Sukses

Influencer adalah Pemengaruh, Ketahui Peran dan Jenisnya

Influencer adalah sosok yang tak asing lagi saat ini.

Liputan6.com, Jakarta Influencer adalah sosok yang tak asing lagi saat ini. Influencer adalah orang yang sering muncul di media sosial. Mereka biasanya membagikan pemikiran atau ulasannya terhadap sesuatu, dan mampu memengaruhi audiensnya.

Influencer adalah kekuatan untuk mempengaruhi keputusan pembelian orang lain karena otoritas, pengetahuan, posisi, atau hubungannya dengan audiensnya. Saat ini influencer adalah bukan hanya sebagai alat pemasaran, melainkan aset hubungan sosial dengan audiens.

Saat ini influencer adalah orang yang bisa memengaruhi pemikiran seseorang. Bahkan influencer bisa membimbing masyarakat dalam pengambilan keputusan. Memahami peran influencer adalah bagian penting dalam mempelajari peran media sosial.

Berikut pengertian influencer dan jenis-jenisnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(6/08/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Pengertian influencer menurut kamus besar

Saat ini kata influencer belum ada padanan resminya dalam Bahasa Indonesia. Namun, jika diartikan, arti paling dekat dari influencer adalah pemengaruh. Pemengaruh bisa berarti sesuatu atau seseorang yang memengaruhi atau mengubah perilaku, pemikiran, dan sebagainya. Dalam KBBI, pemengaruh berarti orang yang menggunakan media sosial untuk mempromosikan atau merekomendasikan sesuatu.

Menurut Cambridge Advanced Learner's Dictionary & Thesaurus, influencer adalah seseorang yang mempengaruhi atau mengubah cara orang lain berperilaku. Dalam Cambridge Dictionary, influencer juga didefinisikan sebagai orang yang dibayar oleh perusahaan untuk menunjukkan dan menjelaskan nya produk dan layanan di sosial media yang , mendorong lainnya orang untuk membeli mereka.

Menurut Kamus Merriam-Webster, influencer adalah orang yang memberikan pengaruh atau orang yang mengilhami atau memandu tindakan orang lain. Influencer juga diartikan secara khusus sebagai seseorang yang mampu membangkitkan minat pada sesuatu (seperti produk konsumen) dengan mempostingnya di media sosial.

3 dari 7 halaman

Pengertian influencer secara umum

Seorang influencer adalah orang yang mampu memberi pengaruh pada orang lain untuk tergerak melakukan sesuatu. Influencer adalah pakar dalam komunitas tertentu yang mendukung atau mengulas produk atau bahkan pemikiran dalam bidang keahlian mereka.

Influencer adalah orang yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi perilaku orang lain sebagai akibat dari ukuran audiens mereka atau persuasif individu mereka. Influencer dapat mempengaruhi melalui ukuran keseluruhan audiens mereka (jangkauan total) atau karena otoritas dan reputasi mereka dalam komunitas orang yang lebih kecil.

4 dari 7 halaman

Apa yang dilakukan influencer

Sekarang rekomendasi dan kritik dari mulut ke mulut menyebar melalui media sosial lebih cepat. Konsumen lebih sering mempercayai rekomendasi dari pihak ketiga daripada merek itu sendiri. Ini membuat influencer menjadi promotor yang kuat. Mereka biasanya memiliki banyak pengikut di media sosial dan merupakan pendukung merek serta promotor khusus.

Sebagai orang yang dianggap berpengaruh, seorang influencer menggunakan pengaruh itu untuk memandu keputusan pembelian pengikut mereka. Paling sering dilakukan melalui pembuatan media (video, podcast, tweet, status), influencer mempromosikan produk yang mereka bayar untuk dipromosikan.

Influencer dapat berupa seorang publik figur seperti selebritis, selebgram, selebtwit, blogger, penulis, dan lain sebagainya. Berbicara tentang dibayar, beberapa influencer dibayar berdasarkan pengikut dan keterlibatan mereka.

5 dari 7 halaman

Jenis-jenis influencer berdasarkan jumlah pengikut

Jenis-jenis influencer bisa dibagi berdasarkan jumlah pengikut, berdasarkan jenis konten, dan berdasarkan tingkat pengaruh. Berikut jenis influencer berdasarkan jumlah pengikut:

Mega-Influencer

Mega influencer adalah orang-orang dengan banyak pengikut di jejaring sosial mereka. Meskipun tidak ada aturan tetap tentang batasan antara berbagai jenis pengikut, pandangan umum adalah bahwa mega-influencer memiliki lebih dari 1 juta pengikut di setidaknya satu platform sosial. Banyak mega-influencer adalah selebritas yang mendapatkan ketenaran secara offline – bintang film, olahragawan, musisi, dan bahkan bintang televisi.

Makro-Influencer

Makro-influencer bisa disebut sebagai orang-orang dengan pengikut dalam kisaran antara 40.000 dan 1 juta pengikut di jejaring sosial. Kelompok ini cenderung terdiri dari dua tipe orang. Mereka adalah selebritas kelas B, yang belum berhasil mencapai kesuksesan besar. Atau mereka adalah pakar online yang sukses, yang telah membangun lebih banyak pengikut yang signifikan. Makro-influencer umumnya memiliki profil tinggi dan sangat baik dalam meningkatkan kesadaran.

Mikro-Influencer

Mikro-influencer adalah orang biasa yang telah dikenal karena pengetahuan mereka tentang beberapa ceruk khusus. Dengan demikian, mereka biasanya mendapatkan pengikut media sosial yang cukup besar di antara para penggemar ceruk itu. Umumnya, mikro-influencer memiliki antara 1.000 dan 40.000 pengikut di satu platform sosial.

Nano-Influencer

Nano-Influencer hanya memiliki sedikit pengikut, tetapi mereka cenderung ahli dalam bidang khusus atau sangat terspesialisasi. Nano-influencer dapat diibaratkan sebagai ikan besar di kolam kecil. Dalam banyak kasus, mereka memiliki kurang dari 1.000 pengikut.

6 dari 7 halaman

Jenis-jenis influencer berdasarkan konten yang dibuat

Blogger

Blogger dan influencer di media sosial (terutama mikro-blogger) memiliki hubungan paling otentik dan aktif dengan penggemar mereka. Ada banyak blog yang sangat berpengaruh di internet. Jika seorang blogger populer secara positif menyebut produk dalam sebuah posting, itu dapat menyebabkan pendukung blogger tersebut ingin mencoba produk tersebut.

YouTuber

YouTuber menjadi influencer yang paling populer. Dalam hal ini, daripada setiap pembuat video memiliki situs mereka sendiri, sebagian besar membuat saluran di YouTube. YouTuber dapat mempromosikan suatu produk dan memengaruhi penontonnya untuk mencoba.

Podcaster

Podcasting adalah bentuk konten online yang relatif baru yang semakin populer. Seorang podcaster bisa menjadi influencer yang kuat bagi para pendengarnya.

Postingan online

Tentu saja, blogger, podcaster, dan YouTuber jarang hanya mengandalkan audiens yang ada untuk membuka situs mereka, berharap ada materi baru. Mereka biasanya mempromosikan posting atau video baru secara besar-besaran di media sosial. Jaringan yang menonjol dalam beberapa tahun terakhir adalah Instagram, di mana banyak influencer membuat posting mereka di sekitar gambar yang menakjubkan.

7 dari 7 halaman

Jenis-jenis influencer berdasarkan tingkat pengaruh

Selebriti

Selebriti adalah influencer asli, dan mereka masih memiliki peran untuk dimainkan, meskipun pentingnya mereka sebagai influencer berkurang. Selebriti mungkin memiliki banyak penggemar dan pengikut media sosial raksasa. Masih banyak kasus perusahaan, terutama merek kelas atas, yang menggunakan selebriti sebagai influencer.

Opinion leader

Pakar industri dan pemimpin pemikiran seperti jurnalis juga dapat dianggap sebagai pemberi pengaruh dan memegang posisi penting bagi brand. Pemimpin industri dan pemimpin pemikiran mendapatkan rasa hormat karena kualifikasi, posisi, atau pengalaman mereka tentang topik keahlian mereka. Seringkali, rasa hormat ini diperoleh lebih karena reputasi tempat mereka bekerja. Para ahli tersebut antara lain adalah jurnalis, akademisi, pakar industri, dan penasihat profesional.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini