakan galeri untuk memilih video.

d. Terapkan penyempurnaan opsional pada video tersebut, lalu tap Berikutnya.

e. Sesuaikan judul, deskripsi, dan setelan privasi video. Anda dapat membuat judul dengan panjang hingga 100 karakter dan deskripsi hingga 5.000 karakter.kemudian tap Upload.

f.  Anda juga dapat mengubah jenis koneksi yang digunakan untuk mengupload video. Caranya adalah buka ikon akun. Tap Setelan> Umum> Upload.

g. Gunakan pengaturan ini untuk membatasi upload melalui Wi-Fi saja.

h. Terkadang Youtube akan mulai mengupload video saat Anda sedang merekam video tersebut. Namun YouTube tidak pernah mempublikasikan video tanpa persetujuan Anda.