Sukses

20 Wisata Gratis di Jogja yang Instagramable dan Hits, Destinasi Wajib Dikunjungi

Liputan6.com, Jakarta Berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta atau biasa dikenal dengan Jogja, jangan ragu untuk mampir ke tempat wisata gratis di Jogja. Tak cuma menawarkan panorama alam menakjubkan. Ada banyak lokasi bersejarah dan ikonik di tempat wisata gratis di Jogja. 

Tidak terpencil, justru tempat wisata gratis di Jogja yang instagramable tersebar di daerah kotanya. Ada malioboro, tugu Jogja, pasar beringharjo, alun-alun, sampai keraton. Sementara wisata gratis di Jogja yang alam banget tersebar di daerah Gunung Kidul, Kulon Progo, Bantul, dan Kaliurang.

Jangan lupa siapkan biaya parkir meski untuk memasuki kawasan wisata gratis, ya. Penasaran dengan wisata gratis di Jogja tersebut? Berikut Liputan6.com ulas tempat wisata gratis di Jogja yang instagramable dari berbagai sumber, Rabu (11/8/2021).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Wisata Gratis di Jogja yang Instagramable

1. Bukit Klangon

Menikmati pemandangan dengan hamparan awan tentu memanjakan mata. Beberapa bukit di Jogja banyak yang bisa dikunjungi untuk menikmati hamparan kapas putih tersebut. Bukit Klangon sebagai salah satu wisata gratis di Jogja yang alam banget.

Gardu pandang di Bukit Klangon bisa jadi tujuan Anda selanjutnya. Di tempat wisata gratis di Jogja ini terdapat spot foto yang keren berlatar belakang Gunung Merapi. Bukit Klangon berada di Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman. Jaraknya kurang lebih 30 km dari pusat Kota Yogyakarta.

2. Tlogo Putri Kaliurang

Tlogo Putri merupakan tempat wisata gratis di Jogja. Embung atau kolam yang di dalamnya terdapat beberapa bebek air mainan ini memberikan kesejukan tersendiri bagi Anda yang mengunjunginya.

Selain itu, di tempat wisata gratis di Jogja ini terdapat berbagai permainan untuk anak-anak seperti jungkat-jungkit, ayunan, bianglala dan berbagai wahana permainan seru lainnya. Tidak hanya pemandangan dan permainannya saja yang menarik, tetapi udara di sini juga sejuk. Anda dan keluarga pun bisa berkeliling sambil jalan santai di area tempat wisata.

3. Bukit Pengilon

Wisata Yogyakarta ini berlokasi di Purwodadi, Tepus, Gunung Kidul. Dulunya wisata gratis di Jogja bukit Pengilon merupakan bagian dari Gunung Api Purba Batur. Kini Bukit Pengilon sebagai lokasi rekreasi untuk menikmati hijaunya bukit serta cantiknya jajaran pantai selatan dari ketinggian. Keindahan Bukit Pengilon dijamin bakal bikin kamu enggak mau pulang.

4. Pantai Timang

Tak kalah populer dengan pantai lainnya, wisata gratis di Jogja pantai Timang juga wajib kamu masukkan ke dalam destinasi liburan. Pantai ini sedikit berbeda dengan pantai lainnya yang ada di Jogja. Di wisata gratis di Jogja kamu bisa menaiki gondola tradisional yang biasa digunakan oleh nelayan setempat untuk menyeberangi tebing karang. Dengan ganasnya laut Samudra Hindia di bawahnya, bikin kamu semakin tertantang untuk mencoba wahana ini.

5. Pantai Parangtritis dan Parangkusumo

Pantai Parangtritis dan Parangkusumo merupakan wisata gratis di Jogja yang saling berdampingan. Kedua pantai ini termasuk pantai di Jogja yang paling banyak dikunjungi. Di wisata gratis di Jogja kamu bisa menikmati deburan ombak pantai selatan, menyaksikan sunset dan sunrise, hingga berkeliling pantai menggunakan jeep sewaan.

6. Air Terjun Tlogo Muncar

Tempat wisata gratis di Jogja satu ini berada di daerah Kaliurang tepatnya Jalan Tlogo Putri, Hargobinangun, Pakem, Sleman, DIY. Sumber air terjun ini berasal dari lereng bukit Plawangan, Gunung Merapi. Kawasan di sekitar wisata gratis di Jogja ini sangat sejuk dengan udara yang masih bersih.

7. Alun-Alun Kidul

Wisata Yogyakarta murah meriah dan mudah dijangkau selanjutnya adalah alun-alun kidul. Alun-Alun Kidul merupakan wisata gratis di Jogja di halaman belakang Keraton Kesultanan Yogyakarta. Di wisata gratis di Jogja ini pohon beringin kembar yang legendaris itu berada. Biasanya wisatawan yang penarasan mencoba tradisi masangin, melewati kedua pohon raksasa itu dengan mata tertutup.

Alun-Alun Kidul menjadi pusat kegiatan warga di hari libur. Semakin malam pengunjungnya semakin ramai. Di wisata gratis di Jogja kamu bisa menikmati jajan di lesehan atau mencoba becak dan odong-odong hias yang dihias dengan lampu warna-warni. Benar-benar semarak. Masuk ke kawasan alun-alun kidul ini tidak dipungut biaya.

3 dari 4 halaman

Wisata Gratis di Jogja yang Instagramable

8. Malioboro

Bukan tanpa alasan kalau Malioboro sering menjadi setting film maupun FTV. Soalnya tempat wisata gratis di Jogja ini memang benar-benar terasa Jogja-nya. Dengan menelusuri sepanjang jalan Malioboro yang padat itu kamu bisa menemukan berbagai jenis oleh-oleh, karya seniman lokal, dan jajanan enak.

Malioboro bisa dijangkau dengan jalan kaki beberapa menit dari stasiun. Kawasan wisata gratis di Jogja ini juga sudah dipercantik dengan bangku-bangku panjang, lampu jalan, dan spot foto yang ciamik. Menikmati suasana Jogja di Malioboro juga tidak dipungut biaya.

9. Titik Kilometer 0 Jogja

Sebenarnya titik ini memang cuma perempatan jalan. Tetapi biasanya dijadikan titik pusat untuk berbagai kegiatan, mulai dari aksi damai, pertunjukan seni, sampai tempat untuk memajang karya seni.

Titik Kilometer 0 Jogja ini merupakan wisata gratis di Jogja ujung dari jalan malioboro. Baik di siang hari ataupun malam hari, banyak orang berlalu lalang di sini. Kamu juga tidak dipungut biaya untuk menikmati suasana di tempat wisata Jogja murah meriah ini.

10. Tugu Jogja

Tidak perlu membayar, namun harus berhati-hati dan tidak mengganggu pengguna jalan lainnya. Itulah syarat mutlak yang harus dipenuhi bagi siapa pun yang ingin berfoto dengan Tugu Jogja yang ikonik itu. Suasana malam di lokasi wisata gratis di Jogja ini juga cukup asyik dengan sejumlah kafe dan angkringan tersebar di sejumlah titik.

11. Pantai Nglambor

Pantai Nglambor itu tempatnya snorkeling. Di sini kamu berkesempatan untuk berenang dengan ikan beraneka warna. Kalau sedang beruntung bahkan bisa bertemu dengan kura-kura laut berukuran besar.

Bagi yang malas snorkeling pun Nglambor tetap memesona dengan airnya yang biru jernih dan berombak kecil. Bikin betah selonjoran di tepian sampai sore. Tarif masuknya hanya Rp 5.000 saja.

12. Pantai Pok Tunggal

Pok Tunggal merupakan salah satu tempat wisata Jogja murah meriah andalan Gunung Kidul. Pantai cantik yang dikelilingi batu karang ini merupakan tempat yang cocok untuk menikmati keindahan sunset.

Selain itu Pok Tunggal juga masih tergolong sepi. Jadi kamu bisa menikmati kesyahduan panoramanya tanpa gangguan. Tarif masuknya juga hanya Rp 3.000 saja.

13. Bukit Bintang

Wisata Jogja yang satu ini menyuguhkan pemandangan kota di malam hari yang bertabur 'bintang'. Karena ketinggiannya, tempat ini disebut Jogja lantai 2. Nongkrong bersama teman di Bukit Bintang akan terasa semakin nikmat dengan jajanan hangat yang tersedia di sana.

4 dari 4 halaman

Wisata Gratis di Jogja yang Instagramable

14. Kebun Teh Nglinggo

Kebun teh ini berlokasi di daerah Samigaluh, tepatnya di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kulon Progo. Katanya dulu pernah menjadi salah satu markas Pangeran Diponegoro, tetapi sekarang sudah berubah fungsi menjadi perkebunan dan tempat wisata.

Perkebunan Nglinggo menawarkan hawa yang sejuk, hamparan hijau pohon teh yang bikin mata adem, dan pemandangan puncak 8 gunung sekaligus. Aksesibilitas ke daerah ini juga sudah cukup bagus dan ada pula homestay yang bisa dimanfaatkan untuk bermalam. Tarif masuknya hanya Rp 3.000 saja.

15. Hutan Mangrove Kulon Progo

Wisata Jogja yang satu ini berupa kawasan mangrove atau bakau di desa pasir mendit Temon. Menyadari besarnya potensi wisata mangrove, warga setempat sepakat untuk mengelola tempat ini dengan menambahkan banyak spot keren untuk foto.

Mangrove Kulon Progo berada di muara Sungai Bogowonto dan bisa ditempuh dari Yogyakarta dengan perjalanan selama 2 jam. Tarifnya hanya Rp 4.000 saja.

16. Wisata Kalibiru Kulon Progo

Kalibiru ini punya pemandangan yang sama cantiknya dengan Tebing Keraton. Kalibiru merupakan tempat yang asyik untuk trekking dengan latar pepohonan asri. Tarif masuk ke Kalibiru hanya Rp 3.000 saja.

Tetapi tujuan utama para traveler ke sini biasanya untuk menikmati sunset di atas pijakan yang sengaja dipasang di atas pohon. Dari titik tersebut kita juga bisa melihat Waduk Sermo dari kejauhan.

17. Kebun Buah Mangunan

Kebun buah Mangunan juga menawarkan eksotisme alam berupa pegunungan, hutan, dan sungai yang mengular dengan cantiknya. Untuk mencapai bukit, kamu harus menempuh perjalanan kurang lebih 15 menit, kemudian turun lagi. Tarinya Cuma Rp 5.000 saja.

18. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Keraton Yogyakarta menjadi simbol kejayaan Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat hingga saat ini. Sebagian kompleks keraton merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kesultanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, dan gamelan.

19. Situs Warungboto

Sekilas Situs Warungboto yang juga dikenal dengan pesanggrahan Rejowinangun ini mirip dengan Taman Sari. Pada awalnya, wisata gratis di Jogja ini merupakan lokasi sebuah pesanggrahan dan pemandian raja. Pesanggrahan yang dibangun era HB II ini memiliki banyak ruang, mulai dari ruang utama hingga pendukung. Ruang utama ada di bagian utama pesanggrahan, meliputi ruang pengimaman dan kolam. Dulunya situs ini merupakan tempat untuk istirahat kerabat Keraton Yogyakarta.

20. Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo merupakan pasar tradisional tertua yang ada di Jogja. Pasar ini juga menjadi wisata gratis di Jogja untuk belanja yang menjadi tujuan utama para pelancong dari berbagai daerah. Pasar ini berada Jalan Jl. Margo Mulyo No.16, Yogyakarta tepat berada setelah jalan Malioboro.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS