Sukses

Desain Grafis Adalah Komunikasi Visual, Simak Penjelasan Para Ahli

Liputan6.com, Jakarta Desain grafis adalah bentuk komunikasi visual yang mengandalkan kemampuan tipografi, pengolahan gambar, tata letak, ilustrasi, dan fotografi. Prinsip utama penciptaan desain grafis adalah kesatuan, keseimbangan, proporsi, penekanan, irama, kesederhanaan, kejelasan, dan ruang.

Salah seorang ahli desain grafis, Jessica Helfand menjelaskan pengertian desain grafis adalah kombinasi kompleks kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi.

Tambahnya dalam proses pembuatan desain grafis adalah membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-eleman ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan atau subversif atau sesuatu yang mudah diingat.

Berikut Liputan6.com ulas pengertian desain grafis lebih jauh dari berbagai sumber, Jumat (6/8/2021).

2 dari 5 halaman

Mengenal Desain Grafis

Pengertian desain grafis adalah berkaitan dengan pola komunikasi. Berbeda dengan komunikasi yang umum dilakukan, desain grafis adalah bentuk komunikasi visual yang mengandalkan gambar dan teks tipografi.

Desain grafis adalah dapat dikaitkan pula dengan sebuah proses pembuatan, metode, perancangan, produk, dan desain (disiplin ilmu yang digunakan). Dalam menyelesaikan misi desain grafis adalah memerlukan kemampuan visual matang.

Tak hanya pengolahan gambar. Akan tetapi desain grafis adalah memadukan kemampuan tipografi, pengolahan gambar, tata letak, ilustrasi, dan fotografi. Kemampuan inilah yang membuat desain grafis adalah mampu menyampaikan informasi yang diinginkan sampai kepada sasaran.

Dalam desain grafis adalah ada delapan prinsip utama yang perlu diperhatikan. Meliputi prinsip kesatuan, keseimbangan, proporsi, penekanan, irama, kesederhanaan, kejelasan, dan ruang. Kesempurnaan bisa didapat dengan prinsip desain grafis ini.

3 dari 5 halaman

Pengertian Desain Grafis Menurut Para Ahli

1. Suryanto

Pengertian desain grafis adalah sebuah aplikasi dari keterampilan seni dan komunikas, yang tujuannya untuk sebuah bisnis dan industri.

2. Blanchard

Pengertian desain grafis adalah suatu seni komunikatif yang berhubungan dengan seni, sehingga menghasilkan gambar visual pada segala permukaan.

3. Danton Sihombing

Pengertian desain grafis adalah banyaknya elemen yang divisualisasikan melalui tipografi dengan teknik fotografi atau pun ilustrasi yang diterapkan dalam dua fungsi, yakni perangkat visual dan perangkat komunikasi.

4. Jessica Helfand

Pengertian desain grafis adalah kombinasi kompleks kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-eleman ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan atau subversif atau sesuatu yang mudah diingat.

5. Warren

Pengertian desain grafis adalah suatu ide yang dituangkan ke dalam beberapa jenis urutan yang struktural dan visual.

6. Hendratman

Pengertian desain grafis adalah proses pemikiran yang di tunjukkan dalam bentuk gambar.

7. Michael Kroeger

Pengertian desain grafis adalah visual communication (komunikasi visual) yang menjadi latihan teori dan konsep-konsep melalui terma-terma visual dengan menggunakan warna, bentuk, garis dan penjajaran.

4 dari 5 halaman

Situs Desain Grafis

1. Canva

Canva adalah salah satu situs desain grafis online yang paling populer. Di situs ini terdapat berbagai template yang bisa digunakan. Selain itu, fitur yang tersedia juga bisa dikatakan sangat sederhana dan mudah digunakan bahkan untuk pemula sekalipun.

Kamu bisa mencari berbagai kategori template di situs ini. Selain itu, template yang sudah dipilih juga masih mungkin untuk disesuaikan dengan kebutuhanmu, baik diganti dari segi gambar, teks, warna, dan lain sebagainya.

Banyak juga stok gambar yang disediakan Canva dan bisa kamu gunakan secara cuma-cuma. Kamu juga bisa menyimpan hasil desainmu ke dalam berbagai format seperti PDF, JPG, dan PNG.

2. Piktochart

Biasanya, jika kamu ingin membuat desain grafis untuk poster, situs ini akan cocok digunakan. Pada situs desain grafis online ini, jika ada yang tidak sesuai dengan preferensimu, kamu bisa menyesuaikan semuanya, baik dari teks, warna, atau gambar.

Piktochart juga menawarkan berbagai gambar yang bisa digunakan secara cuma-cuma. Selain itu, pada situs ini yang cukup menarik perhatian adalah skema warna. Kamu bisa mengubah skema warna keseluruhan hanya dengan satu klik. Sayangnya, situs ini juga memiliki kekurangan, di mana kamu hanya bisa menyimpan hasil desainmu secara gratis ke dalam format PNG.

3. Poster My Wall

Situs desain grafis online ini hampir sama dengan situs desain sebelumnya. Di dalam situs Poster My Wall tersedia foto stok dan di dalam situs ini juga memungkinkan kamu menambahkan foto dari Facebook, Google Drive, serta Dropbox.

Selain itu, hal yang cukup menarik adalah bahwa situs desain grafis online ini menunjukkan sub-menu dengan setiap opsi. Hal tersebut bisa membuatmu lebih mudah untuk mengoperasikannya. Menariknya lagi, kamu juga tidak perlu login agar bisa membuat desain grafis.

Akan tetapi, kekurangan dari situs ini adalah hasil desainmu akan terdapat watermark, serta tidak ada pilihan format gambar yang disediakan pada situs desain grafis online gratis ini.

5 dari 5 halaman

Situs Desain Grafis Lainnya

4. Crello

Situs desain grafis online berikutnya adalah Crello. Situs ini juga menawarkan fitur serupa dengan beberapa situs di atas. Kamu bisa mengubah gaya teks yang digunakan, font, bahkan warnanya. Bahkan di situs ini, kamu juga bisa dengan mudah mengubah gambar serta menambahkan efek pada gambar tersebut.

Crello bisa dibilang cukup mirip dengan Canva, situs web ini juga menyediakan fitur berupa konten premium yang bisa digunakan dengan berbayar. Namun tenang saja, meski begitu konten gratis yang tersedia sudah cukup banyak, seperti foto, stiker, ikon, bingkai, dan lain sebagainya.

Kemudian, jika menggunakan konten gratis, maka hasil karyamu tidak ada tanda air alias watermark. Tentu ini menambah estetika dan daya tarik bagi pengguna. Pasalnya beberapa watermark terkadang mengganggu visual dari karya yang dibuat.

Hanya saja, kamu perlu login dengan email atau sosial media untuk dapat menggunakan berbagai fitur yang ada di situs desain grafis online ini.

5. Adobe Spark

Adobe Spark merupakan salah satu situs desain grafis online lainnya yang mudah digunakan mendesain poster, bahkan posting media sosial. Mungkin kamu akan mengira jika harus menginstall terlebih dahulu Adobe Spark di perangkatmu. Tidak, kamu tidak perlu melakukannya. Cukup pilih “pricing” kategori “starter plan”, dengan begitu kamu sudah bisa menikmati berbagai fitur Adobe Spark dengan gratis.

Ada banyak template yang bisa kamu gunakan. Adobe Spark juga memungkinkanmu mengunduh format PNG, JPG, dan PDF dari gambar. Selain itu, yang menarik dari Adobe Spark adalah versi gratisnya tidak memiliki banyak keterbatasan. Seperti penggunaan ikon, gambar, serta gaya teks hampir tidak terbatas. Satu-satunya kekurangan pada Adobe Spark, yaitu ada watermark di hasil karyamu. Jika ingin menghilangkan watermark tersebut, kamu perlu menggunakan fitur berbayar.

6. Snappa

Snappa merupakan situs lain yang memungkinkanmu membuat desain grafis yang keren. Snappa memiliki banyak opsi untuk template, tergantung pada tema yang diambil. Kamu juga bisa mengubah ukuran template.

Kamu juga bisa membuat Sampul Facebook dan Twitter, Thumbnail YouTube serta kebutuhan story atau feed Instagram. Versi dasar Snappa gratis untuk satu pengguna dan kamu bisa mengakses hingga 5000 template berbeda.