Sukses

Dokter Richard Lee Ditangkap Polisi di Rumahnya Disaksikan Istri, Ini 6 Faktanya

Pihak keluarga dan kuasa hukum hilang kontak dengan dr Richard Lee usai penangkapan dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta Adanya penangkapan terhadap influencer sekaligus dokter kecantikan, dr Richard Lee pada Rabu (11/8/2021) mencuri perhatian banyak netizen. Penangkapan dr Richard Lee sendiri diduga karena adanya perseteruan antara dirinya dengan Kartika Putri terkait dengan sebuah kosmetik yang diduga berbahaya. 

Penangkapan dr Richard Lee yang diduga dijemput paksa oleh petugas dari Polda Metro Jaya dilakukan di kediamannya yang berada di Jalan Brigjen Hasan Kasim Komplek Investama Palembang Sumatera Selatan (Sumsel), Rabu (11/8/2021) pagi, sekitar pukul 07.00 WIB. Bahkan, saat penangkapan berlangsung sang istri, Reni Effendi mengunggah videonya di akun Instagram.

Dalam akun Instagram sang istri, @enieffendi24 pun mempertanyakan terkait dengan penangkapan suaminya. Tak sampai di situ saja, perdebatan antara dr Richard Lee dan sang istri dengan pihak kepolisian pun begitu terdengar dalam video. Pihak keluarga juga menanyakan alasan penangkapan hingga harus ada penangkapan di rumah.

"Tapi kami masih gak ngerti salah kami di mana. Bisa tidak jelaskan, kenapa suami saya ditangkap. Bisa saja bapak jelasin, saya mau jelasin di sini. Karena saya berhak mendengarkan alasannya kenapa ditangkap," tanya istri dr Richard Lee.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa fakta terkait penangkapan dr Richard Lee yang dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (12/8/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Ditangkap anggota kepolisian di rumah

Video penangkapan dr Richard Lee oleh pihak kepolisian di Palembang beredar luas di media sosial. Pasalnya, belum diketahui secara pasti alasan penangkapan dokter yang aktif memberikan berbagai ilmu soal perawatan kulit dan wajah di media sosial.

Video tersebut pun pertama kali diunggah pada akun Instagram istri dr Richar Lee pada Rabu (11/8/2021). Dalam video yang beredar, terlihat adanya perdebatan antara polisi dengan pihak keluarga dr Richar Lee. Hal ini terjadi karena pihak keluarga merasa keberatan adanya penangkapan secara paksa dan tiba-tiba terhadap dr Richar Lee.

"Jangan ditangkap, Nanti dulu pak, jangan dulu, suami saya ditangkap alasannya apa? Kenapa pak? Bapak nggak jelasin," teriak histeris istri dr Richard Lee.

Namun, pertanyaan yang diajukan oleh sang istri terkait dengan alasan penangkapan suaminya ini dihiraukan oleh pihak kepolisian. Salah satu anggota polisi hanya menjawab, jika pendampingan pengacara bisa dilakukan. Tapi penangkapan masih terus berlanjut.

3 dari 7 halaman

2. dr Richard Lee tak ingin dibawa ke Polda tanpa pengacara

Dalam video yang beredar terlihat pula dr Richar Lee yang tengah duduk dalam sebuah kamar saat pihak kepolisian akan menangkap. Bahkan, ekspresi kepanikan terlihat jelas di wajahnya saat anggota kepolisian memaksa membawanya untuk keluar rumah dan dibawa ke Polda Metro Jaya.

Dari pihak kepolisian sendiri menuturkan jika penjelasan terkait penangkapan dr Richard Lee akan dilakukan di kantor polisi. Namun, dr Richard Lee yang masih melakukan perlawanan menolak untuk dibawa ke kantor polisi sebelum sang kuasa hukum datang.

“Saya tidak mau dibawa ke Polda Metro Jaya, sebelum kuasa hukum saya datang pak” kata Richard Lee saat membela diri.

4 dari 7 halaman

3. Istri hilang kontak dengan dr Richar Lee

Setelah adanya penangkapan dr Richar Lee, salah satu pihak kepolisian mengatakan akan membawa dokter kecantikan tersebut ke Polda Sumatra Selatan. Hal ini dilakukan untuk pemeriksaan kesehatan dr Richard Lee yang memang tengah mengalami sakit pinggang.

Namun, istri dr Richard Lee, Reni Effendi yang memberikan keterangan pada media di kediamannya mengaku tak menemukan suami di Polda Sumsel. Bahkan, saat ini dirinya sudah hilang kontak dengan sang suami.

"Kata petugas suami saya mau dibawa ke Polda Sumsel. Tapi tiba-tiba tidak ke sana. Saya tidak tahu dimana suami saya sekarang," katanya.

5 dari 7 halaman

4. Kuasa hukum dr Richard Lee tak mengetahui keberadaan kliennya

Bukan hanya sang istri saja yang hilang kontak, akan tetapi kuasa hukum dr Richard Lee, Razman Arif Nasution juga mengaku tidak mengetahui keberadaan kliennya.

"Richard Lee saya tidak tahu dimana keberadaannya Richard Lee sekarang, tapi yang pasti besok sore saya di Jakarta. Saya sekarang berada di Palembang, saya baru sampai jam 16.00 Wib tadi untuk melihat TKP, melihat video. Karena semua ada data dan saya buat statement di video dengan wartawan di sini lokal," kata Razman saat dihubungi, Rabu (11/8).

6 dari 7 halaman

5. Kuasa hukum sebut penangkapan kliennya dilakukan secara arogan

Penangkapan pihak kepolisian terhadap dr Richard Lee diketahui dilakukan tanpa adanya pendampingan dari kuasa hukumnya. Saat penangkapan berlangsung, kuasa hukum dr Richard Lee diketahui sudah berada dalam perjalanan menuju rumah kliennya. Namun sayang, sang dokter kecantikan tersebut sudah lebih dahulu dibawa oleh polisi.

Razman Arif Nasution selaku pengacara keluarga dr Richar Lee yang ikut dalam konferensi pers ke awak media di depan kediaman dr Richard Lee mempertanyakan latar belakang penjemputan paksa kliennya. Bahkan, ia menganggap penangkapan terhadap kliennya tidaklah mendasar dan menyebut aksi yang dilakukan oleh tim dari Polda Metro Jaya telah melanggar hukum.

"Klien saya ini ditindak secara arogan. Masa saat penangkapan mau ke belakang saja, tidak boleh. Dia ini bukan teroris atau penghina negara kasusnya ini remeh temeh," ucapnya.

7 dari 7 halaman

6. Pertanyakan status tersangka

Razman juga menyebutkan jika seharusnya pihak kepolisian tidak melakukan penangkapan secara semena-mena, pasalnya harus ada konfirmasi terlebih dahulu kepada kuasa hukum yang bersangkutan. Tak sampai disitu saja, Razman juga mempertanyakan status dr Richar Lee yang langsung ditetapkan sebagai tersangka sebelum adanya penyelidikan.

"Yang anehnya ini klien saya langsung ditetapkan tersangka. Saya sudah bilang tunggu dulu, tetapi petugas langsung bawa saja. Ini ada apa?,” ujarnya.

Penangkapan yang dilakukan pihak kepolisian terhadap dr Richard Lee sendiri diduga karena adanya pelanggaran UU ITE terhadap laporan dari aktris Kartika Putri. Namun, hingga saat ini belum ada klarifikasi dari pihak kepolisian terkait penangkapan dr Richard Lee ataupun Kartika Putri yang namanya turut terbawa-bawa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini