Sukses

Pansos adalah Kata Gaul, Ketahui Arti dan Ciri-cirinya

Ketahui ciri orang pansos.

Liputan6.com, Jakarta Pansos adalah istilah yang sudah tak asing lagi di telinga kaum muda. Pansos adalah kata yang kerap kali disebut di media sosial. Kata ini mewakili orang yang mencari kesenangan dalam barang atau materi tertentu.

Pansos adalah termasuk kata gaul para anak muda. Menariknya, pansos adalah istilah yang juga sudah masuk dalam entri Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Orang yang pansos adalah orang yang akan melakukan apa saja untuk mencapai status sosial yang tinggi. Pansos adalah perilaku yang bisa ditemukan di mana saja. Orang pansos adalah individu yang selalu ingin terlihat punya status sosial lebih tinggi dari yang sebenarnya.

Pansos termasuk perilaku banyak dibenci orang. Tak jarang, orang yang pansos melakukan hal yang tidak perlu untuk terlihat seolah-olah mereka keren. Berikut arti pansos dan ciri orang yang memiliki perilaku ini, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (15/8/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Arti pansos

Pansos adalah kependekan dari panjang sosial. Dalam bahasa Inggris, istilah ini juga dikenal sebagai social climber atau social climbing. Pansos adalah istilah populer untuk mendefinisikan orang yang suka berperilaku apapun untuk membuat status sosialnya terlihat lebih tinggi.

Menurut KBBI, panjat sosial atau pansos adalah usaha yang dilakukan untuk mencitrakan diri sebagai orang yang mempunyai status sosial tinggi. Ini dilakukan dengan cara mengunggah foto, tulisan, dan sebagainya di media sosial.

Literatur lain seperti kamus Merriam Webster mendefinisikan pansos atau social climber sebagai orang yang mencoba untuk mendapatkan posisi sosial yang lebih tinggi atau penerimaan dalam masyarakat modis. Sementara menurut Cambridge Advanced Learner's Dictionary & Thesaurus, pansos adalah seseorang yang mencoba untuk meningkatkan posisi sosial dengan menjadi sangat ramah pada orang yang lebih tinggi kelas sosialnya. Panjat sosial juga berarti seseorang yang mencoba untuk pindah ke peringkat sosial yang lebih tinggi.

3 dari 7 halaman

Perilaku pansos

Orang yang pansos biasanya mencari kesenangan dalam barang-barang materi dan terlihat di lingkungan yang 'keren'. Orang-orang ini akan melakukan apa saja untuk mencapai status sosial yang tinggi. Pansos adalah orang-orang egois yang hanya mementingkan kepentingan mereka sendiri biasanya termasuk melihat dan merasa seolah-olah mereka adalah bagian dari kerumunan yang keren atau berkelas tinggi.

Banyak dari pansos tidak dapat dipercaya karena mereka akan cepat meninggalkan orang jika mereka melihat peluang sosial yang lebih baik untuk diri mereka sendiri. Sulit untuk terlibat dalam percakapan mendalam dengan orang-orang ini karena mereka hanya tahu tentang hal-hal dangkal yang tidak terlalu penting.

Media sosial adalah sasaran bagi pansos untuk menunjukkan dirinya. Semua orang ingin menjadi keren dan semua orang ingin diperhatikan, tetapi pansos menjadikan ini sebagai perilaku yang ekstrem.

4 dari 7 halaman

Ciri-ciri pansos

Berikut ciri-ciri pansos menurut Psychologytoday:

Terdorong status

Ciri pansos yang pertama adalah mereka selalu mementingkan status. Orang yang pansos akan menjalin pertemanan berdasarkan siapa yang diketahui orang lain atau apa yang dimiliki orang lain.

Name Dropper

Name Dropper adalah istilah yang digunakan untuk orang yang berusaha untuk mengesankan orang lain dengan sering menyebut orang terkenal atau penting dengan cara yang akrab. Pansos tidak bisa menahan diri untuk tidak memberi tahu tentang orang-orang penting yang mereka kenal, terlepas itu fakta atau bualan. Mereka juga ingin mengetahui nama orang yang lawan bicaranya kenal yang cocok dengan profil mereka.

5 dari 7 halaman

Ciri-ciri pansos

Terlalu peduli penampilan

Pansos adalah orang yang berusaha keras untuk terlihat seperti mereka termasuk dalam golongan sosial tertentu. Pansos memastikan bahwa orang lain yang bergaul dengan mereka juga melakukannya. Mereka memamerkan label desainer dan aksesoris yang menarik perhatian dengan bangga. Pansos melakukan ini untuk mendapatkan pengakuan dari orang-orang di sekitar mereka.

Pemburu teman selektif

Jika kamu memperkenalkan pansos kepada seseorang di lingkaran sosialmu, mereka mungkin membajak persahabatan untuk lebih dekat dengan orang yang lebih penting atau berprestasi daripada dirimu.

6 dari 7 halaman

Ciri-ciri pansos

Menggunakan pencapaian orang lain

Pansos kerap mencoba menggunakan pencapaian dan/atau koneksi orang lain untuk keuntungan mereka sendiri. Intensitas dan kegigihan pendekatan mereka melampaui apa yang bisa disebut "jejaring sosial" yang tepat.

Kurang empati

Pansos mengumpulkan "teman" dalam jumlah besar yang sebenarnya tidak mereka kenal dengan baik atau tidak terhubung dengan mereka pada tingkat yang akrab. Secara umum, mereka cenderung narsis dan egois. Sulit untuk terlibat dalam percakapan mendalam dengan orang-orang ini karena mereka hanya tahu tentang hal-hal dangkal yang tidak terlalu penting.

7 dari 7 halaman

Ciri-ciri pansos

Tidak bisa diandalkan

uPansos akan menunggu hingga menit terakhir untuk mengonfirmasi atau membatalkan undangan sosial jika mereka menerima tawaran yang lebih baik. Banyak dari mereka tidak dapat dipercaya karena mereka akan cepat meninggalkan sesuatu jika mereka melihat peluang sosial yang lebih baik untuk diri mereka sendiri.

Mencoba mengontrol segalanya

Pansos akan mencoba mengontrol lingkaran sosial dan tidak segan-segan membuang, mengganti, dan mengeluarkan teman mereka dari grup. Mereka mungkin meremehkan dan bergosip untuk menyelesaikan semuanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini