Sukses

Macam Kunci Gitar Dasar yang Perlu Diketahui, Agar Belajar Makin Mudah

Macam kunci gitar dasar adalah pengetahuan yang sangat penting dalam belajar gitar.

Liputan6.com, Jakarta Macam kunci gitar dasar perlu diketahui terlebih  dahulu sebelum mulai belajar gitar. Pengetahuan dasar ini tentunya akan membuat kamu lebih mudah dalam mempelajarinya. Dengan mengenal kunci dasar gitar, kamu bisa lebih mudah memahami cara memainkan alat musik petik ini.

Ada kunci A, Am, B, Bm, D, Dm, E, Em, C, dan juga G. Setiap kunci memiliki cara sendiri untuk dimainkan dan dipetik. Kunci-kunci tersebut juga akan mengeluarkan nada yang berbeda saat kamu mainkan.

Macam kunci gitar dasar adalah pengetahuan yang sangat penting dalam belajar gitar. Tanpa mengenali kunci-kunci dasar, kamu tentunya belum bisa belajar gitar ke tingkat yang selanjutnya. Latihan memetik kunci-kunci dasar akan membuat kamu semakin mahir bermain gitar.

Berikut Liputan6.com rangkum dari Merdeka.com, Selasa (3/8/2021) tentang macam kunci gitar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Letak Senar dan Fret

Sebelum mempelajar macam kunci gitar dasar, kamu tentu perlu mengenal letak senar dan detail dasar lainnya terlebih dahulu. Hal ini disebabkan karena setiap senar gitar akan menghasilkan nada yang berbeda-beda, yaitu nada E, A, D, G, B, dan E’ (E tinggi).

Senar 1, merupakan senar gitar yang paling bawah menghasilkan nada E’.

Senar 2, merupakan senar gitar yang paling bawah menghasilkan nada B.

Senar 3, merupakan senar gitar yang paling bawah menghasilkan nada G.

Senar 4, merupakan senar gitar yang paling bawah menghasilkan nada D.

Senar 5, merupakan senar gitar yang paling bawah menghasilkan nada A.

Senar 6, merupakan senar gitar yang paling bawah menghasilkan nada E.

Selain itu, dalam mempelajari macam kunci gitar dasar, kamu juga perlu mengenal fret. Fret merupakan besi melintang pada papan jari atau fingerboard. Fret terbuat dari bahan logam, dan memisahkan bagian-bagian yang nantinya menjadi tempat jarimu menekan . Fungsi dari fret sangatlah vital karena untuk menentukan nada pada senar.

3 dari 4 halaman

Macam Kunci Gitar Dasar

Kunci C

Macam kunci gitar dasar yang pertama adalah kunci C. Kunci ini dimainkan dengan menekan senar 2 pada fret pertama, senar 4 pada fret kedua, dan senar 5 pada fret ketiga. Di sini, kamu bisa menggunakan jari telunjuk untuk menekan senar 2, jari tengah untuk menekan senar 4, dan jari manis menekan senar 5.

Kunci E

Kunci ini merupakan macam kunci gitar yang dimainkan dalam fret pertama dan kedua saja. Caranya yaitu, letakkan jari telunjuk pada senar 3 fret pertama, jari tengah menekan senar 5 pada fret kedua, dan jari manis menekan senar 4 pada fret kedua.

Kunci A

Kunci A lebih mudah lagi. Macam kunci gitar satu ini hanya dimainkan pada fret kedua saja. Caranya yaitu, letakkan jari telunjuk pada senar 4 fret kedua, jari tengah menekan senar 3 pada fret kedua, dan jari manis menekan senar 2 pada fret kedua.

Kunci D

Macam kunci gitar selanjutnya adalah kunci D. Kunci ini dimainkan di dalam fret kedua dan ketiga. Caranya, jari telunjuk menekan senar 3 pada fret kedua, jari tengah menekan senar 1 pada fret kedua, dan jari manis menekan senar 2 pada fret ketiga.

Kunci G

Kunci G merupakan macam kunci gitar yang dimainkan pada fret kedua dan ketiga. Kunci G dimainkan dengan jari manis menekan senar 5 pada fret kedua, jari tengah menekan senar 6 pada fret ketiga, dan jari manis menekan senar 1 pada fret ketiga.

Kunci F

Kunci F tidak berbeda jauh cara menekannya dengan kunci C, letak jari kamu hanya sedikit berbeda. Letakkan jari telunjuk untuk menekan senar 2 pada fret pertama, jari tengah menekan senar 3 pada fret kedua, dan jari manis menekan senar 4 pada fret ketiga.

4 dari 4 halaman

Macam Kunci Gitar Dasar Minor

Kunci Am

Macam kunci gitar dasar yang terakhir adalah A minor (Am). Kunci Am dimainkan pada fret pertama dan kedua. Caranya letakkan jari telunjuk untuk menekan senar 2 pada fret pertama, jari tengah menekan senar 4 pada fret kedua, dan jari manis menekan senar 3 pada fret kedua.

Kunci Em

Kunci E minor (Em) merupakan macam kunci gitar yang cukup mudah, karena hanya dimainkan pada fret kedua saja. Caranya letakkan jari tengah untuk menekan senar 5 pada fret kedua dan jari manis menekan senar 4 pada fret kedua. Pastikan kedua jari menekan senar di posisi tengah tidak menyentuh garis pembatas fret karena bunyinya akan berbeda dan tidak nyaring.

Kunci Dm

Macam kunci gitar dasar berikutnya adalah kunci D minor (Dm). Kunci ini dimainkan pada fret pertama, kedua, dan ketiga. Jari telunjuk diletakkan pada senar 1 fret pertama, jari tengah menekan senar 3 pada fret kedua, dan jari manis menekan senar 2 pada fret ketiga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini