Sukses

7 Cara Membuat Bunga dari Kain Flanel, Cantik Penuh Warna

Bunga flanel adalah kerajinan cepat, mudah dan murah.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat bunga dari kain flanel menjadi kerajinan cantik yang bernilai. Kain flanel termasuk bahan kerajinan populer yang banyak disukai. Kain ini bisa disulap menjadi ragam kerajinan mulai dari tas, gantungan kunci, hingga buket bunga.

Cara membuat bunga dari kain flanel termasuk yang paling sering dibuat. Bunga flanel adalah kerajinan cepat, mudah dan murah yang membuat hadiah terlihat menggemaskan. Cara membuat bunga dari kain flanel punya ragam bentuk dan warna. Cara membuat bunga dari kain flanel ini misalnya bisa berbentuk mawar, lily, lavender, hingga sukulen.

Cara membuat bunga dari kain flanel pastinya bisa jadi dekorasi indah untuk ruangan. Sangat mudah untuk mempelajari cara membuat bunga dari kain flanel. Berikut cara membuat bunga dari kain flanel beragam bentuk dan warna, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(6/08/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Cara membuat bunga dari kain flanel: bunga matahari

Berikut cara membuat bunga dari kain flanel berbentuk bunga matahari, dari Madewithhappy:

Bahan:

Kain flanel putih, kuning, hitam, dan cokelat

Lem panas atau lem kain

Pensil

Cara membuat bunga matahari dari kain flanel:

1. Gunting kain flanel kuning menjadi bentuk kelopak. Gunakan pola agar lebih rapi. Gunting kain flanel hitam dan cokelat menjadi bentuk persegi panjang atau strip. Lalu, gunting kain flanel putih menjadi bentuk lingkaran kecil.

2. Ambil salah satu guntingan kelopak dan buat sedikit lipatan di kedua sisi ujung kelopak. Oleskan lem di ujungnya untuk merekatkan lipatan. Demikian pula buat dan kencangkan lipatan pada kelopak lainnya.

3. Ambil salah satu strip kain cokelat dan lipat menjadi setengah memanjang. Potong pinggiran kecil dan rata di sepanjang sisi tertutup dari strip yang terlipat. Demikian pula dengan strip kain hitam.

4. Ambil potongan kain putih dan letakkan di permukaan yang rata. Rekatkan 3 kelopak bunga di bagian dasar secara bersilangan. Pastikan untuk menjaga ujung yang berkerut di dalam alasnya.

5. Sekarang rekatkan 1 kelopak di antara setiap 2 kelopak di alasnya. Setiap lapisan bunga matahari yang dirasa akan memiliki 8 kelopak.

6. Untuk lapisan berikutnya rekatkan sisa 8 kelopak sedikit ke arah tengah alas.

7. Ambil potongan kain hitam dan cokelat yang berumbai dan terlipat. Gulung strip cokelat muda terlebih dahulu lalu gulung strip hitam di sekitarnya. Oleskan lem di ujung gulungan untuk mengencangkannya.

8. Tempatkan dan rekatkan strip yang digulung di tengah lapisan kelopak.

 

3 dari 8 halaman

Cara membuat bunga dari kain flanel: daisy

Berikut cara membuat bunga dari kain flanel berbentuk daisy, dari Howjoyful:

Bahan:

Kain flanel putih dan kuning

Benang, jarum, dan gunting

Gunting

Lem panas

Mutiara atau hiasan untuk bagian tengah bunga

Cara membuat bunga daisy dari kain flanel:

1. Untuk bagian tengah bunga, gunting kain flanel kuning menjadi bentuk lingkaran kecil. Anda perlu menjahit di sekitar potongan lingkaran dan menempatkan mutiara di dalam lingkaran kecil flanel tersebut.

2. Setelah menempatkan mutiara di sana, tarik benang dan Anda akan memiliki pusat yang sempurna untuk bunga, semakin besar mutiara semakin besar pusatnya.

3. Gunting kain flanel putih menjadi dua bagian. Bagian pertama memiliki panjang 12 inci kali lebar 1 1/4 inci, bagian ini perlu dipotong menyerupai kelopak bunga setiap 1/4 inci. Bagian kedua memiliki panjang dan lebar kira-kira tiga kali lebih kecil dari bagian pertama.

4. Gulung bagian kedua di sekitar bagian tengah dan jahit atau gunakan lem panas untuk mengencangkannya.

5. Kemudian gulung bagian pertama dan jahit atau gunakan lem panas untuk mengencangkannya.

4 dari 8 halaman

Cara membuat bunga dari kain flanel: sukulen

Berikut cara membuat bunga dari kain flanel berbentuk sukulen, dari The Spruce Craft:

Bahan:

Flanel warna hijau dalam beberapa nuansa

Pena atau pensil

Gunting

Lem tembak

Tusuk sate kayu kecil

selotip bunga

Cara membuat bunga sukulen dari kain flanel:

1. Buat pola kelopak sukulen. Jiplak pola di atas kain. Gunakan gunting paling tajam untuk memotong setiap kelopak daun.

2. Mulailah merakit sukulen dari bagian dalam tanaman dan lanjutkan ke luar. Caranya dengan mencubit daun sedikit dan kemudian mulai menempelkan daun yang terjepit di atas satu sama lain. Anda juga bisa mengerjakan tusuk sate kayu sebagai alas. Berhenti menempelkan daun saat Anda merasa bentuk sukulen sudah cukup penuh.

3. Periksa tiga kali bahwa semua daun direkatkan. Tambahkan sedikit lem panas ekstra jika perlu. Bungkus batang dengan selotip bunga berwarna hijau.

5 dari 8 halaman

Cara membuat bunga dari kain flanel: lavender

Berikut cara membuat bunga dari kain flanel berbentuk lavender, dari Createandcraft:

Bahan:

2 flanel warna ungu yang berbeda

flanel hijau

Kawat floristry hijau (potong kira-kira 21-22cm)

Pita dekoratif

benang rami 80cm

Gunting kain

Pita pengukur

Pistol lem & tongkat lem

Pemotong kawat

Cara membuat bunga lavender dari kain flanel:

1. Potong kain flanel ungu menjadi potongan berukuran 20cm x 1,5cm. Potong satu strip untuk bunga sebanyak yang Anda inginkan.

2. Lipat strip menjadi dua memanjang dan perbaiki dengan sedikit lem panas.

3. Dengan menggunakan gunting tajam, gunting sepanjang tepi lipatan strip. Gunting setiap 2-3mm, potong setidaknya setengah dari strip, tetapi berhati-hatilah untuk tidak memotong terlalu jauh, sehingga memotong strip menjadi dua.

4. Oleskan sedikit lem panas ke salah satu ujung strip dan jepit di sekitar ujung salah satu batang kawat floristry.

5. Oleskan garis tipis lem panas ke tepi terlipat dari strip kain dan mulailah melilitkan strip di sekitar kawat. Perbaiki ujungnya dengan setetes lem panas untuk mengamankan di tempatnya.

6. Potong kain flanel kecil berwarna hijau dengan diameter kira-kira 7-8mm. Sekali lagi, jangan khawatir tentang menjadi terlalu rapi dan tepat dengan ini. Lipat menjadi dua dan buat potongan kecil di tengah lipatan untuk membuat lubang. Buka lingkaran dan masukkan batang kawat melalui lubang. Saat cakram berada di dasar bunga, pasang di tempatnya dengan sedikit lem panas.

7. Potong 2 strip kecil flanel hijau kira-kira 5cm x 0,5cm dan rapikan salah satu ujungnya menjadi satu titik. Oleskan sedikit lem panas ke bagian bawah salah satu daun dan pasang batang kawat ke daun. Oleskan lem di tempat yang sama ke daun kedua, dan tempelkan batang di antara dua daun yang direkatkan.

8. Perbaiki daun antara 12-15cm ke bawah batang dari atas bunga. Sekali lagi tidak perlu tepat dengan ini, karena ketinggian yang berbeda akan menambah tampilan akhir.

9. Setelah membuat semua bunga, kumpulkan mereka bersama-sama untuk memastikan campuran yang baik dari kedua ungu, posisikan mereka sehingga mekar dan daun berada pada ketinggian yang sedikit berbeda. Gunakan kawat floristry yang panjangnya kecil untuk mengikat tandan tersebut.

10. Ambil pita dan ikat di atas dasi kawat di pangkal daun. Lipat benang goni menjadi dua dan lipat panjang ganda ini di tempat yang sama. Kumpulkan pita dan ikat menjadi satu dan ikat menjadi busur. Potong ujung pita organza menjadi titik-titik untuk mencegah kusut dan rapikan benang dengan panjang yang sama.

 

6 dari 8 halaman

Cara membuat bunga dari kain flanel: mawar

Berikut cara membuat bunga dari kain flanel berbentuk mawar dari Instructable:

Bahan:

Kain flanel hijau dan pink

Jarum dan benang

Lem panas

Tusuk sate

Cara membuat bunga mawar dari kain flanel:

1. Potong kain flanel seukuran 12x5 cm. Buat beberapa potongan dengan beberapa warna.

2. Jahit jelujur bagian bawah kain flanel.

3. Kencangkan benang hingga kain mengkerut dan membentuk kuncup mawar. Masukkan kawat atau batang kedalam kuncupnya. Putar dan bentuk seperti bunga mawar.

4. Ikat dan rekatkan kain flanel dan kawat dengan lem tembak.

5. Sesuaikan selembar kain warna hijau menjadi bentuk daun. Rekatkan pada bagian bawah kelopak mawar untuk menjadikannya daun.

7 dari 8 halaman

Cara membuat bunga dari kain flanel: lily

Berikut cara membuat bunga dari kain flanel berbentuk lily dari somethingturquoise:

Bahan:

Kain flanel putih, krem, dan hijau

lem panas

kawat

Cara membuat bunga lily dari kain flanel:

1. Bentuk pola persegi panjang dan hati pada kain flanel menggunakan pensil.

2. Gunting pola di kain flanel tersebut. Ambil potongan pola yang berbentuk persegi panjang untuk ditempelkan pada kawat yang telah kamu sediakan.

3. Gulung potongan pola kain flanel tersebut pada ujung kawat dan rekatkan dengan lem tembak.

4. Taruh kawat yang telah di gulung tadi pada pola yang berbentuk hati dengan posisi pola hati terbalik.

5. Lipat lekukan pola hati tersebut agar membentuk mahkota bunga ke kawat. Setelah itu rekatkan menggunakan lem tembak pada kawat. Tutup bagian bawah kelopak dengan potongan flanel warna hijau.

8 dari 8 halaman

Cara membuat bunga dari kain flanel: marigold

Berikut cara membuat bunga dari kain flanel berbentuk marigold dari Sewguide:

Bahan:

Kain flanel kuning dan hijau

Tusuk sate

Gunting

lem panas

Cara membuat bunga marigold dari kain flanel:

1. Potong kain flanel berwarna kuning seukuran 10x3cm.

2. Gunting satu sisi kain hingga membentuk rumbai, pastikan guntingan tidak terputus.

3. Pada batang (kawat atau tusuk sate) tempelkan putik bunga. Anda bisa menggunakan kain flanel warna lain atau jenis putik yang bisa dibeli di toko.

4. Lem ujung kain dan rekatkan pada batang. Gulung kain hingga habis sambil direkatkan dengan lem sedikit demi sedikit.

5. Beri daun dari kain flanel hijau sebagai pemanis.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.