Sukses

PPKM Diperpanjang Hingga 9 Agustus, Begini Cara Efektif Jaga Imun Tubuh saat Di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali menetapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM level 4 dan 3 hingga 9 Agustus 2021. Hal itu disampaikan Jokowi dalam tayangan akun YouTube Sekretariat Presiden pada Senin (2/8/2021).  

Meski ada beberapa pelonggaran aturan dalam penerapan PPKM, namun masyarakat diimbau untuk tetap mengurangi mobilitas di luar rumah. Jika terpaksa, masyarakat wajib menerapkan protokol kesehatan (prokes), dan tentu saja menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah tertular berbagai virus dan penyakit.

Supaya tubuh tetap sehat dan terjaga saat di rumah saja, kita harus menjaga imunitas dan daya tahan tubuh. Dimulai dari mengubah gaya hidup bahkan pola makan sehari-hari menjadi lebih sehat dan bernutrisi.

Untuk lebih jelasnya. Berikut ini penjelasan mengenai cara efektif menjaga imun tubuh saat di rumah saja selama PPKM di perpanjang hingga 9 Agustus 2021, yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (2/8/2021).

2 dari 5 halaman

Tetap Berpikiran Positif dan Olahraga Rutin

1. Tetap Semangat dan Berpikir Positif

Cara efektif menjaga imun tubuh saat di rumah selama PPKM adalah dengan tetap semangat dan berpikiran positif. Pandemi COVID-19 tak hanya berdampak kepada kesehatan tubuh bagian luar saja, tetapi juga kesehatan jiwa dan mental. Misalnya, pembatasan sosial yang membuat orang tinggal di rumah saja membuat penat dan akhirnya masyarakat kurang fokus dalam melakukan kerja hingga kegiatan lainnya. Oleh karena itu, menjaga semangat dan berpikir positif menjadi hal yang harus terus dilakukan di tengah pandemi yang masih berlangsung saat ini. Ini juga akan berpengaruh terhadap imunitas tubuh.

2. Olahraga Secara Rutin

Cara efektif menjaga imun tubuh saat di rumah selama PPKM adalah dengan olahraga secara ritun. Akal yang sehat terdapat pada tubuh yang sehat, begitu kata pepatah. Makanya penting untuk menjaga keseimbangan kesehatan jiwa dan tubuh. Salah satunya dengan olahraga secara rutin, terutama di tengah masa pandemi ini. Anda cukup olahraga rutin selama 30 menit setiap harinya untuk menjaga daya tahan tubuh tetap sehat dan kuat. Olahraga ini juga bisa dilakukan di rumah saja maupun di sekitar lingkungan, seperti gym, lari pagi, dan bersepeda.

3 dari 5 halaman

Istirahat Cukup dan Konsumsi Makanan Sehat

3. Istirahat Cukup

Cara efektif menjaga imun tubuh saat di rumah selama PPKM adalah istirahat yang cukup. Banyak yang mengeluhkan tinggal di rumah saja membuat jadwal urusan pribadi dan kerja menjadi berantakan, termasuk waktu untuk istirahat. Hasilnya, masyarakat menjadi tidak fokus dan tidak produktif, baik untuk urusan pribadi maupun pekerjaannya. Hal ini bisa diatasi dengan cara menata ulang jadwal harian selama penerapan WFH. Lalu yang harus diketahui bahwa tidur secukupnya itu minimal 7-8 jam per hari. Lalu jangan keseringan begadang dan ingat menjaga kesehatan itu penting di masa pandemi ini.

4. Konsumsi Makanan Sehat dan Bernutrisi

Pola makan maupun jenis makanan juga harus dipilih-pilih biar tetap sehat. Utamakan konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang. Jangan sampai tinggal di rumah saja malah membuat Anda semakin banyak makan, apalagi tanpa menghiraukan kandungan nutrisinya. Pasalnya, penderita obesitas memiliki risiko yang tinggi akibat COVID-19.

4 dari 5 halaman

Tetap Terhidrasi dan Ikuti Vaksinasi

5. Tetap Terhidrasi

Cara efektif menjaga imun tubuh saat di rumah selama PPKM adalah tetap terhidrasi. Minum air putih sebanyak delapan gelas sehari bisa membuat tubuh tetap terhidrasi. Hal ini juga bisa membantu untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Lagi pula, faktanya, 80 persen tubuh kita adalah air. Hal ini turut menegaskan bahwa air menjadi salah satu elemen terpenting dalam tubuh. Jika tubuh kekurangan air, salah satu efeknya adalah tubuh tidak dapat secara efektif menghilangkan racun dan kotoran lain yang menumpuk sepanjang hari. Bahkan, apabila racun-racun ini tak dihilangkan, maka mereka akan tetap beredar dalam aliran darah di tubuh. Salah satu akibatnya membuat sistem kekebalan tubuh melemah.

6. Ikut Vaksinasi & Patuhi Aturan PPKM

Ikut vaksinasi merupakan salah satu cara untuk menghentikan pandemi yang sedang berlangsung di dunia ini. Sebab seperti diketahui, semakin banyak masyarakat yang divaksin maka proses terbentuknya herd immunity atau kekebalan kelompok semakin cepat. Lalu beberapa penelitian juga menyebut mereka yang terpapar COVID-19 setelah divaksin hanya memiliki gejala ringan dibanding mereka yang belum divaksin. Selain itu, jangan lupa juga untuk tetap patuh terhadap aturan PPKM yang diterapkan di wilayah Anda.

5 dari 5 halaman

Konsumsi Vitamin dan Jaga Kebersihan

7. Konsumsi Vitamin

Cara efektif menjaga imun tubuh saat di rumah selama PPKM adalah mengonsumsi vitamin. Masyarakat bisa mengonsumsi vitamin atau suplemen tambahan untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Sebagai catatan, lebih baik vitamin atau suplemen dikonsumsi sesuai anjuran dokter atau yang telah ditetapkan Kemenkes. Konsumsi asupan vitamin yang tepat menjadi bagian dari membantu menjaga daya tahan tubuh. Lalu tidak boleh dilupakan, rutin minum suplemen vitamin C juga sangat dianjurkan untuk menangkal radikal bebas yang ada di udara.

8. Selalu Jaga Kebersihan

Sebetulnya, kita sudah sering mendengar nasehat ini sejak masih kecil agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Mengingat patogen ada di mana-mana, makan kebersihan menjadi syarat wajib agar terhindar dari bakteri tersebut. Menjaga kebersihan di sini bisa melakukan bersih-bersih, tidak memasukkan tangan ke dalam mulut dan mandi setiap hari. Selain itu, ingatlah untuk memilih produk pembersih yang tidak mengandung bahan kimia. Karena, ini bisa berbahaya bagi kesehatan.

9. Kurangi Merokok

Merokok, atau hanya sebatas menghirup asap rokok secara pasif, dapat memengaruhi sistem organ dalam tubuh. Selain itu, sistem kekebalan tubuh bisa ikut melemah. Itulah sebabnya, saat ini semakin banyak kota-kota besar di dunia yang mulai melarang masyarakat untuk merokok di ruang publik. Lagi pula, tembakau juga dianggap sebagai salah satu penyebab utama munculnya hipertensi dan beberapa jenis kanker, terutama yang berhubungan dengan sistem pernapasan. Oleh sebab itu, jika ingin memperkuat sistem kekebalan tubuh, maka salah satu cara yang bisa ditempuh adalah berhenti merokok.