Sukses

15 Macam Penyakit Mata, Gejala, dan Cara Tepat Mengobatinya

Liputan6.com, Jakarta Macam penyakit mata yang ringan adalah dipengaruhi oleh kebiasaan buruk, infeksi, alergi, dan kekurangan cairan. Sementara macam penyakit mata yang parah adalah dipengaruhi banyak hal, termasuk keturunan, usia, paparan sinar matahari, dan masih banyak lagi.

Memahami apa saja macam penyakit mata, gejala, dan cara tepat mengobatinya merupakan upaya menjaga kesehatan mata yang bisa dilakukan. Mata merupakan alat indera manusia yang fungsinya untuk melihat dan menerjemahkan informasi di sekitar. Pada dasarnya mata dapat berfungsi bila ada cahaya.

Macam penyakit mata ringan dan parah bukan masalah kesehatan yang boleh disepelekan. Apalagi penyakit mata termasuk salah satu masalah kesehatan paling sering terjadi dan sulit dihindari pada beberapa kondisi. Penangannya pun berbeda-beda, rutin lakukan konsultasi sangat direkomendasikan.

Berikut Liputan6.com ulas macam penyakit mata, gejala, dan cara tepat mengobatinya dari berbagai sumber, Selasa (3/8/2021).

2 dari 4 halaman

Macam Penyakit Mata yang Umum

1. Macam Penyakit Mata Refraksi

Macam penyakit mata pertama yaitu refraksi, atau dalam bahasa medis disebut ametropia. Refraksi merupakan kondisi saat bayangan yang terbentuk di retina mata tidak tajam maupun tegas. Macam penyakit mata ini mengakibatkan penglihatan menjadi kabur.

Macam penyakit mata berupa kelainan refraksi dapat dibagi menjadi empat, seperti:

- Miopia (rabun jauh)

- Hipermetropia (rabun dekat)

- Presbiopia (mata tua)

- Astigmatisme (mata silinder)

Kelainan refraksi dapat diakibatkan oleh cacat/gangguan pada kelengkungan organ mata, yakni kornea dan lensa. Jika kamu memiliki orangtua dan saudara yang menderita macam penyakit mata berupa kelainan refraksi, maka kemungkinan besar kamu akan mengalaminya.

2. Macam Penyakit Mata Konjungtivitis

Macam penyakit mata ini lebih dikenal dengan sebutan 'pink eye'. Konjungtivitis merupakan penyakit yang paling umum terjadi. Ini terjadi ketika jaringan yang jelas di atas bagian putih mata mengalami radang.

Hal ini membuat mata kamu berwarna merah muda juga gatal, atau berair. Macam penyakit mata ini membuat kelopak mata juga mungkin akan menutup sedikit sehingga bisa membuat pandangan kabur.

Macam penyakit mata seperti konjungtivitis ini bisa menular. Oleh karena itu, rutin mencuci tangan dan tidak berbagi handuk atau bantal dengan orang lain. Biasanya, penyakit ini sembuh dalam waktu 10 hari.

3. Macam Penyakit Mata Glaukoma

Glaukoma merupakan salah satu macam penyakit mata yang merusak saraf optik mata, yang mengirimkan informasi visual ke otak. Berdasarkan data dari WHO, macam penyakit mata ini menjadi penyebab kedua kebutaan di dunia.

Glaukoma memang tidak memiliki gejala pada mulanya. Namun, di dalam mata mengalami tekanan yang meningkat dan titik-titik kebutaan berkembang di sisi pandangan. Titik ini bisa tidak terdeteksi sampai saraf optik memiliki kerusakan yang serius atau pemeriksaan mata lengkap oleh dokter.

Untuk mencegah macam penyakit mata glaukoma, sebaiknya lakukan cek mata sejak usia menginjak 40 tahun. Jika memiliki riwayat penyakit mata di keluargamu, risiko terkena macam penyakit mata glaukoma akan lebih besar.

4. Macam Penyakit Mata Katarak

Katarak merupakan macam penyakit mata yang muncul ketika lensa alami mata menjadi seperti kabur. Hampir semua pasien yang usianya semakin tua mengalami katarak. Penyakit ini dapat terjadi lebih cepat pada pasien yang merokok, sering terkena paparan sinar matahari yang signifikan atau menderita trauma.

Gejala macam penyakit mata katarak sering bertahap, mulai dari penglihatan yang kabur, silau atau ada lingkaran cahaya, sensitivitas kontras menghilang atau penglihatan ganda dalam satu mata.

Katarak hanya bisa disembuhkan melalui operasi. Operasi modern yang berkembang saat ini hanya dilakukan dengan membuat sayatan kecil kurang dari 3 milimeter. Jika tidak operasi, maka mata akan semakin menurun penglihatannya dari waktu ke waktu dan operasi akan lebih sulit jika macam penyakit mata katarak sudah parah.

5. Macam Penyakit Mata Pterigium

Pterigium adalah macam penyakit mata akibat adanya selaput lendir yang menutupi bagian putih mata. Penyakit mata ini sering terjadi akibat sering terpapar radiasi sinar matahari.

Gejalanya macam penyakit mata ini bisa mata merah, pandangan kabur, serta mata yang terasa gatal atau panas. Adanya selaput lendir tersebut juga membuat mata seperti kelilipan benda asing.

Pterigium bisa disembuhkan dengan pemberian resep tetes mata kortikosteroid untuk mencegah terjadinya komplikasi lebih lanjut atau dengan operasi.

3 dari 4 halaman

Macam Penyakit Mata yang Umum

6. Macam Penyakit Mata Blefaritis

Blefaritis merupakan macam penyakit mata yang menyebabkan suatu peradangan pada kelopak mata karena produksi kelenjar minyak yang semakin meningkat. Namun tidak diketahui secara detail penyebab meningkatnya kelenjar minyak yang bersamaan dengan bakteri.

Gejala macam penyakit mata blefaritis berupa mata merah, nyeri, panas, gatal, berair, ada luka pada bagian kelopak mata dan membengkak, bahkan pada beberapa bisa terjadi kerontokan bulu mata. Selain itu, pasien blefaritis umumnya juga menderita mata kering.

Untuk mengontrol gejala dan mencegah komplikasi, pengobatan macam penyakit mata blefaritis bisa dilakukan dengan cara menjaga kebersihan mata, seperti secara teratur membersihkan mata.

Gunakan kompres air hangat untuk membersihkan kelopak mata. Kompres air hangat bisa membantu melunakkan kotoran mata sebelum dibersihkan dengan air.

7. Macam Penyakit Mata Degenerasi Makula

Macam penyakit mata dan cara mengatasinya selanjutnya adalah degenerasi macula. Age related macular degeneration (AMD) adalah merupakan salah satu macam penyakit mata yang menjadi penyebab paling umum kebutaan orang dewasa di Amerika.

Penyakit ini menyerang bagian makula, daerah kecil pada retina mata yang membantu melihat secara jelas dan detail, mengalami kerusakan. Macam penyakit mata ini tidak memiliki gejala yang langsung. Tapi, jangan abaikan gangguan penglihatan kamu. Sebaiknya, apapun perubahan penglihatan yang kamu alami, segera hubungi dokter.

Tidak ada cara untuk mencegah macam penyakit mata AMD. Namun, kamu bisa memperlambat perkembangannya. Mulai dengan mengontrol tekanan darah, dan makan makanan sehat untuk mata. Lalu menjaga tubuh dari kegemukan, hindari merokok, dan rutin memeriksakan mata.

8. Macam Penyakit Mata Keratitis

Macam penyakit mata selanjutnya keratitis. Keratitis adalah macam penyakit mata yang menyebabkan peradangan pada kornea mata yang bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, parasit, atau jamur.

Penyebab macam penyakit mata keratitis berbeda-beda, maka pengobatan yang diberikan tentu juga akan berbeda, disesuaikan dengan penyebabnya.

Sebagai contoh, macam penyakit mata keratitis akibat infeksi jamur akan diobati dengan obat antijamur, sementara macam penyakit mata keratitis akibat herpes simplex atau herpes zoster akan diobati dengan obat antivirus.

9. Macam Penyakit Mata Kering

Keluhan macam penyakit mata yang kering sering dialami oleh para lansia. Biasanya penderita macam penyakit mata ini akan merasakan mata terasa berpasir atau seperti ada benda asing di mata.

Faktor penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari kurangnya produksi air mata, penyakit autoimun, infeksi, iritasi, alergi, kekurangan nutrisi, mata terlalu sering terpapar angin atau sinar matahari, hingga efek samping obat-obatan.

Mata kering bisa ditangani dengan penggunaan obat tetes air mata, atau obat untuk meningkatkan produksi air mata.

10. Macam Penyakit Mata Kelainan Kornea

Beberapa kemungkinan macam penyakit mata kelainan kornea yang bisa terjadi di antaranya :

- Ulkus kornea, luka pada kornea mata akibat infeksi, cedera, atau paparan zat iritatif pada mata. Macam penyakit mata ini dapat membuat mata nyeri, berair, silau, bahkan hingga kebutaan

- Distrofi kornea, yaitu macam penyakit mata yang membuat kornea kehilangan kejernihannya karena adanya penumpukan zat tertentu pada permukaan atau di belakang lapisan kornea.

- Keratitis, yaitu peradangan pada kornea akibat infeksi atau iritasi terhadap zat tertentu.

4 dari 4 halaman

Macam Penyakit Mata yang Umum

11. Macam Penyakit Mata Ablasio

Macam penyakit mata yang selanjutnya adalah ablasio. Ablasio merupakan keadaan di mana retina sensoris lepas dari epitel pigmen retina atau yang bisa disebut ride. Macam penyakit mata ablasio retina paling umum disebabkan karena adanya satu atau lebih robekan pada retina. Hal inilah yang menyebabkan penglihatan menjadi terganggu.

Penderita macam penyakit mata ini biasanya akan mengalami beberapa gejala. Misalnya, benda terlihat seperti melayang-layang, adanya kilatan cahaya, ketajaman penglihatan menjadi menurun, hingga terdapat semacam tirai tipis berbentuk seperti parabola. Sehingga jika mengalami gejala ini, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

12. Macam Penyakit Mata Bufthalmus

Bufthalmus merupakan macam penyakit mata karena tekanan bola mata yang meninggi sejak lahir. Tekanan bola mata yang tinggi dapat mengganggu kornea mata. Biasanya penderita yang terkena penyakit ini takut melihat cahaya dan timbul gangguan pada kelopak mata.

Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi macam penyakit mata ini yaitu dengan cara operasi sayatan atau goniotomy. Penanganan ini harus dilakukan sesegera mungkin agar perkembangan mata dan ketajaman penglihatan tidak sampai terganggu.

13. Macam Penyakit Mata Belekan

Selain mata merah, belekan juga menjadi macam penyakit mata yang paling sering dialami. Penyakit ini disebabkan karena infeksi virus dan infeksi bakteri. Gejala macam penyakit mata belekan yang paling umum terjadi adalah bulu mata yang saling menempel dan mata sulit dibuka pada saat bangun tidur. Hal ini terjadi karena terlalu banyak kotoran yang menempel di sekitar area mata, termasuk bulu mata.

14. Macam Penyakit Mata Dakriosistitis

Macam penyakit mata yang berikutnya adalah dakriosistitis. Dakriosistitis merupakan infeksi kantung air mata yang menyebabkan nyeri, bengkak hingga mengeluarkan nanah. Macam penyakit mata ini terjadi karena adanya penyumbatan pada duktus nasolakrimalis atau saluran yang mengalirkan air mata ke hidung.

Hal ini terjadi karena adanya faktor alergi. Infeksi yang ringan biasanya akan cepat sembuh. Meski begitu, penderita tetap akan mengalami pembengkakan. Sedangkan penderita yang mengalami dakriosistitis parah, akan mengalami kemerahan dan penebalan di atas kantong air mata. Jika hal ini terus berlanjut, akan menimbulkan nanah dan mengalami demam.

15. Macam Penyakit Mata Juling

Macam penyakit mata yang juling atau dalam dunia medis disebut strabismus merupakan kondisi ketika posisi mata tidak berada dalam posisi seimbang atau sejajar antara mata kiri dengan mata kanan.

Satu mata bisa melihat dengan lurus sedangkan mata lainnya melihat ke arah lain, bisa ke dalam, ke luar, ke atas, maupun ke bawah.

Mata juling cukup banyak terjadi pada usia anak-anak. Sebagian kasus merupakan keturunan dari orang tua. Sebagian lain tidak terdapat riwayat macam penyakit mata juling sama sekali dalam garis keturunan kesehatan keluarganya.

Pengobatan dilakukan dengan tujuan untuk mengembalikan fungsi kedua mata agar dapat melihat dengan jelas dan fokus menggunakan kedua mata tersebut. Tergantung tingkat keparahan, lakukan latihan mata, penutup, kacamata, lensa prima, suntik, dan operasi.