Sukses

Cara Belanja di eBay Bagi Pemula dengan Mudah, Aman dan Cepat

Begini cara belanja di eBay yang aman dan cepat yang harus Anda ketahui.

Liputan6.com, Jakarta Cara belanja di eBay cukup mudah untuk dilakukan bagi pemula. eBay adalah situs ecommerce yang menyediakan platform jual beli bagi orang di seluruh dunia untuk melakukan aktifitas jual beli barang dan jasa.

Di platform ini kita bisa menjual dan membeli barang atau jasa secara internasional, seolah tanpa ada batasan. Disana kita bisa menemukan banyak kategori, seperti Electronics, Barang koleksi dan seni, Fashion, Perlengkapan rumah, Perlengkapan olah raga, Perlengkapan sekolah, perlengkapan kantor, Kendaraan roda dua, kendaraan roda empat dan lain lain.

Tetapi perlu diketahui, bahwa memang tidak semua barang bisa dikirim ke Indonesia. Ada banyak penjual yang memilih konsentrasi melayani pengiriman kedalam negeri mereka saja. Misalnya penjual berdomisili di Amerika hanya mengirim ke dalam negeri Amerika saja. Nah, menghadapi penjual yang seperti ini, biasanya pembeli dari Indonesia mengakalinya dengan menggunakan jasa forwarder dari negara terkait, untuk mengirim barang ke Indonesia.

Untuk lebih rinci, berikut ini ulasan mengenai beberapa cara belanja di eBay dengan aman, mudah dan cepat yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jum’at (6/8/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Belanja di eBay

Berikut ini ada beberapa cara belanja di eBay yang wajib Anda ketahui, diantaranya:

1. Kunjungi Situs atau Aplikasi eBay

Cara belanja di eBay yang pertama adalah mengunjungi situ resmi eBay atau aplikasi eBay. Anda bisa mendownload aplikasi eBay di Google Playstore atau di App Store. Kunjungi situs resminya dan mulai membuat akun di sana versi desktop atau cari aplikasi eBay di Playstore kemudian install di handphone kalian lalu buka. Jika aplikasi sudah terbuka, kalian bisa memulai mendaftar akun eBay lewat handphone masing-masing seperti mendaftar akun pada umumnya.

2. Membuat Akun eBay

Cara belanja di eBay yang selanjutnya adalah membuat akun di eBay. Agar dapat memulai transaksi, maka harus memiliki akun pribadi di eBay. Caranya dengan mencari website eBay dan tekan tombol pendaftaran yang terletak di bagian atas. Kemudian isikan semua data yang diminta. Hal yang perlu digaris bawahi adalah mengenai pembuatan password. Supaya terlindungi dari tindakan pembobolan, maka buat password serumit mungkin. Akan tetapi jangan sampai lupa password tersebut. Bila tahap pendaftaran sudah terlewati, maka baca secara detail mengenai aturan jual beli yang ada di eBay. Kemudian prosedur mengenai transaksi harus Anda pahami. Sehingga secara jelas mengetahui aturan  apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama menjadi anggota.

3. Siapkan Alat Pembayaran

Cara belanja di eBay selanjutnya dengan cara transfer via ATM atau COD di tempat ketika barang tiba di rumah. Sebab, eBay bukanlah situs belanja lokal maka Anda wajib mempunyai sebuah kartu kredit atau salah satu rekening virtual luar negeri. Seperti Moneybookers, PayPal dan yang lainnya. Penggunaan kartu kredit sangat riskan saat melakukan pembayaran belanja online. Untuk  keamanan berbagai data diri yang ada didalamnya, sebaiknya menggunakan akun seperti PayPal. Sehingga lebih aman, terutama saat transaksi pembelian produk ke luar negeri.

4. Pilih Produk dan Lakukan Pembayaran

Cara belanja di eBay yang berikutnya adalah memilih produk dan melakukan pembayaran. Sebelum memilih produk yang dikehendaki, sebaiknya cek terlebih dahulu mengenai proses pengiriman barang dari para seller. Sebab situs belanja eBay sangat populer dan banyak seller dari berbagai negara. Sehingga banyak seller yang tidak melayani pengiriman barang ke negara tertentu.

5. Proses Pengiriman dan Pembayaran

Cara belanja di eBay selanjutnya adalah proses pengiriman dan pembayaran. Cara ini perlu Anda pikirkan, selain itu juga mengenai ongkos pengirimannya. Sebab, anda perlu memahami sejak awal mengenai kebijakan setiap seller. Untuk pemilihan jasa ekspedisi juga wajib anda cermati. Karena untuk pengiriman barang yang sama, namun sejumlah jasa ekspedisi mempunyai tarif berbeda.

Apabila anda sudah mendapatkan barang yang diinginkan, maka lakukan pembayaran. Biasanya akan ada sistem pembayaran melalui kartu kredit atau akun PayPal, Moneybookers, Paymate, Propay dan lain-lain. Untuk transaksi di Indonesia tidak semua metode pembayaran dapat digunakan, biasanya hanya memakai PayPal saja. Bila pembayaran sudah selesai, maka tinggal menunggu barang datang.

3 dari 4 halaman

Cara Membayar eBay Menggunakan PayPal

Sebelum kalian membayar produk eBay menggunakan PayPal, Anda wajib memiliki akun PayPal terlebih dahulu agar bisa melakukan pembayaran menggunakan PayPal di sana. Adapun caranya sebagai berikut:

1. Buat akun PayPal  terlebih dahulu.

2. Akun PayPal kalian harus sudah memiliki saldo yang akan digunakan untuk membayar, jika belum punya saldo silahkan isi terlebih dahulu.

3. Jika sudah, pilih produk di eBay lalu lakukan pembelian.

4. Pada saat berada di halaman pembayaran, silahkan pilih PayPal.

5. Setelah muncul Popup atau halaman checkout PayPal, silahkan login menggunakan akun anda yang sudah berisi saldo.

6. Klik tombol Confirm and Pay lalu PayPal akan melakukan proses pembayaran anda, ikuti sampai selesai.

4 dari 4 halaman

Cara Membayar eBay Menggunakan Kartu Kredit

Berikut ini cara membayar eBay menggunakan kartu kredit, diantaranya:

1. Pada saat anda memilih produk dan melakukan checkout, anda akan diarahkan ke metode pembayaran. Silahkan pilih metode Credit atau Debit card.

2. Isikan detail kartu kredit kalian disana seperti nomor credit card, nama lengkap pemilik kartu kredit, kode keamanan dan masa berlaku kartu anda.

3. Lalu klik tombol yang tulisan Done.

4. Kemudian klik tombol Confirm and Pay maka pembayaran selesai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini