Sukses

16 Wisata Balikpapan yang Wajib Dikunjungi, Alamnya Unik dan Menarik

Liputan6.com, Jakarta Wisata Balikpapan bisa menjadi alternatif tujuan liburan yang menyenangkan. Bagaimana tidak, Kota Minyak ini menawarkan pesona alam yang begitu menarik. Mulai dari pantai yang indah serta hutan yang asri menjadi daya tarik utamanya.

Balikpapan merupakan kota yang terletak di pesisir tenggara Kalimantan Timur. Secara georgrafis, Kota Balikpapan didominasi oleh perbukitan. Hanya sekitar 12 persen saja wilayahnya yang berupa daerah datar, sisanya adalah aliran sungai dan pesisir pantai.

Tidak heran wisata Balikpapan begitu unik dan menarik. Letaknya yang dekat dengan lautan membuatnya memiliki destinasi pantai yang indah. Selain itu, dominasi perbukitan juga membuatnya memiliki destinasi perbukitan dengan pemandangan alam yang memukau.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (4/8/2021) tentang wisata Balikpapan.

2 dari 5 halaman

Wisata Balikpapan

Taman Bekapai

Wisata Balikpapan yang pertama adalah taman kota yang berlokasi di jalan protokol, yaitu Taman Bekapai. Berlokasi di pusat kota, Taman Bekapai merupakan ruang terbuka publik yang menjadi tempat santai di tengah kota Balikpapan. Taman ini menyediakan fasilitas wifi dan tidak dikenakan biaya apapun bila kamu ingin menggunakannya. Kamu dapat terhubung ke internet sembari bersantai di taman kota ini.

Danau Cermin Lamaru

Wisata Balikpapan selanjutnya adalah Danau Cermin Lamaru. Seperti namanya, danau ini memiliki air yang sangat jernih dan bahakn bisa untuk bercermin atau memantulkan bayangan.

Danau Cermin Lamaru berada di Kelurahan Lamaru, Balikpapan Timur, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Dari pusat kota lokasi ini dapat deitempuh sekitar 26 kilometer atau kurang lebih 45 menit perjalanan menggunakan kendaraan. Kamu tidak akan kecewa dengan keindahan dan keunikan danau ini.

Kawasan Hutan Mangrove Margomulyo

Hutan mangrove ini terletak di Jalan Sidodasi, Kelurahan Margomulyo, Kecamatan Balikpapan barat, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Kawasan Hutan Mangrove Margomulyo ini adalah wisata Balikpapan yang wajib kamu datangi. Di sini kamu juga dapat mengenal ekosistem mangrove secara dekat, dan mengerti manfaat hutan mangrove.

Meskipun cukup terkenal, hutan mangrove ini masih terjaga keasriannya dan keindahannya sehingga dapat menjadi tempat untuk menenangkan diri dan bersantai. Untuk menuju ke Kawasan Hutan Mangrove Margomulyo tidak sulit, karena berdekatan dengan pusat Kota Balikpapan. Tidak hanya hamparan hutan mangrove, di sini juga banyak spot-spot foto yang menarik.

Kampung Atas Air Margasari

Kampung Atas Air Margasari adalah salah satu kampung apung yang masih ada di Balikpapan bahkan di Indonesia. Wisata Balikpapan ini menyuguhkan kampung mengapung yang mirip di Venice, Eropa.

Di sini kamu bisa pergi memancing atau berkeliling kampung sembari berinteraksi dengan warga sekitar. Kampung Atas Air Margasari terletak di Kelurahan Margasari, Kecamatan Balikpapan Barat, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Waduk Manggar

Wisata Balikpapan selanjutnya adalah sumber air bersih yang digunakan untuk kebutuhan masyarakat Balikpapan. Waduk ini menawarkan pemandangan indah yang tidak kalah menarik dengan wisata Balikpapan Lainnya.

3 dari 5 halaman

Wisata Balikpapan Pantai

Pantai Melawai

Wisata Balikpapan berupa pantai yang pertama adalah Pantai Melawai. Pantai ini terletak di Jalan Pelabuhan Semayang, Prapatan, Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan sunset yang memesona. Tempat ini juga konon katanya merupakan tempat pertama pengeboran minyak di Indonesia. Pantai Melawai juga digunakan untuk pelabuhan.

Pelabuhan ini biasanya digunakan kapal-kapal besar untuk mengangkut minyak. Jika kamu ingin ke Pantai Melawai, alangkah baiknya untuk datang ketika menjelang petang karena di sana banyak sekali kafe yang menyediakan menu makanan khas Balikpapan sembari menunggu matahari terbenam.

Pantai Kemala

Pantai Kemala atau juga sering disebut dengan Pantai Polda juga merupakan salah satu wisata Balikpapan yang banyak dikunjungi wisatawan. Pantai ini memiliki pemandangan pasir putih yang bersih dan luas, sehingga kamu bisa bermain air dan pasir.

Di Pantai Kemala juga banyak berdiri warung makan hingga restoran yang menyediakan makanan laut dan makanan khas Balikpapan. Lokasinya berada di Jalan Jenderal Sudirman, Balikpapan Selatan.

Selain hamparan pasir putih dan tempat makan, di Pantai Kemala kamu juga bisa bermain banan boats, dan bermain jet ski. Pantai ini sangat cocok untuk wisata keluarga dan wisata bersama teman-temanmu.

Pantai Sepinggan

Pantai Sepinggan merupakan salah sati wisata Balikpapan berupa pantai yang harus kamu kunjungi. Pantai ini bisa dijadikan alternatif untuk menikmati panorama sunset selain Pantai Melawai adalah Pantai Sepinggan. Pantai ini akan memberikan kamu indahnya langit jingga dan pantulan cahaya matahari di atas tenangnya permukaan air laut. Kamu bisa menikmatinya dari dermaga kayu yang membentang panjang di sisi Pantai Sepinggan.

Pantai Lamaru

Pantai Lamaru merupakan wisata Balikpapan yang akan memberikan suasana menenangkan bagi kamu yang ingin bersantai dari hiruk pikuk kota. Suguhan panorama laut yang indah serta pepohonan cemara membuat liburan kamu makin nyaman. Fasilitas yang ditawarkan Pantai Lamaru juga sudah lengkap. Ada juga wahana bermain sepeda perahu yang menyenangkan.

Pantai Manggar Segara Sari

Pantai Manggar Segara Sari adalah wisata Balikpapan yang selalu ramai saat akhir pekan dan masa liburan. Pantai ini cocok dijadikan destinasi wisata keluarga yang menarik, karena kamu bisa menikmati pemandangan laut serta bermain perahu. Banyak juga warung makan yang menyediakan aneka kuliner lokal yang menarik. Selain itu, kamu bisa melakukan kegiatan permainan yang menyanangkan seperti jet ski, banana boat, berenang, hingga bermain sepeda di pantai ini.

4 dari 5 halaman

Wisata Balikpapan Bukit

Bukit Bangkirai

Wisata Balikpapan berikutnya adalah destinasi bukit. Tidak hanya pantai, Balikpapan juga menawarkan keindahan bukit dan hutan yang menarik. Hal ini berkat bentang alam Kalimantan yang berupa hutan tropis. Kamu bisa mengunjungi Bukit Bangkirai.

Bukit bangkirai menawarkan keindahan hutan disertai dengan jembatan gantung yang memberikan kamu pemandangan yang memukau. Kamu perlu menempuh perjalanan 1 jam lebih untuk ke tempat ini.

Bukit Batu Dinding

Selain Bukit Bangkirai, kamu juga bisa mengunjungi Bukit Batu Dinding. Bukit Batu Dinding ini merupakan wisata Balikpapan yang menawarkan pemandangan alam rimbunnya hutan, beserta bisa menjadi spot menyaksikan panorama sunset dan sunrise yang sangat menawan.

5 dari 5 halaman

Wisata Balikpapan Konservasi

Penangkaran Buaya Teritip

Penangkaran Buaya Teritip menjadi salah satu wisata Balikpapan yang unik. Bagaimana tidak, kawasan penangkaran ini memiliki luas mencapai 5 hektar dan menjadi rumah bagi lebih dari 1000 ekor buaya. Di sini kamu bisa mengamati berbagai jenis buaya. Lokasinya tidak jauh dari Pantai Lamaru.

Konservasi Beruang Madu

Selain buaya, kamu juga bisa mengunjungi konservasi beruang madu sebagai wisata Balikpapan. Beruang Madu adalah maskot kota Balikpapan, hal ini karena memang Kalimantan Timur menjadi habitat mereka.

Beruang madu termasuk hewan yang langka dan tengah dilindungi keberadaannya karena terancam punah. Kamu bisa mengunjungi Kawasan Wisata Pendidikan dan Lingkungan Hidup Balikpapan yang menjadi kawasan konservasi bagi satwa langka tersebut.

Hutan Lindung Sungai Wain

Hutan Lindung Sungai Wain memiliki luas tak kurang dari 10.000 hektar, dan merupakan rumah bagi berbagai flora dan fauna langka dan dilindungi. Contohnya orang utan, beruang madu, bekantan, kantong semar, hingga tumbuhan endemik Jahe Balikpapan. Kamu bisa menikmati paket tour yang yang disediakan oleh pengelola untuk menikmati wisata unik ini.

Kebun Raya Balikpapan

Objek wisata Balikpapan selanjutnya adalah Kebun Raya Balikpapan, yang terletak di dalam Kawasan Hutan Lindung Wain. Kebun Raya Balikpapan merupakan kawasan konservasi alam berupa tumbuhan kayu. Tempat ini juga merupakan rumah bagi berbagai jenis tumbuhan obat dan berbagai spesies anggrek.