Sukses

Cash Flow adalah Arus Kas, Ketahui Jenis dan Perhitungannya

Liputan6.com, Jakarta Cash flow adalah salah satu bentuk laporan dalam keuangan. Analisis arus kas adalah laporan yang sering digunakan untuk menganalisis posisi likuiditas perusahaan. Tidak ada bisnis yang mampu mengabaikan arus kasnya.

Memantau cash flow adalah ibarat memantau denyut nadi. Cash flow adalah pemeriksaan kesehatan yang penting untuk bisnis. Gagal memantau dan mengelola cash flow dengan benar menempatkan bisnis pada risiko kebangkrutan.

Cash flow adalah perhitungan yang melibatkan kas operasional, pembiayaan, dan investasi. Cash flow adalah laporan yang diperlukan operasi sehari-hari, pajak, pembelian inventaris, membayar karyawan dan biaya operasi. Tujuan dari cash flow adalah menilai jumlah, waktu, dan ketidakpastian arus kas, bersama dengan di mana mereka berasal dan ke mana mereka pergi.

Berikut pengertian cash flow, perhitungan, dan jenisnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (6/8/2021).

2 dari 6 halaman

Pengertian cash flow

Cash flow adalah jumlah kas atau setara kas yang diterima atau dikeluarkan perusahaan dengan cara pembayaran kepada kreditur. Menurut Ikatan Akuntan Indonesia, cash flow atau arus kas adalah arus masuk dan arus keluar kas atau setara kas.

Arus kas mengacu pada pergerakan uang masuk dan keluar dari bisnis dalam hal pendapatan dan pengeluaran. Cash flow mengacu pada pergerakan uang masuk dan keluar dari bisnis, biasanya dikategorikan sebagai arus kas dari operasi, investasi, dan pembiayaan.

Tingkat arus kas yang positif harus dipertahankan agar entitas tetap dalam bisnis, sementara arus kas positif juga diperlukan untuk menghasilkan nilai bagi investor. eriode waktu di mana arus kas dilacak biasanya merupakan periode pelaporan standar , seperti bulan, kuartal, atau tahun.

3 dari 6 halaman

Laporan cash flow

Laporan cash flow adalah laporan keuangan yang merangkum jumlah kas dan setara kas yang masuk dan keluar dari suatu perusahaan. Laporan cash flow mengukur seberapa baik perusahaan mengelola posisi kasnya, yang berarti seberapa baik perusahaan menghasilkan uang tunai untuk membayar kewajiban utang dan mendanai biaya operasionalnya.

Komponen utama dari laporan arus kas adalah kas dari aktivitas operasi, kas dari aktivitas investasi, dan kas dari aktivitas pendanaan. Tujuan laporan arus menurut Ikatan Akuntansi Indonesia adalah Memberi informasi historis mengenai perubahan kas dan setara kas dari suatu perusahaan melalui laporan arus kas yang mengklasifikasikan arus kas berdasarkan aktivitas operasi, investasi maupun pendanaan (financing) selama suatu periode akuntansi.

4 dari 6 halaman

Perhitungan cash flow

Cash flow adalah arus yang dihitung dengan mengurangkan saldo kas pada awal periode yang juga dikenal sebagai saldo awal, dari saldo kas pada akhir periode (bisa satu bulan, kuartal atau satu tahun) atau saldo akhir.

Jika selisihnya positif, itu berarti keuangan memiliki lebih banyak kas pada akhir periode tertentu. Jika selisihnya negatif, itu berarti keuangan memiliki lebih sedikit jumlah kas pada akhir periode tertentu jika dibandingkan dengan saldo awal pada awal periode.

Penting untuk dicatat bahwa cash flow adalah perhitungan yang berbeda dari laporan laba rugi dan neraca karena tidak termasuk jumlah kas masuk dan keluar di masa depan yang telah dicatat secara kredit. Arus kas dihitung dengan melakukan penyesuaian tertentu terhadap laba bersih dengan cara menambah atau mengurangi selisih pendapatan, beban, dan transaksi kredit (yang muncul di neraca dan laporan laba rugi) yang dihasilkan dari transaksi yang terjadi dari satu periode ke periode berikutnya.

5 dari 6 halaman

Metode perhitungan cash flow

Ada dua metode untuk menghitung cash flow: metode langsung dan metode tidak langsung.

Metode langsung

Metode langsung menambahkan sampai semua berbagai jenis pembayaran tunai dan penerimaan, termasuk kas yang dibayarkan kepada pemasok, penerimaan kas dari pelanggan, dan uang tunai dibayarkan gaji. Angka-angka ini dihitung dengan menggunakan saldo awal dan akhir dari berbagai akun bisnis dan memeriksa penurunan atau kenaikan bersih dalam akun.

Metode tidak langsung

Dengan metode tidak langsung, arus kas dari aktivitas operasi dihitung dengan terlebih dahulu mengambil laba bersih dari laporan laba rugi perusahaan. Karena laporan laba rugi perusahaan disusun atas dasar akrual , pendapatan hanya diakui saat diperoleh dan bukan saat diterima.

6 dari 6 halaman

Jenis cash flow

Cash flow biasanya dikategorikan sebagai arus kas dari operasi, investasi, dan pembiayaan.

Cash flow operasi

Cash flow operasi adalah arus kas yang mencakup semua kas yang dihasilkan oleh aktivitas bisnis utama perusahaan. Kegiatan operasi ini mungkin termasuk penerimaan dari penjualan barang dan jasa, pembayaran bunga, pajak penghasilan, pembayaran gaji dan upah kepada karyawan, pembayaran sewa.

Cash flow investasi

Cash flow investasi adalah arus kas yang mencakup semua pembelian aset modal dan investasi dalam usaha bisnis lainnya. Aktivitas investasi mencakup segala sumber dan penggunaan kas dari investasi perusahaan. Pembelian atau penjualan aset, pinjaman yang diberikan kepada vendor atau diterima dari pelanggan, atau pembayaran apa pun yang terkait dengan merger atau akuisisi termasuk dalam kategori ini.

Cash flow pembiayaan

Cash flow pembiayaan adalah arus kas yang mencakup semua hasil yang diperoleh dari penerbitan utang dan ekuitas serta pembayaran yang dilakukan oleh perusahaan. Kas dari aktivitas pendanaan meliputi sumber kas dari investor atau bank, serta penggunaan kas yang dibayarkan kepada pemegang saham. Pembayaran dividen, pembayaran pembelian kembali saham , dan pelunasan pokok utang (pinjaman) termasuk dalam kategori ini.