Sukses

20 Macam Jurusan Kuliah yang Banyak Diminati Siswa IPA dan IPS, Ini Prospek Kariernya

Liputan6.com, Jakarta Mengetahui macam jurusan kuliah perlu untuk diketahui sebelum mendaftar ke perguruan tinggi. Terkadang, menentukan jurusan apa yang harus diambil dalam perkuliahan memang seringkali menimbulkan kebingungan. Hal itu menjadi hal biasa terjadi karena banyaknya pilihan jurusan di bangku kuliah.

Selain itu, dalam menentukan jurusan kuliah, ada banyak hal yang perlu dijadikan pertimbangan. Bukan hanya minat dan kemampuan, namun juga ada pertimbangan prospek kerja setelah lulus dari bangku kuliah.

Memilih jurusan yang diminati sesuai dengan bakat yang dimiliki adalah suatu keharusan bagi siswa SMA. Dengan begitu, kamu dapat mengembangkan skill yang dimiliki serta tahu arah karir yang ingin dipilih saat lulus nanti.

Oleh karena itu, supaya kamu tidak bingung menentukan jurusan. Berikut ini ada macam jurusan kuliah yang paling banyak diminati beserta prospek kariernya, yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Jum’at (6/8/2021).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Macam Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Diminati

Ada beberapa macam jurusan kuliah yang paling banyak diminati oleh siswa IPA dan IPS yang wajib kamu ketahui, diantaranya:

1.    Pendidikan Kedokteran

Macam jurusan kuliah yang paling banyak diminati adalah pendidikan kedokteran. Tidak heran persaingan masuk jurusan pendidikan dokter terbilang cukup sulit karena banyaknya peminat. Setelah lulus dan mendapat gelar dokter, kamu dapat mengabdi sebagai dokter di klinik dan rumah sakit milik pemerintah ataupun swasta. Jika kamu ingin membuka praktek dokter sendiri, kamu harus mengantongi Surat Tanda Registrasi dan Surat Izin Praktek setelah melalui tahap internship. Pilihan lainnya adalah melanjutkan studi kedokteran lagi untuk mengambil pendidikan dokter spesialis.

2.    Teknik Informatika

Macam jurusan kuliah yang paling banyak diminati yang selanjutnya adalah teknik informatika. Kebutuhan tenaga di bidang teknik informatika juga semakin bertambah. Oleh karenanya, jurusan teknik informatika termasuk dalam jurusan dengan prospek karier kerja yang menjanjikan. Beberapa prospek pekerjaan dengan latar belakang pendidikan teknik informatika antara lain programmer, web developer, pembuat aplikasi, software engineer dan lain-lain.

3.    Arsitektur

Macam jurusan kuliah yang paling banyak diminati yang selanjutnya adalah jurusan arsitektur. Mahasiswa di program studi arsitektur akan mempelajari desain dan rancangan konstruksi bangunan. Profesi arsitek mempunyai prospek yang bagus. Hampir semua perusahaan properti dan konstruksi pasti menggunakan jasa arsitek. Selain menjadi arsitek, lulusan arsitektur juga bisa menjadi konsultan.

4.    Teknik Pertambangan

Macam jurusan kuliah yang paling banyak diminati yang selanjutnya adalah teknik pertambangan. Jurusan teknik pertambangan merupakan salah satu cabang dari ilmu teknik berfokus pada ilmu eksplorasi dan eksploitasi bahan galian atau sumber daya mineral, seperti emas, perak, alumunium, besi, batu bara, dan sebagainya.Tidak banyak perguruan tinggi yang memiliki program studi teknik pertambangan di Indonesia. Prospek kerja yang bisa dicapai setelah lulus dari studi teknik pertambangan antara lain Ahli Tambang dan Geologi Ahli Pengeboran Bumi (Non Minyak dan Gas) Ahli Teknik Energi Teknisi Geologi dan Perminyakan.

5.    Agribisnis

Macam jurusan kuliah yang paling banyak diminati yang selanjutnya adalah agribisnis. Jurusan agribisnis menawarkan ilmu tentang seluk beluk usaha atau bisnis yang memanfaatkan pertanian sebagai komoditas. Mulai dari pengusahaan produksi pertanian, sampai pengelolaan hasil pertanian pula. Pangan menjadi salah satu hal yang paling bisa diwujudkan oleh Agribisnis, sehingga peluang profesi di sektor ini sangat besar. Lulusan program studi Agribisnis tidak hanya bisa bekerja di sektor pertanian, tapi bisa juga bekerja di bidang logistik, consumer goods, hingga supply chain supermarket.

 

 

3 dari 5 halaman

Macam Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Diminati

 

6.    Ilmu Gizi

Macam jurusan kuliah yang paling banyak diminati yang selanjutnya adalah ilmu gizi. Jurusan ini mempelajari keterkaitan gizi dengan kesehatan, pertumbuhan serta manusia dan produktivitasnya, serta kualitas manusia. Ilmu gizi juga mempelajari soal sektor pertanian, ekonomi, hingga sosial budaya. Yang tak kalah penting adalah mempelajari bagaimana menyiapkan perencanaan perbaikan gizi serta memberikan jasa konsultasinya. Cocok untuk kamu yang suka pelajaran Biologi, Kimia Prospek kerja jurusan adalah Ahli Diet dan Nutrisi, Praktisi Keluarga dan Umum.

7.    Farmasi

Macam jurusan kuliah yang paling banyak diminati yang selanjutnya adalah farmasi. Farmasi adalah jurusan yang berhubungan erat dengan obat-obatan dan ilmu pendukung lainnya. Para mahasiswa belajar untuk mengenali struktur senyawa obat dan cara sintesisnya, kemudian mengolahnya menjadi obat yang layak dikonsumsi. Lulusan farmasi diharapkan menjadi ahli membuat, mencampur, meracik, melakukan formulasi, mengidentifikasi, mengombinasi, menganalisis, dan menciptakan obat yang memenuhi standar kualitas dan kelayakan. Cocok untuk kamu yang suka pelajaran Kimia Prospek kerja jurusan adalah Spesialis Kimia, Dokter Pengobatan Preventif dan Apoteker.

8.    Astronomi

Macam jurusan kuliah yang paling banyak diminati yang selanjutnya adalah astronomi. Ilmu astronomi mempelajari benda-benda langit. Program studi ini menitikberatkan pada penerapan ilmu fisika terhadap objek di langit. Dipelajari pula struktur serta sifat fisik evolusi alam semesta beserta isinya dan kosmologi. Jurusan ini dibagi menjadi tiga keahlian, yaitu Tatasurya, Fisika Bintang dan Galaksi, serta Kosmologi. Pastinya, Ilmunya sangat menarik karena kamu akan mempelajari hal-hal yang berada di luar bumi. Cocok untuk kamu yang suka pelajaran Fisika. Prospek kerja jurusan ini adalah Astronom, Pengajar Ilmu Atmosfir, Ilmu Bumi, Ilmu Kelautan, Ilmu Luar Angkasa dan Peneliti Atmosfir dan Ruang Angkasa.

9.    Statistika

Macam jurusan kuliah yang paling banyak diminati yang selanjutnya adalah statistika. Statistika merupakan ilmu yang mempelajari proses pengolahan data, mulai dari merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasikan, dan mempresentasikan data. Fungsi statistika sendiri adalah sebagai pijakan pengambilan keputusan. Tanpa analisis data akurat, pengambilan keputusan tepat tidak akan pernah bisa terjadi. Cocok untuk kamu yang suka pelajaran Matematika. Prospek kerja jurusan adalah Peneliti Survei, Ahli Statistik, dan Aktuaria.

10. Bioteknologi

Macam jurusan kuliah yang paling banyak diminati yang selanjutnya adalah bioteknologi. Bioteknologi merupakan cabang ilmu biologi yang mempelajari teknologi pemanfaatan makhluk hidup dalam skala besar untuk menghasilkan produk yang memiliki nilai guna bagi manusia. Saat ini, penerapan ilmu bioteknologi sedang berkembang pesat. Hal yang dipelajari di jurusan ini meliputi teknik fermentasi, teknologi enzim, analisa mikroorganisme, analisa DNA, separasi dan pemurnian produk biologis, kultur jaringan tanaman, serta rekayasa genetika. Cocok untuk kamu yang suka pelajaran Biologi. Prospek kerja jurusan adalah Ahli Biomedis, Teknisi Pembangkit Biomassa, Peneliti Bioinformatika.

4 dari 5 halaman

Macam Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Diminati

11. Biokimia

Macam jurusan kuliah yang paling banyak diminati yang selanjutnya adalah biokimia. Ilmu biokimia adalah ilmu yang mempelajari tentang peranan berbagai molekul dalam reaksi kimia dan proses yang berlangsung dalam makhluk hidup. Jangkauan ilmu biokimia sangat luas. Tidak hanya mempelajari proses yang berlangsung dalam tubuh manusia, ilmu biokimia juga mempelajari berbagai proses pada organisme mulai dari yang sederhana sampai yang kompleks. Cocok untuk kamu yang suka pelajaran Biologi dan Kimia. Prospek kerja jurusan adalah Peneliti Bioinformatika, Ahli Biologi Molekul dan Sel, Ahli Biokimia dan Biofisika.

12. Teknik Lingkungan

Macam jurusan kuliah yang paling banyak diminati yang selanjutnya adalah teknik lingkungan. Jurusan teknik lingkungan akan mempelajari tentang bagaimana menciptakan lingkungan yang sehat dan bebas penyakit dengan teknik dan teknologi. Ruang lingkup jurusan ini adalah konservasi sumber daya air, pengelolaan kesehatan lingkungan, upaya pengendalian pencemaran, pengolahan limbah, plumbing atau perpipaan, sistem drainase, hingga pengendalian dan pencemaran udara. Cocok untuk kamu yang suka pelajaran Biologi dan Kimia. Prospek kerja jurusan ini adalah Ahli Ekologi Industri, Ahli Lingkungan atau Konsultan Lingkungan.

13. Rekayasa Pertanian

Macam jurusan kuliah yang paling banyak diminati yang selanjutnya adalah rekayasa pertanian. Rekayasa pertanian merupakan jurusan yang mengombinasikan ilmu-ilmu pertanian konvensional dengan prinsip-prinsip rekayasa biosistem untuk membangun dan mengelola sistem pertanian. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari kompetisi teknis unggul untuk mengembangkan sistem pertanian berkelanjutan. Tujuan utamanya adalah mencapai swasembada kebutuhan pokok serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Cocok untuk kamu yang suka pelajaran Kimia dan Biologi. Prospek kerja jurusan adalah Ahli Teknik Pertanian, Peneliti Tanah dan Tumbuhan atau Manager Pertanian dan Peternakan.

14. Agroekoteknologi

Macam jurusan kuliah yang paling banyak diminati yang selanjutnya adalah agroekoteknologi. Jurusan ini merupakan gabungan beberapa program studi di Fakultas Pertanian, yaitu Prodi Agronomi, Ilmu Tanah, serta Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan. Agroekoteknologi mempelajari dasar-dasar ilmiah dalam menemukan, menganalisis, dan memecahkan masalah melalui cara berpikir analitik, kreatif, dan eksploratif dalam bidang agronomi. Jadi, kamu akan diajarkan untuk melakukan inovasi-inovasi, untuk membawa pertanian Indonesia ke arah modern yang berkelanjutan, baik dari sisi sosial, budaya, ekonomi, lingkungan dan teknologi. Cocok untuk kamu yang suka pelajaran Biologi. Prospek kerja jurusan ini adalah Manager Pertanian dan Peternakan, Manajer Pembibitan dan Rumah Kaca atau Peneliti Tanah dan Tumbuhan

15. Teknik Industri

Macam jurusan kuliah yang paling banyak diminati yang selanjutnya adalah teknik industri. Teknik Industri merupakan ilmu yang mempelajari proses industri, baik dari sisi manajemen maupun teknik. Ilmu teknik industri sebenarnya adalah turunan dari teknik mesin. Walau demikian, para mahasiswa juga harus mempelajari disiplin ilmu lain, seperti Matematika, Fisika, Fisiologi, bahkan Manajemen. Fokus teknik industri adalah perancangan, peningkatan, dan pemasangan sistem terintegrasi yang membutuhkan peran manusia, material, peralatan, dan energi. Cocok untuk kamu yang suka pelajaran Matematika. Prospek kerja jurusan adalah Sales Engineer, Ahli Teknik Industri, Ahli Teknik Manufaktur, Teknisi Produksi Manufaktur.

5 dari 5 halaman

Macam Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Diminati

16. Ilmu Hukum

Macam jurusan kuliah yang paling banyak diminati yang selanjutnya adalah ilmu hukum. Jurusan ilmu hukum termasuk program studi yang paling populer. Hal itu lantaran lulusan ilmu hukum memiliki prospek kerja yang cukup menjanjikan dan bisa masuk di berbagai bidang pekerjaan. Beberapa prospek kerja lulusan ilmu hukum antara lain praktisi hukum seperti pengacara, notaris, hakim, jaksa, ataupun konsultan hukum. Namun di luar itu, lulusan hukum juga banyak dibutuhkan di perusahaan-perusahaan karena kebanyakan perusahaan memiliki divisi legal untuk mengurus perjanjian ataupun kontrak kerja.

17. Psikolog

Macam jurusan kuliah yang paling banyak diminati yang selanjutnya adalah Psikologi. Jurusan psikologi juga punya banyak peminatan, misalnya Psikologi Anak, Psikologi Pendidikan, dan Psikologi Industri Lulusan psikologi juga memiliki prospek kerja yang luas. Selain bisa menjadi psikolog, lulusan psikologi juga bisa bekerja sebagai HRD, Market research, dan Peneliti.

18. Ilmu Komunikasi

Jurusan ilmu komunikasi juga salah satu jurusan yang paling diminati di fakultas berbasis ilmu-ilmu sosial, selain hukum. Salah satu penyebabnya adalah lulusan ilmu komunikasi memiliki peluang karier yang luas, tidak hanya terbatas di satu bidang. Beberapa prospek kerja lulusan ilmu komunikasi adalah public relation, fotografer, penulis, market research analyst, marketing communication, jurnalis atau yang berkaitan dengan media, dan lain-lain.

19. Hubungan Internasional

Macam jurusan kuliah yang paling banyak diminati yang selanjutnya adalah hubungan internasional. Untuk prodi ini, kamu bisa belajar banyak tentang relasi, interaksi antarnegara, diplomasi, kajian sosial transnasional, politik internasional, dan lain-lain. Sedangkan saat lulus kuliah, nantinya kamu bisa kerja sebagai diplomat, peneliti, dosen, atau pun PNS.

20. Ekonomi dan Bisnis

Selain hukum dan ilmu komunikasi, jurusan favorit lainnya di bidang ilmu sosial adalah ekonomi dan bisnis. Ada banyak disiplin ilmu yang bisa dipelajari di sini antara lain seperti akuntansi, manajemen, dan bisnis. Setelah lulus, kamu bisa menjadi Akuntan, Analis investasi, Penasihat keuangan, Manajer pajak, Konsultan bisnis, ataupun Wirausaha.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS